Tempat Wisata

Pantai Menganti: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Menikmati keindahan pantai di hari libur dan hari biasa adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan dan bisa menghilangkan segala penat. Termasuk kenikmatan beberapa pantai berpasir putih, bisa membuat mata siapapun merinding akan keindahan ciptaan Tuhan.

Pantai Menganti

Kebumen merupakan tempat dengan beberapa pantai yang indah, terutama di bagian selatan Kebumen. Pantai-pantai tersebut antara lain Pantai Karang Bolong, Pantai Ayah, Pantai Petanahan dan Pantai Suwuk yang tentunya sudah sangat dikenal para wisatawan. Beberapa pantai baru telah dikembangkan di Kebumen untuk pariwisata, termasuk Pantai Menganti yang banyak dikunjungi.

Objek wisata Pantai Menganti

Sebelum Pantai Menganti dikembangkan menjadi tempat wisata, merupakan tempat tambat kapal nelayan yang selesai melaut. Namun pada tahun 2011 situs tersebut dikembangkan menjadi objek wisata alam, meskipun fungsi asli situs tersebut masih ada sampai sekarang. Beberapa atraksi yang ditawarkan antara lain:

1. Panorama yang indah

Tujuan pertama yang ingin dicapai wisatawan yang berkunjung ke pantai ini adalah menikmati keindahan panorama pantai. Begitu juga dengan pantai Menganti yang menawarkan panorama yang sangat mempesona dan dikelilingi perbukitan karst yang mempesona. Tebing tinggi tersembunyi di balik tebing karst yang semakin menambah eksotisme.

Keindahan pantai semakin bertambah saat Anda berjalan-jalan ke arah timur dan tenggara pantai. Tanjung Karangbata adalah tempat yang sempurna untuk selfie dan foto keluarga. Selain itu, terdapat mercusuar setinggi 20 meter yang menonjolkan perpaduan serasi birunya air laut dan perbukitan karst yang menawan serta memanjakan mata setiap penikmatnya.

2. Mandi dan berenang di laut

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah mandi atau berenang di laut. Ombak di laut ini tidak terlalu besar karena adanya perbukitan kapur yang dapat memecah ombak. Anda dan keluarga bisa bersenang-senang dengan aktivitas bermain air ini tanpa mengkhawatirkan keamanan.

3. Pasir putih yang lembut

Salah satu daya tarik utama dari pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna putih yang sangat lembut saat disentuh. Anda bisa bermain pasir bersama anak-anak atau sekadar berjemur. Anda dapat menyewa kabin yang disediakan untuk bersantai, menikmati pemandangan pantai dan beristirahat.

4. Jauh dari keramaian

Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota yang penuh polusi. Karena pantai ini jauh dari pemukiman penduduk, Anda bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman. Namun pada hari libur nasional masih banyak pengunjung yang ramai dikunjungi.

5. Gua di perbukitan karst dan air terjun

Tempat lain untuk dikunjungi setelah menikmati keindahan panorama pantai adalah gua yang terletak di bukit karst. Goa ini banyak dikunjungi peziarah karena diyakini sebagai tempat jejak kaki Syekh Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal dengan Sunan Gresik. Selain itu, ada 4 air terjun yang bisa Anda kunjungi di lokasi yang cukup jauh.

6. Suvenir

Karena Pantai Menganti awalnya merupakan dermaga bagi para nelayan yang selesai melaut, hingga saat ini masih berfungsi seperti sedia kala. Perahu nelayan bersandar di sana dan Anda juga bisa membeli berbagai jenis ikan segar yang dijual para nelayan ini sebagai oleh-oleh.

Fasilitas di Pantai Menganti

Mengingat lokasi pantai merupakan tempat yang dikembangkan oleh pemerintah setempat sebagai objek wisata, fasilitas yang disediakan juga cukup memadai, antara lain:

  1. Ada kamar mandi dan toilet
  2. Ada mushola
  3. Tempat parkir yang memadai
  4. Kios dan kios yang menjual makanan
  5. Terdapat penginapan seperti villa dan homestay

Biaya masuk ke Pantai Menganti

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Menganti

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 7 malam

Lokasi dan rute Pantai Menganti

Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya 42 kilometer dari pusat kota Kebumen. Sayangnya, untuk menuju ke resor pantai ini Anda perlu membawa kendaraan pribadi karena jalan menuju resor pantai tidak dapat diakses dengan kendaraan umum.

Anda bisa mencapai lokasi tersebut melalui dua jalur yang ada. Rute pertama memungkinkan Anda mengikuti jalan menuju Puring kemudian belok kanan menuju Pantai Suwuk. Kemudian ikuti Schachtstraße lurus sampai Anda mencapai tujuan Anda. Rute ini lebih pendek yaitu 30 kilometer, namun rutenya cukup menantang.

Rute kedua yang bisa Anda lewati lebih panjang dari rute pertama namun mudah diakses. Anda cukup berkendara melewati kawasan Gombong menuju Pantai Ayah atau Pantai Logending di sebelah barat. Begitu sampai di Pantai Ayah, ikuti terus jalan utama yang akan membawa Anda ke lokasi pantai yang dituju.

Anda bisa menikmati keindahan pantai pasir putih di Pantai Menganti Kebumen bersama keluarga tercinta. Anda dan keluarga bisa menghabiskan liburan bersama dan mempererat tali kekeluargaan secara harmonis. Persiapkan perbekalan secukupnya sebelum menuju ke pantai yang hendak dikunjungi dan tetap waspada selama perjalanan.

Peta area Pantai Menganti

Tips mengunjungi Pantai Menganti

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Menganti semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Menganti adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke XXX bersama orang yang Anda cintai dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Menganti.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Pantai Menganti.

Galeri Foto Pantai Menganti

Pantai MengantiSumber Pantai Menganti : instagram.com/pantaimenanti/Pantai MengantiSumber Pantai Menganti : instagram.com/pantaimenanti/Pemandangan pantai dari udaraAir pantai jernihPantai Rocky MengantiSuasana pantai yang ramai pengunjungTempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button