Tempat Wisata

Pantai Jumiang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Karena letak geografisnya, Madura memiliki banyak destinasi wisata bahari yang berpotensi indah. Salah satunya adalah pantai dengan panorama yang indah yaitu Pantai Jumiang. Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini, terutama menjelang musim libur lebaran atau saat musim liburan anak sekolah.

Pantai Jumiang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Madura, sekitar 12 km arah tenggara dari pusat kota Pamekasan. Di sini kamu bisa mengagumi pemandangan indah khas pantai yang pastinya tidak akan pernah membuat kita semua bosan. Hamparan pasir pantai yang bercampur dengan air laut yang kebiruan terlihat indah diterpa sinar matahari. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan suara ombak yang pecah di bebatuan yang benar-benar memberikan ketenangan dan membuat Anda merasakan semua stres yang menerpa cahaya secara langsung.

Meski pantai ini belum tersentuh oleh pemerintah, namun Pantai Jumian merupakan salah satu objek wisata bahari di Pamekasan yang menawarkan berbagai pemandangan dan keindahan alam. Selain itu, gugusan tebing karang yang mengelilingi pantai menawarkan panorama yang sangat menarik dan eksotis. Dengan pemandangan yang unik, deburan ombak yang tersebar di atas tebing menambah keindahan pemandangannya. Terumbu karang di pinggirnya seolah menciptakan nuansa perairan yang asri benar-benar akan memanjakan Anda yang ingin bersantai di tengah pemandangan yang asri. Sekali lagi yang unik, yang mungkin jarang ditemukan di pantai lain, berikut beberapa tanaman kaktus yang tumbuh di dekat area pantai. Ada juga kolam garam di mana Anda bisa melihat bagaimana garam dari laut diproses.

Ada berbagai aktivitas di Pantai Jumiang yang bisa Anda lakukan sendiri maupun bersama keluarga atau teman, seperti menyalakan api unggun lalu memanggangnya, membakar ikan atau bahan makanan lain yang Anda bawa dari rumah. Ada juga kegiatan snorkeling untuk Anda yang suka menyelam dan melihat pemandangan bawah laut yang indah. Apakah kamu menyukai olahraga? Mengapa tidak bermain voli di pasir pantai yang lembut saja? Dijamin Anda akan mengalami perasaan puas dan gembira yang berlipat ganda. Ada juga beberapa olahraga air lainnya seperti kano dan banana boat yang tak kalah seru. Jadi tunggu apa lagi? Rencanakan saja perjalanan Anda ke Pantai Jumiang.

Fasilitas di Pantai Jumiang

Walaupun Pantai Jumiang ini belum banyak dijamah oleh pemerintah setempat, namun di tempat ini anda akan menemukan beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan atau manfaatkan saat anda berkunjung ke sana, antara lain :

– Kamar mandi umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu lagi pusing mencari toilet umum karena di kawasan ini ada beberapa yang bisa anda gunakan jika diperlukan. .

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir mobil yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Lahan untuk berkemah

Daripada harus mencari tempat menginap, anda bisa membawa perlengkapan camping dari rumah dan mendirikan tenda disini karena tentunya camping di pantai ini seru dan menyenangkan dan anda bisa menikmati alam secara maksimal.

– Bilik atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di dekat kawasan pantai ini Anda akan menemukan berbagai warung yang sebagian besar dimiliki oleh masyarakat setempat yang menjual makanan dan minuman khas Madura.

– Sewa ruang

Bagi Anda yang ingin bersenang-senang melakukan berbagai olahraga air di Pantai Jumiang, Anda tinggal menyewanya tanpa perlu repot membawa peralatan sendiri dari rumah. Biayanya juga terjangkau.

Berburu foto di Pantai Jumiang

Ketika Anda datang ke pantai, jika Anda tidak membawa kamera, Anda kehilangan dan melewatkan berbagai momen menarik yang terjadi saat liburan. Anda bisa memanjakan hasrat fotografi Anda di Pantai Jumiang, karena banyak spot menarik yang bisa dimanfaatkan, seperti ruang depan tebing bukit karang di pinggir pantai. Lanskap yang eksotis akan membuat foto Anda semakin menarik. Anda juga dapat merekam aktivitas yang Anda lakukan di sana, mis. B. naik kano, snorkeling atau banana boat. Ingin pemandangan yang lebih indah? Tunggu saja sore hari saat matahari mulai beranjak ke tempat peristirahatannya dan Anda bisa melihat indahnya langit jingga nan cantik berpadu dengan birunya air laut yang mampu membuat Anda tertawa terkagum-kagum.

Baca Juga: Pantai Taman, Nikmati Pemandangan Indah dengan Flying Fox Terpanjang di Indonesia

Akses jalan menuju Pantai Jumiang

Untuk menuju ke tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda berasal dari luar Madura, Anda bisa melewati Jembatan Suramadu kemudian langsung menuju Pamekasan. Pantai Jumiang berjarak sekitar 12km arah tenggara dan juga terdapat banyak rambu-rambu jalan sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya. Namun bagi anda yang menggunakan kapal ferry bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju Pantai Jumiang setibanya di Pelabuhan Kamal. Biaya yang harus Anda bayar tidak mahal bahkan untuk transportasi umum.

Biaya masuk ke Pantai Jumiang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Jumiang

  • Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai 5.30 sore

Tips Liburan ke Pantai Jumiang

  • Tetap waspada dan hati-hati saat bermain di pantai
  • Tidak membuang sampah sembarangan atau mencemari lingkungan sekitar pantai
  • Sebaiknya bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Awasi anak-anak Anda saat bermain di pantai

Galeri Foto Pantai Jumiang

Selamat datang di Pantai Jumiang
Keindahan pantai berpasir
Jembatan di atas pantai berbatu
Tempat foto di pantai
Berburu foto dengan background laut
Berburu foto romantis

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button