Tempat Wisata

Pasar Bawah, tempat belanja populer bagi traveller di Pekanbaru

Pasar Bawah Pekanbaru merupakan salah satu pusat perbelanjaan barang-barang unik di Kota Pekanbaru. Tempat belanja tradisional yang populer di kalangan wisatawan untuk barang antik, aksesori rumah, dan elektronik.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00-17.00, Alamat: JL. Saleh Abas Street, Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau; map: Cek lokasi

Pasar Bawah di Pekanbaru memenangkan kategori Objek Wisata Belanja Terpopuler tahun 2017. Meski beberapa tahun telah berlalu, pasar ini masih menjadi pasar paling populer dan terkenal di Pekanbaru. Pasar ini tidak hanya populer tetapi juga pasar terlengkap. Semua yang Anda butuhkan tersedia di pasar ini.

Pasar Bawah diberi nama oleh masyarakat setempat. Dimana letak bangunan pasar berada di tepi sungai Siak yang letaknya lebih rendah dari lokasi umumnya. Sehingga orang juga menyebutnya Pasar Bawah.

Pasar tersebut kini telah menjadi ikon wisata di kota Pekanbaru. Pasar ini sering dikunjungi oleh beberapa pengunjung yang datang dari berbagai penjuru kota maupun dari luar kota Pekanbaru. Pasar unik ini merupakan salah satu pasar tertua di Pekanbaru. Pasar ini juga dikenal banyak orang di luar negeri.

Daya tarik yang dimiliki pasar bawah

Daya tarik pasar yang lebih rendahSumber gambar: Twitter @pesonnahotelpku

1. Pasar yang memenuhi semua kebutuhan manusia

Daya tarik utama dan pertama di pasar bawah ini adalah menyediakan segala macam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan anak sekolah, kebutuhan remaja, kebutuhan anak laki-laki dan perempuan. Kebutuhan para ayah bahkan semua kebutuhan para ibu sudah ada.

Pasar tradisional ini juga menawarkan oleh-oleh berupa jajanan, batik dan lainnya. Di pasar ini ada kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan yang sangat lengkap. Jadi tidak ada salahnya jika Anda datang ke pasar ini untuk mencari segala kebutuhan Anda.

2. Lokasi strategis

Letak Pasar Bawah yang strategis di Kota Pekanbaru membuat pasar ini selalu ramai. Lokasi pasar semakin ramai karena Anda tidak perlu repot mencari lokasi tersebut.

Keberadaannya yang mudah ditemukan juga menjadi faktor utama mengapa orang lebih memilih berbelanja di pasar ini. Lokasi lokasi yang mudah diakses ini juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang akan datang.

3. Bangunan rumah adat khas Riau

Selain isi bangunan pasar ini yang dibanjiri berbagai macam barang dan makanan, Pasar Bawah memiliki bentuk bangunan yang unik. Dimana desain ini dibuat mengikuti model bangunan rumah adat khas Riau yang disebut Air Terjun Selaso Kembar.

Bangunan yang unik dan menarik ini juga menjadi daya tarik bagi pengunjung. Beberapa pengunjung yang berasal dari luar Riau sering berfoto selfie dan foto bersama di depan gedung pasar ini. Bagian samping bangunan pasar juga sangat bagus sebagai spot foto.

Alamat dan rute ke Pasar Bawah Pekanbaru

Alamat Pasar Bawah PekanbaruSumber gambar: Twitter Fitri Aayu

Alamat tempat wisata belanja ini adalah Jalan Ahmad Yani, Senapelan, Pekanbaru, Riau. Pasar ini terletak di bagian utara kota Pekanbaru. Karena letaknya yang strategis, tempat belanja ini sangat mudah ditemukan.

Jika Anda bingung, Anda hanya perlu bertanya kepada orang yang berdiri di pinggir jalan, mereka akan mengarahkan Anda ke Pasar Bawah. Solusi lain adalah dengan menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat ini. Ada taksi, bus atau transportasi online.

Untuk memasuki pasar unik ini dan menikmati perburuan, Anda tidak akan dikenakan tiket masuk. Anda hanya perlu membayar tiket parkir. Dimana biaya parkir motor sekitar Rp 3000. Untuk tiket taman hanya sekitar Rp 5000 saja.

Yang perlu Anda persiapkan adalah budget yang cukup jika ingin memasuki pasar ini. Anda akan dihadapkan pada banyak kebutuhan dan kebutuhan yang akan menarik hati Anda dan ingin membawanya pulang.

Kegiatan menarik di pasar bawah

Aktivitas Pasar BawahSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

1. Beli berbagai penjualan dari ruang bawah tanah

Di basement Anda akan disambut dengan beragam kuliner asal dari beberapa daerah. Ada keripik khas yang berasal dari Minang. Selain itu, keripik lainnya biasanya dijual di Malaysia. Kemudian, jika Anda berjalan lurus melewati pasar, Anda akan menemukan penjual kaos yang menawarkan logo dan gambar khas Pekanbaru.

Jika Anda mencari rempah-rempah, berjalan lurus ke depan dan Anda akan menemukan pasar basah. Dimana bagian ini menawarkan berbagai rempah-rempah, bumbu, ikan dan perlengkapan dapur lainnya. Jangan lewatkan juga ikan khas pekanbaru, yaitu Ikan Jam.

