Tempat Wisata

Danau Siombak di Medan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kegiatan traveling bukan hanya sekedar cara untuk membuang uang dan bersenang-senang. Sebagai orang yang disibukkan dengan aktivitas kita sehari-hari, baik itu sekolah, kuliah, bekerja atau mengurus keluarga, pasti lama kelamaan kita akan merasa bosan, diliputi rasa lelah dan jenuh. Hal ini sebenarnya tidak baik karena dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan pergi berlibur atau bepergian. Gak usah jauh-jauh ke luar kota atau ke luar negeri juga, cari aja di kota sendiri, pasti ada tempat atau tempat yang bisa santai-santai aja. Seperti Anda yang sedang berada atau berencana berwisata ke Medan Sumatera Utara, Anda bisa mengajak keluarga ke tempat wisata Danau Siombak. Medan merupakan kota metropolis yang tidak diragukan lagi menimbulkan masalah wisata. Ada banyak tempat rekreasi yang menarik dan indah.

Danau Siombak sendiri merupakan destinasi wisata di desa Paya Pasir kecamatan Medan Marelan. Di Medan, bukan hanya Danau Toba atau Pulau Samosir saja yang terkenal dan sering dikunjungi, tapi juga tempat ini. Wisatawan dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri kerap berduyun-duyun ke objek wisata Danau Siombak pada hari libur atau akhir pekan. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau teman, seperti bersantai di gazebo yang telah disediakan, atau yang hobi memancing bisa membawa alat pancing untuk mencoba peruntungan.

Menurut warga setempat, objek wisata Danau Siombak ini merupakan danau buatan yang digunakan untuk menggali tempat pembuangan sampah sekitar tahun 1980. Awalnya digunakan untuk pengerjaan Proyek Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (BELMERA). Pembangunan jalan tol ini kemudian diresmikan sekitar tahun 2006. Danau ini sendiri memiliki luas sekitar 40 hektar dan berdiameter 1000 meter dengan kedalaman hingga 15 meter. Meski tidak sebesar atau sebesar Danau Toba, danau ini terbilang cukup luas.

Suasana di Danau Siombak memang sangat damai dan sejuk, banyaknya tumbuhan yang tumbuh subur di kawasan tersebut juga membuat udara terasa sejuk, tidak seperti udara kota yang kotor. Selain itu air di telaga ini memiliki warna yang menarik, kehijauan namun bersih. Selain itu, pengunjung bisa berenang di Danau Siombak atau bermain air.

Fasilitas di Danau Siombak

Untuk masalah fasilitas objek wisata Danau Siombak dapat dikatakan sudah cukup mapan. Fasilitas yang bisa Anda temukan di sana antara lain:
– Paviliun
Pembangunan paviliun di objek wisata ini memungkinkan Anda untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan indah Danau Siombak dengan air kehijauan, tanaman rindang yang asri, dan langit biru.
– Penginapan atau hotel
Di sekitar Danau Siombak, wisatawan yang mencari tempat menginap dapat menemukan penginapan atau hotel yang sesuai dengan budget dan kebutuhannya.
– Tempat peristirahatan umum
Ini juga memiliki salah satu fasilitas penting, jadi Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil untuk ganti baju atau buang air besar.
– Area parkir
Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.
– Bilik atau tempat makan
Menikmati tempat yang indah dengan pemandangan yang menarik tentunya akan membuat Anda lupa akan waktu dan rasa lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar objek wisata ini Anda akan menemukan warung-warung penduduk setempat yang menjual makanan ringan, makanan dan minuman khas Medan dengan harga terjangkau.

Berburu foto di Danau Siombak

Bagi Anda yang sangat suka berfoto ria di tempat wisata, baik sebagai oleh-oleh atau sekedar iseng, Anda bisa membawa kamera, baik kamera ponsel atau kamera profesional, saat berwisata ke Danau Siombak. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, danau ini memiliki pemandangan yang indah dan sayang jika tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Dengan latar belakang air danau yang kehijauan, Anda bisa berfoto bersama keluarga atau teman. Dan jika membawa kamera anti air, Anda bisa mengabadikan berbagai momen seru saat mandi di Danau Siombak. Tidak ada salahnya jika foto-foto yang Anda unggah ke berbagai media sosial membuat daya tarik wisata Danau Siombak semakin dikenal masyarakat luas.

Bagaimana menuju ke Danau Siombak

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Tol Belmera – Jl. Platina I – Jl. KL Yos Sudarso – Jl. Titi Pahlawan – Jl. Ps. Nippon – Danau Siombak
• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Jl. Pelabuhan Raya-Jl. Yos Sudarso – Jl. Titi Pahlawan – Jl. Ps. Nippon – Danau Siombak
• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Rambutan – Jl. Sikambing – Jl. H.Adam Malik – Jl. KL Yos Sudarso – Jl. Titi Pahlawan – Jl. Ps. Nippon – Danau Siombak

Biaya masuk ke Danau Siombak

  • Biaya masuk: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Danau Siombak

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 20.00

Peta lokasi Danau Siombak

Tips mengunjungi Danau Siombak

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Danau Siombak semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Siombak adalah liburan yang lebih lama.
  • Datanglah ke Danau Siombak bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Danau Siombak.

Galeri foto Danau Siombak di Medan

Selamat datang di Danau Siombakpotret air lautSpot foto di danauPotret seorang anak yang berkunjung ke Danau Siombakistirahat dan fasilitas kateringPotret anak-anak di tepi danauMatahari terbenam di Danau Siombak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button