Tempat Wisata

Air Terjun Singokromo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Air Terjun Singokromo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja atau berkutat dengan masalah sekolah dan hal-hal lainnya, terkadang kita membutuhkan sesuatu yang disebut penyegaran untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Stres juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Maka dari itu tidak ada salahnya kami merencanakan liburan yang bisa anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Liburan seru tidak harus mengeluarkan banyak biaya lho? Jika Anda berencana ke Nganjuk, Anda bisa datang ke air terjun yang keindahannya menakjubkan, yaitu Air Terjun Singokromo.

Air Terjun Singokromo merupakan salah satu air terjun yang ada di Jawa Timur dan terletak tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Bagi pecinta alam, sangat menggoda untuk mengikuti wisata yang menawarkan pemandangan air terjun. Tidak hanya para pecinta alam yang menyukai air terjun ini tetapi juga banyak wisatawan dalam dan luar kota yang mengunjungi tempat ini terutama saat musim liburan lebaran atau liburan sekolah.

Curug Singokromo memiliki ketinggian hanya 20 meter dan debit air yang relatif besar. Tidak ada alasan untuk mempertanyakan suasana di sekitarnya. Pemandangan hutan yang seolah melindungi air terjun ini terlihat sangat indah dan eksotik. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi pemandangan alam tumbuhan dan sungai yang mengalir di bawah air terjun. Air terjun ini juga letaknya tidak jauh dari Air Terjun Sedudo, lebih tepatnya lebih dekat dengan pintu masuk loket objek wisata.

Menurut budaya Jawa yang ada di sana, ritual mistik dilakukan di air terjun Singokromo setiap bulan purnama atau pada tanggal 15 penanggalan Jawa. Hingga saat ini, mitos kepercayaan mistis air terjun di lereng Gunung Willis di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dipercaya masyarakat setempat mampu menyembuhkan penyakit dan sambungan sederhana pembuatannya.

Rasa lelah dan penat yang menyelimuti Anda saat menempuh jalur menuju Air Terjun Singokromo akan langsung hilang begitu Anda akhirnya sampai di tempat tujuan. Pemandangan air terjun yang jatuh melalui permukaan tebing dan berakhir di sungai di bawahnya pasti sepadan dengan usaha mengingat Anda mungkin tidak menemukan air terjun seperti ini di kota Anda. Anda juga bisa mendengar kicauan burung liar yang hidup di hutan sekitar air terjun. Jika itu tidak cukup untuk Anda, Anda juga dapat mendirikan kemah di sana dan membuat api unggun, pengalaman ini pasti tidak akan terlupakan.

Fasilitas di Air Terjun Singokromo

Karena tempatnya yang agak sulit dijangkau dan juga baru ditemukan, jangan harap Anda akan menemukan banyak fasilitas penunjang di tempat ini. Hanya beberapa fasilitas yang ada yang bisa ditemui di sekitar rumah warga, seperti tempat parkir kendaraan bermotor, toilet umum jika ingin cuci kaki dan lain sebagainya. Penginapan juga tidak ada. Satu-satunya pilihan yang dapat Anda pilih jika Anda benar-benar membutuhkan tempat tinggal adalah tinggal bersama keluarga angkat di rumah penduduk. Tapi jangan takut, masyarakat disana sangat ramah dan welcome dalam menyambut para turis yang datang. Dan pastikan anda check in terlebih dahulu kepada aparat desa setempat jika membutuhkan tempat homestay.

Kedepannya, dan seiring dengan semakin populernya objek wisata ini, diharapkan pemerintah setempat dapat lebih memperhatikan fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung. Setidaknya memudahkan akses menuju air terjun Singokromo sehingga tidak terlalu banyak bebatuan. Karena ketika pabrik dibangun kembali, akan semakin banyak orang yang datang.

Berburu foto di air terjun Singokromo

Pengunjung di sini bebas mengambil foto pemandangan yang ditawarkan Air Terjun Singokromo atau Desa Ngliman tempat air terjun ini berada. Meski lokasinya agak terpencil, Anda akan berkesempatan menemukan panorama dan nuansa berbeda dari kota-kota besar yang banyak terdapat gedung-gedung tinggi, lalu lintas kendaraan bermotor di jalanan dan tentunya polusi udara.

Anda bisa mengabadikan momen menarik di tempat wisata ini sambil bersusah payah melewati jalur menuju air terjun yang aksesnya tidak mudah. Selain itu, pemandangan di sekitarnya juga bisa menjadi target yang sempurna. Selain itu, jika Anda membawa kamera tahan air, Anda bisa berfoto selfie dari jarak dekat air terjun atau berfoto bersama teman-teman Anda. Air yang mengalir juga tidak deras, sehingga Anda bisa mendekat ke area air terjun dengan aman.

Baca Juga: Pantai Nglurung, Wisata Sambil Memancing

Akses jalan menuju air terjun Singokromo

Sayangnya, jalur menuju Air Terjun Singokromo hanya dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan membutuhkan tenaga yang lebih sedikit karena kondisi medan yang masih alami. Bagi yang membawa kendaraan roda empat hanya sebatas tempat parkir. Anda kemudian akan melanjutkan jalan kaki sekitar 500 meter atau 15 menit menyusuri jalan setapak hingga tiba di lokasi air terjun. Namun, jika tidak ingin berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek yang banyak dijumpai di tempat parkir atau di depan jalan tanah menuju air terjun. Biaya ojek ke Air Terjun Singokromo sekitar Rp 10.000.

Tiket masuk air terjun Singokromo

  • Biaya masuk: Rp 6.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka air terjun Singokromo

Tips liburan ke air terjun Singokromo

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Singokromo semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Singokromo adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Singokromo bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Singokromo.

Galeri foto air terjun Singokromo

Selamat datang di Air Terjun Singokromo
air terjun singokromo
Akses jalan menuju air terjun
Tempat foto terbaik
keindahan air terjun
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button