Tempat Wisata

Pantai Rancabuaya di Garut: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Rancabuaya menawarkan pemandangan yang indah dan unik, terutama dari tebing yang dipahat. Pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas yang tersedia untuk pengunjung. Karena itu, Pantai Rancabuaya selalu dijadikan tujuan wisata.

Lokasi Pantai Rancabuaya

Lokasi Pantai RancabuayaSumber Pantai Rancabuaya : instagram.com/virnaivettagiodina

Pantai Rancabuaya dengan pasir putihnya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Lokasinya berada di pedesaan dengan pemandangan hijau yang asri.

Selain itu, untuk dapat mencapai pantai ini harus menempuh jarak sekitar 100 km dari pusat kota Garut. Jika menggunakan kendaraan, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam.

Jam buka Pantai Rancabuaya

Jam buka Pantai Rancabuaya tidak ketat, dan jika ingin menginap bisa datang pada pagi atau sore hari. Pemandangan sore hari sangat indah, terutama saat matahari terbenam.

Rute menuju Pantai Rancabuaya

Jalur menuju pantai ini menawarkan banyak jalur alternatif. Pasalnya, pantai Rancabuaya dekat dengan jalur utama Trans Jawa Barat dan Jalan Raya Rancabuaya, sehingga lokasi pantai ini tidak sulit ditemukan.

Selain itu, transportasi juga mudah. Selain kendaraan pribadi, Anda juga bisa mencapai pantai ini dengan kendaraan umum.

Berikut beberapa jalur alternatif yang bisa Anda tempuh untuk menuju Pantai Rancabuaya:

1. Dari Garut

Jika Anda dari arah Garut, Anda bisa berkendara melewati Jalan Raya Garut-Cikijang kemudian menuju ke Jalan Margawati. Setelah itu masuk ke Jalan Bratayudha lalu lanjutkan ke arah Pasundan melewati Jalan Papandayan dan Jalan Cimanuk.

Dari Jalan Cimanuk, Anda bisa melanjutkan ke Tol Cisurupan-Cikajang kemudian Jalan Cidatar ke Jalan Runtuh dan melewati Cipang Ramatan

Setelah itu, Jalan Ciparay mencapai Jalan Raya Cihurip dan Jalan Raya Cisompet, Jalan Raya Cigodeg. Lanjut ke Jalan Cilauteureun, terusan Jalur Trans Jawa Barat, lalu ke Jalan Rancabuaya. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Rancabuaya.

2. Dari Kota Bandung melalui Jalur Pangalengan

Jika Anda datang dari arah Bandung, Anda bisa mengambil jalur Pangalengan. Nah, dari kota Bandung, pergilah ke Jalan Baranangsiang, lalu Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Kemudian dilanjutkan ke Jalan Nasional III, Jalan Sukarno Hatta, Jalan Terusan Pasirkoja dan Jalan Tol Soraja.

Selanjutnya menuju Jalan Al-Fathu-Tray-Jalan Soreang-Banjar, menuju kawasan Dangdeur-Jalan Pahlawan, Jalan Palalengan, Jalan Situ Cileunca-Jalan Raya Wates, Jalan Cukul-Jalan Talegong-Jalan Purwabhakti-Jalan Cisewu-Sukarame lalu lanjut ke Jalan Rancabuaya dan ikuti petunjuk arah.

Biaya masuk ke Pantai Rancabuaya

  • Biaya masuk: Rp 5.000
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui April 2023)

Peta Pantai Rancabuaya

Tips mengunjungi Pantai Rancabuaya

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Rancabuaya semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Rancabuaya adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Pantai Rancabuaya dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Rancabuaya.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Rancabuaya.

Fasilitas pantai Rancabuaya

Fasilitas pantai RancabuayaPantai Rancabuaya Sumber : instagram.com/muftim.m1

Pantai Rancabuaya juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, antara lain saung atau pendopo, mushola, tempat cuci piring, dan kamar kecil.

Selain itu, ada juga wisata kuliner yang enak di sekitar pantai ini. Menunya tentu saja sebagian besar didasarkan pada makanan laut segar. Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat beberapa kuliner khas Garut.

Objek wisata pantai Rancabuaya

Objek wisata pantai RancabuayaDaya Tarik Pantai Rancabuaya Sumber: instagram.com/slonongboys_17

Pantai ini juga memiliki pesona tersendiri. Tak heran jika banyak wisatawan baik dari Garut maupun dari luar yang mengunjungi pantai ini.

Berikut beberapa daya tarik Pantai Rancabuaya :

1. Tebing berukir unik di pantai

Pantai Rancabuaya memiliki keunikan tersendiri yang bisa kita lihat dari tebing-tebing yang terukir indah. Tebing-tebing itu dulunya adalah bukit-bukit yang terhubung. Namun seiring berjalannya waktu, tebing tersebut juga ikut tergerus oleh air laut, sehingga saat ini tebing tersebut terlihat unik.

Dan untuk membuatnya semakin cantik, pengelola pantai juga mengukir motif-motif pantai yang menarik. Meski tebing ini dipahat, namun tetap terlihat alami.

2. Berkemah itu menyenangkan

Jika ingin lebih menikmati suasana pantai, Anda bisa berkemah di sini. Anda juga bisa menyewa peralatan berkemah atau membawa sendiri. Dan yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan area pantai.

Biasanya yang ingin berkemah datang pada sore hari dan menikmati sunset. Dan di malam hari Anda bisa menikmati seafood bakar. Kemudian Anda bisa menikmati segarnya udara pantai di pagi hari sambil mendengarkan deburan ombak.

Selain itu, indahnya matahari terbit membuat kita semakin mengagumi keindahan pantai ini.

3. Air terjun unik yang menghadap ke pantai

Selain keindahan tebing yang unik, kita juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang tak kalah indahnya. Aliran air tawar di air terjun ini juga terlihat jernih dan sejuk.

Luapan air terjun ini akan mengalir ke laut. Pengunjung biasanya menikmati nuansa air terjun ini dengan berdiri di bawahnya dan merasakan kesegaran airnya.

4. Senja di Pantai Rancabuaya

Pada sore hari pantai ini memiliki keajaiban sunset yang sangat indah. Sehingga banyak juga wisatawan yang datang untuk menikmati keindahannya. Mereka lebih memilih berjalan-jalan di pantai atau sekedar duduk-duduk menikmati sunset.

5. Mencari ikan di karang

Pantai Rancabuaya juga memiliki pantai terumbu karang. Karang ini tidak berbahaya dan dapat dilalui dengan berjalan kaki. Mereka yang senang memancing dapat memanfaatkan karang ini untuk mencari ikan-ikan kecil.

Keindahan Pantai Rancabuaya yang tiada habisnya harus dilestarikan untuk kemudian hari.

Pantainya yang bersih dan menawan menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Garut.

Gambar dan foto dari Pantai Rancabuaya

Foto tempat wisata di Pantai RancabuayaFoto Tempat Wisata Pantai Rancabuaya Sumber : instagram.com/sttuk99Pantai Peternakan BuayaAkses jalan menuju pantaiSpot foto di atas pantaiSpot foto di bebatuan pantaiDeretan perahu di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button