Tempat Wisata

Lanjutan Goa Song : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Berwisata atau berekreasi tidak selalu harus menyenangkan, banyak juga jenis wisata yang bisa menambah wawasan anda, seperti wisata sejarah ke museum atau situs purbakala, wisata religi ke tempat-tempat yang berhubungan dengan agama atau penyebaran suatu agama agama. dan seterusnya. -lainnya. Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang juga menawarkan wisata yang berhubungan dengan sejarah, lebih spesifiknya situs purbakala.

Goa Song Terus merupakan tempat wisata sejarah di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Di tempat ini Anda bisa mengunjungi situs purbakala, yaitu tempat-tempat yang dulunya merupakan tempat tinggal orang-orang purba yang tinggal di Pacitan. Tempat mirip goa ini memiliki panjang sekitar 150 meter, lebar 10 hingga 20 meter dan tinggi langit-langit 10 meter.

Sejak tahun 1999, objek wisata ini dikenal karena ditemukan kerangka manusia purba di sana yang diperkirakan berusia sekitar 10.000 tahun. Kerangka manusia purba itu disebut Mbah Sayem oleh arkeolog dan Arga setempat.

Menurut penelusuran lebih lanjut para arkeolog, Mbah Sayem adalah seorang pria yang usianya diperkirakan sekitar 40 hingga 50 tahun. Saat ditemukan kerangka Mbah Sayem dalam keadaan tergeletak. Kedua tangan memegang perkakas batu dan perkakas tulang. Di sekelilingnya tersebar beberapa kepala monyet vervet atau kera. Makamnya ditutupi dengan daun pakis yang di atasnya diletakkan sepotong besar daging sapi panggang.

Sejak tahun 1994, melalui beberapa kali penjelajahan yang dilakukan di Goa Song Terus, para arkeolog berhasil mengumpulkan setidaknya sekitar 70.000 artefak. Penggalian kemudian dilanjutkan secara intensif selama 10 tahun terakhir oleh tim gabungan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional dan Museum Sejarah Alam Nasional Paris, Prancis, yang dipimpin oleh Truman Simanjuntak dan Francois Semah. Mereka menggali dua lubang uji di pintu masuk gua hingga kedalaman 16 meter.

Goa Song Terus diyakini telah memberikan kontribusi yang besar terhadap permasalahan sejarah masa lalu karena banyak terdapat benda-benda prasejarah yang digunakan oleh manusia purba seperti perkakas dan serpihan besar, perkakas tulang dan kerang, serta berbagai temuan. Sisa-sisa Kerangka hewan dan manusia yang ditemukan di sini telah memberikan bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa gua ini memang digunakan sebagai tempat tinggal manusia di masa lalu dan penuh dengan peninggalan arkeologi.

Fasilitas di Goa Song Terus

Karena ini adalah objek wisata sejarah yang juga masih digunakan sebagai tempat penggalian untuk penggalian untuk mencari peninggalan prasejarah lainnya, tidak mengherankan jika kita tidak menemukan banyak fasilitas pendukung bagi para wisatawan yang datang. Ada beberapa fasilitas disini yang bisa anda gunakan seperti;

– Tempat peristirahatan umum

Beruntung masih ada toilet umum tak jauh dari Goa Song Terus. Jadi jika Anda perlu buang air kecil atau melakukan hal lain, Anda tidak perlu lagi khawatir mencari toilet.

– Area parkir

Bagi Anda yang memutuskan untuk datang dengan membawa kendaraan pribadi, tempat parkir yang memadai juga telah disiapkan disini, dimana Anda dapat memarkirkan kendaraan bermotor Anda dengan aman.

– Berdiri di pinggir jalan

Anda tidak akan menemukan warung atau tempat makan terlalu dekat, namun masih berada di kawasan Goa Song Terus. Karena itu, jika Anda merasa lapar atau haus, Anda tinggal pergi ke warung penduduk setempat, di mana Anda bisa membeli makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Perburuan foto di Goa Song berlanjut

Jika Anda menyukai fotografi sebagai hobi, tidak peduli apapun tempatnya, besar atau kecil, lebar atau sempit, tentunya Anda tetap bisa menemukan cara untuk mengambil foto yang menarik dengan nilai estetika yang tinggi. Memasuki gua di titik ini Anda bisa mengabadikan berbagai pemandangan tempat tinggal manusia purba, termasuk beberapa lukisan dan gambar di dinding gua. Dengan latar belakang ini Anda dapat mengambil foto bersama keluarga atau teman Anda dan kemudian mempostingnya di berbagai media sosial yang Anda miliki.

Baca juga: Pantai Batu Kerbuy, Lihat Indahnya Hamparan Batu Karang Indah

Akses jalan menuju Goa Song terus berlanjut

Tentunya bagi pengunjung dari Pacitan tidak menjadi masalah lagi untuk mengunjungi tempat Goa Song Terus. Tapi bagaimana dengan turis dari luar kota bahkan turis mancanegara? Tentu saja mereka bingung dan takut tersesat. Namun jangan khawatir bagi wisatawan yang berada di luar kota Pacitan, saya punya solusinya agar tidak tersesat.

Tentunya alat transportasi apa yang anda gunakan untuk berwisata ke Goa Song? Dilanjutkan di Pacitan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil pribadi atau sepeda motor. Anda bisa menanyakan arah ke Goa Lagu Terus di Pacitan di Google Maps yang terpasang di smartphone Anda. Karena menggunakan kendaraan pribadi lebih menyenangkan daripada menggunakan kendaraan umum.

Namun, jika Anda menggunakan kendaraan umum seperti bus umum atau alat transportasi lainnya, bukan masalah besar karena Anda bisa berhenti di stasiun bus kota atau desa tujuan Anda. Selanjutnya anda akan melanjutkan menuju lokasi Wisata Goa Song di Pacitan dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi anda.

Biaya masuk Goa Song masih berlaku

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Goa Song akan berlanjut

Tips Liburan di Goa Song Lanjut

  • Jangan mencoret-coret dinding gua
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Jangan mencemari area sekitar gua
  • Anda bisa menyewa pemandu yang nantinya akan menjelaskan apa yang ada di dalam gua

Galeri foto Lagu Goa berlanjut

Selamat Lagu Goa Terus
Pintu masuk goa
Potret pengunjung Goa
Potret kerangka manusia di dalam gua
Area Cave Song berlanjut
Suasana di Goa

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button