Ikan selai ini merupakan ikan segar yang diawetkan dengan cara tradisional. Di sana ikan segar yang dikeringkan kemudian mengalami proses pengabaian, juga dikenal sebagai proses pengasapan. Ikan khas pekanbaru ini banyak diminati. Banyak sekali peminatnya yang berasal dari luar Pekanbaru dan dijadikan oleh-oleh.

Anda juga bisa menemukan bumbu dapur yang digiling atau dihaluskan langsung dari penjualnya. Anda dapat menyesuaikan bumbu yang ingin Anda haluskan. Misalnya cabai segar, jahe segar dan bumbu lainnya yang bisa Anda beli dan haluskan. Bumbu giling ini juga bisa dijadikan oleh-oleh Pasar Bawah Pekanbaru.

2. Lantai pertama penuh dengan oleh-oleh

Jika Anda naik ke lantai satu, Anda akan disuguhkan dengan pakaian yang berbeda. Mulai dari baju adat dan khas pekanbaru serta baju lainnya yang sedang viral saat ini. Selain pakaian, jika Anda berjalan lurus, Anda akan menemukan beberapa toko yang menjual tas, sepatu, aksesoris wanita dan pria.

Anda juga bisa mendapatkan beberapa permata di lantai ini. Namun perhiasan ini tidak terbuat dari emas. Ada perhiasan yang terbuat dari perak, batu kristal dan stainless steel. Bahan pembuatan perhiasan ini bisa dijadikan aksesoris yang menarik dan keren untuk Anda. Tetap terlihat cantik dan elegan meski bukan emas. Karena model dan motif perhiasan ini sangat unik dan menarik.

Pasar ini juga memiliki banyak oleh-oleh khas pekanbaru. Souvenir berupa aksesoris yang bisa dijadikan hiasan. Ada miniatur yang kemudian dijadikan gantungan kunci. Ada tempat pena, mainan dan lainnya. Ada juga jajanan yang berasal dari berbagai tempat seperti jajanan khas Malaysia, jajanan Riau bahkan jajanan Singapura.

Peralatan rumah tangga adalah salah satu lokasi yang paling populer. Terutama dari ibu-ibu. Situs ini menawarkan peralatan, alat, dan bahan yang dapat Anda gunakan untuk mendekorasi dan mempercantik rumah Anda.

Toko-toko ini berbaris dan menjual barang dagangan yang menarik pembeli. Misalnya, bunga plastik yang indah dan memiliki warna yang indah. Ada tembikar antik, bejana, bantal renda, penutup TV renda yang unik, dan barang-barang rumah tangga lainnya. Jika Anda ingin berkeliaran di lantai pertama ini, Anda akan menemukan semua yang Anda butuhkan untuk rumah tangga.

3. Perburuan Pakaian Anak Laki-Laki di lantai dua Pasar Bawah

Di lantai dua, Anda akan disuguhkan dengan beberapa item pakaian yang cenderung menawarkan lebih banyak pilihan untuk perlengkapan pria. Ada kaos pekanbaru khusus anak laki-laki, ada kaos, celana panjang bahkan jeans. Ikat pinggang, berbagai pilihan model sepatu dan tas.

Yang paling unik adalah di Pasar Bawah Pekanbaru juga ada toko yang menawarkan pakaian dan perlengkapan haji. Misalnya ada baju ihram, sarung, sajadah, mukena, topi dan perlengkapan ibadah dan haji lainnya.

Ada juga beberapa toko yang menjual suvenir di lantai dua. Ada beberapa yang menawarkan pakaian anak perempuan. Seperti gaun, ada kaftan, daster, dan banyak pilihan pakaian lainnya untuk dipilih.

4. Cari baju bekas di lantai tiga

Aktivitas Lain di Pasar BawahSumber gambar: Google Maps Enno Muule

Ada toko di lantai tiga, yang juga menawarkan mushola di sebelahnya. Toko ini menjual berbagai kebutuhan outfit Anda. Namun, ini adalah pakaian bermerek bekas. Gaun-gaun ini dijual dengan harga yang sangat wajar.

Jika Anda tertarik, Anda bisa berburu baju merek ternama di sini. Jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan pakaian bagus yang hanya Anda pakai sekali atau dua kali.

5. Berjalan-jalan di sekitar gedung pasar utama

Selain gedung pasar, di sekitar gedung pasar juga terdapat beberapa toko. Dimana toko-toko tersebut menjual perlengkapan seperti perlengkapan sepeda motor, sepeda dan ada juga toko yang menawarkan jual beli barang bekas.

Misalnya seperti jual beli ban motor atau ban mobil bekas. Ada toko yang menyediakan perlengkapan dan kebutuhan mekanik lainnya.

Fasilitas yang tersedia di Pasar Bawah Pekanbaru

Fasilitas di Pasar Bawah PekanbaruSumber gambar: Twitter Briansofficial_

Fasilitas yang disediakan di pasar terpopuler di Pekanbaru ini adalah tempat parkir, terdapat toilet dan juga terdapat mushola bagi anda yang suka berbelanja di tempat ini dalam waktu yang lama. Mushola ini terletak di lantai tiga Pasar Bawah.

Fasilitas lainnya adalah banyak toko yang melayani berbagai kebutuhan dan kebutuhan Anda. Kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

Peringkat Pasar Bawah Pekanbaru yang menjadi ikon kota ini disebut juga surganya para pembelanja. Ada juga pengunjung pasar yang berasal dari Singapura bahkan Malaysia. Jadi jangan biarkan turis asing meninggalkan Anda. Anda sebagai warga negara pasti menyempatkan diri untuk berbelanja atau sekedar jalan-jalan di sekitar pasar ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button