Tempat Wisata

Pantai Tiku: Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bagi yang suka berwisata sekaligus ingin mengenal budaya setempat, Anda bisa mengunjungi Pantai Tiku di Sumatera Barat. Pantai Tiku juga terbentang sepanjang satu kilometer dan dihiasi dengan pohon pinus yang tumbuh subur di pesisir barat, membuat pantai ini semakin terlihat eksotik.

Tentunya sebelum kita berangkat ke pantai ini, kita perlu mengetahui lebih jauh tentang Pantai Tiku terlebih dahulu.

Lokasi Pantai Tiku

Pantai TikuPantai Tiku Sumber : instagram.com/infotiku

Pantai Tiku salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat ini menawarkan pemandangan yang menarik dan terlihat asri. Hamparan pasir yang landai, deburan ombak dan aktivitas para nelayan membuat suasana semakin menarik.

Lokasi Pantai Tiku berada di sebelah barat Kabupaten Agam, dekat perbatasan Kabupaten Padang Pariaman. Lokasi Pantai Tiku juga dekat dengan Polsek Tanjung Mutiara, Pasar Tiku dan SMKN 1 Tanjung Mutiara.

Pantai Tiku juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan meliputi tiga nagari (tingkat desa), yaitu Nagari Tiku Selatan, Nagari Tiku Utara dan Nagari Tiku V Jorong.

Harga tiket masuk Pantai Tiku

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 5.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Tiku

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Peta lokasi Pantai Tiku

Tips mengunjungi Pantai Tiku

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Tiku semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Tiku adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Pantai Tiku untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan Pantai Tiku yang nyaman dan bebas stres.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Tiku.

Fasilitas di Pantai Tiku

Fasilitas di Pantai TikuFasilitas di Pantai Tiku Sumber : instagram.com/anjas_radita

Fasilitas di Pantai Tiku antara lain mushola, toilet, penjual makanan, toko souvenir, dan taman bermain anak.

Di pinggir Pantai Tiku juga banyak toko lokal kecil yang menjual kursi beratap pinus. Tentu saja pemandangan seperti itu menimbulkan kesan sejuk, apalagi dibarengi dengan hembusan angin laut yang sepoi-sepoi.

Hotel/penginapan di dekat Pantai Tiku

Adapun beberapa penginapan yang berada di dekat Pantai Tiku antara lain Nan Tongga Beach Hotel, Doria Inn dan RedDoorz Near Padang Beach.

Rute Pantai Tiku

Jika ingin ke Pantai Tiku bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, atau bagi yang datang dengan rombongan bisa menyewa mobil atau bus. Dari Lubuk Basung (ibukota Kabupaten Agam) dapat ditempuh melalui Tol Tiku dalam waktu 34 menit dengan jarak 23,3 km.

Untuk menuju Pantai Wiku kita bisa masuk melalui jalan menuju SMK Negeri Tanjung Mutiara di Jalan Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan atau banyak juga yang menyebutnya Jalan Raya Tiku-Pariaman.

Untuk mengakses jalan ini Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Di pantai ini Anda juga bisa menikmati garis pantai yang luas dan pantai berpasir putih. Ditambah dengan birunya air laut dari Muaro Mati menuju laut dan sebaliknya.

Atraksi di Pantai Tiku

Atraksi di Pantai TikuDaya Tarik Pantai Tiku Sumber : instagram.com/rahmayanputri21

Pantai Tiku juga memiliki daya tarik tersendiri yaitu pasir putihnya. Selain itu, udaranya sejuk dan pepohonan memberikan keteduhan. Terhubung dengan pemandangan dua pulau yaitu Pulau Tengah dan Pulau Ujung yang berbatasan dengan Pantai Pasir Tiku.

Untuk bisa mencapai pantai ini, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan setempat dengan biaya sewa sesuai perjanjian. Dan begitu sampai di pulau ini, Anda akan langsung terpesona dengan keindahannya.

Pulau-pulau ini memiliki terumbu karang murni yang hampir sama keindahannya dengan Bunaken. Dan tentunya bagi anda yang hobi snorkeling, tempat ini cocok untuk anda. Selain keindahan terumbu karangnya, ada juga ikan berwarna-warni yang bermain di airnya.

Dua pulau di Pantai Tiku adalah Pulang Tengah dan Pulau Ujung. Seperti yang kita ketahui bersama, kedua pulau tersebut tidak berpenghuni dan merupakan daratan normal.

Selain itu, daya tarik lainnya adalah Muaro Mati atau banyak yang menyebutnya Muaro Putih. Tempat ini merupakan muara yang airnya muncul dari gelombang yang berkumpul dan membentuk sebuah danau kecil.

Kemudian dasar Muaro Mati yang terdiri dari rawa dan lumpur namun karena dikelilingi pohon kelapa yang rindang kawasan ini selalu terlihat asri.

Tempat ini juga jarang dikunjungi oleh wisatawan, jadi bagi anda yang suka berfoto tentunya cocok untuk berswafoto.

Pantai Tiku juga saat ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Agam dan banyak mendapat perhatian masyarakat. Keindahan Pantai Tiku juga cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Gambar dan foto dari Pantai Tiku

Foto Tempat Wisata Pantai TikuFoto tempat wisata di Pantai Tiku Sumber : instagram.com/nadilla_ndl24Selamat datang di Pantai TikuPotret udara Pantai Tikuberburu fotokeindahan pantaiMatahari terbenam di Pantai Tiku

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button