Tempat Wisata

Air Terjun Cunca Rami: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Cunca Rami merupakan destinasi wisata menarik yang berbeda dari banyak tempat wisata lainnya di Labuan Bajo. Kita sering mendengar bahwa kawasan Labuan Bajo identik dengan wisata Pulau Komodo, wisata perahu dan juga pantai yang eksotik. Di Cunca Rami, terdapat keindahan alam yang menakjubkan berupa air terjun yang merupakan daya tarik ekowisata di kawasan hutan Nusa Tenggara Timur.

Air terjun Cunca Rami mulai populer di kalangan wisatawan karena debit airnya yang memikat. Air terjun ini juga tingginya sekitar 100m dan memiliki kolam yang cukup besar untuk menampung air yang jatuh. Tentunya, kolam alami Cunca Rami ini bisa dimanfaatkan untuk aktivitas mandi yang menyenangkan. Selain itu, anak sungai ini juga menjadi sumber air bagi beberapa daerah sekitarnya termasuk kawasan Labuan Bajo.

Daya Tarik Air Terjun Cunca Rami :

Air Terjun Cunca Rami merupakan kawasan wisata yang belum banyak dimasuki pengunjung. Air terjun di kawasan ini juga sangat jernih dan bersih. Ditambah dengan hiasan pemandangan alam berupa hutan tropis dan pegunungan, suasana di tempat wisata ini begitu menenangkan. Selain itu, udara di Cunca Rami juga sangat segar karena banyak pepohonan yang tumbuh di dalam hutan.

Daya tarik lain di kawasan wisata Air Terjun Cunca Rami ini adalah keindahan pelangi yang muncul di bawah air terjun. Pelangi tercipta dari pantulan sinar matahari pada riak air terjun. Pemandangan langka ini hanya bisa dilihat pengunjung di Cunca Rami, Nusa Tenggara Timur. Namun sayangnya adegan ini hanya terjadi pada momen-momen tertentu saja. Jadi bersiaplah untuk mengabadikan momen kebahagiaan Anda saat menyaksikan pelangi yang indah ini.

Trekking di kawasan hutan menuju Cunca Rami merupakan salah satu aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan wisatawan. Hal yang menarik dari kegiatan trekking ini adalah jalur yang bervariasi. Jalur yang harus dilalui pengunjung adalah jalur menurun. Tentu saja, ini berbeda dengan kebanyakan rute menuju air terjun pada umumnya yang memiliki jalur pendakian.

Kegiatan trekking menuju lokasi air terjun biasanya memakan waktu sekitar 45 menit. Selama perjalanan, wisatawan disuguhi berbagai pemandangan yang mempesona. Ragam jalur yang dilalui pengunjung adalah hutan tanaman dan pohon kemiri. Ada juga kendaraan pertanian lainnya seperti Coklat, Nanas dan Vanila.

Sebagian besar penduduk di Flores bekerja sebagai petani. Pengunjung juga bertemu dengan penduduk setempat yang gemar bercocok tanam. Anda juga akan menjumpai pemandangan langka lainnya yaitu kerbau yang biasa menggarap sawah dan juga kambing yang dibiarkan berkeliaran mencari rumput. Pemandangan desa ini tentu sangat jarang ditemukan saat ini.

Sesampainya di kawasan Air Terjun Cunca Rami, Anda bisa menanti aktivitas seru: berenang. Banyaknya air yang bersih dan jernih seakan membuat pengunjung tidak sabar dan langsung terjun ke kolam yang tersedia. Air di kolam alami ini juga bebas klorin sehingga sangat cocok untuk berenang. Airnya yang dingin dan menyegarkan cukup menemani serunya menyelam.

Di kawasan ini Anda juga akan menemukan kekayaan flora dan fauna hutan Mbeliling. Hutan tropis ini merupakan rumah bagi Flores Kehicaps, Flores Serindits, Flores Sagaks dan juga beberapa burung endemik Flores. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan beberapa hewan endemik ini tepat di hutan ini.

Fasilitas Air Terjun Cunca Rami:

Di kawasan wisata Cunca Rami belum banyak fasilitas yang tersedia. Meski tidak ada hotel, pengunjung yang ingin bermalam bisa memilih homestay di desa Cunca Lolos.

Jam buka dan harga tiket air terjun Cunca Rami:

Untuk tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini tidak ada pungutan resmi mengenai biaya masuk dan jam buka. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Cunca Rami dapat bertanya kepada guide atau masyarakat setempat di desa Cunca Lolos.

Lokasi dan rute air terjun Cunca Rami :

Air Terjun Cunca Rami terletak di Pegunungan Mbeliling. Wisata keindahan alam ini berlangsung di desa Cunca Lolos di sebelah timur Nusa Tenggara.

Akses menuju objek wisata ditempuh dengan berkendara dari Labuan Bajo menuju Desa Cunca Lolos. Setelah itu, Anda bisa mendaki sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk sampai ke tempat wisata.

Jalan menuju Cunca Lolos sudah cukup bagus dan beraspal sehingga Anda bisa bepergian dengan nyaman. Namun, ada beberapa jalan berliku yang membutuhkan kewaspadaan Anda saat berkendara.

Air Terjun Cunca Rami merupakan salah satu destinasi wisata alam di Nusa Tenggara Timur. Bagi Anda yang berencana mengunjungi NTT, sangat disarankan untuk menambahkan wisata alam ini ke dalam daftar kunjungan wisata Anda. Kawasan wisata alam ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Air terjun yang mengalir deras, jernih, bersih dan bebas kaporit menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Kawasan wisata ini juga memiliki hutan tropis yang menjadi rumah bagi tumbuhan dan hewan langka yang mungkin belum pernah Anda ketahui. Tentu saja akan ada banyak keseruan. Banyak tempat menarik dimana Anda bisa membuat objek foto dengan hasil yang memuaskan.

Peta lokasi air terjun Cunca Rami

Tips mengunjungi air terjun Cunca Rami

Jadikan liburan Anda dan keluarga di air terjun Cunca Ramix semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Cunca Rami adalah liburan panjang.
  • Datanglah bersama orang tersayang ke Air Terjun Cunca Rami dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Cunca Rami.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar selama berlibur di Air Terjun Cunca Rami.

Galeri foto air terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca RamiAir Terjun Cunca Rami Sumber : google.comAir Terjun Cunca RamiAir Terjun Cunca Rami Sumber : google.comAir Terjun Cunca RamiAir Terjun Cunca Rami Sumber : google.comPesona Air TerjunPotret air terjun yang indahAkses masuk ke air terjunSpot foto di air terjunAir Terjun Cunca Rami

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button