Tempat Wisata

Pantai Muara Beting: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Bekasi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang kurang populer karena tempat wisatanya. Namun ternyata kota ini juga memiliki pantai yang menarik banyak wisatawan.

Pantai yang dimaksud adalah Pantai Muara Beting. Pantai ini terletak di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Lokasi Pantai Muara Beting

Lokasi Pantai Muara BetingPantai Muara Beting Sumber : instagram.com/bekasiurbancity

Lokasi Pantai Muara Beting berada di Bekasi, Jawa Barat, lebih tepatnya di Happy Beach di Muara Gembong.

Biaya masuk ke pantai Muara Beting

Tentu saja, jika Anda tertarik mengunjungi salah satu pantai terbaik di Bekasi ini, Anda harus membayar tiket masuknya. Biaya masuk ke Pantai Muara Beting adalah:

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui April 2023)

Di pantai ini, Anda juga bisa menikmati tiga tempat wisata sekaligus, yaitu pantai, hutan bakau, dan hutan lindung yang digunakan untuk perlindungan burung.

Tiket masuk yang dibayarkan nantinya juga akan digunakan untuk perawatan fasilitas wisata tersebut, agar lebih baik kedepannya.

Jam buka Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting buka 24 jam sehari, Senin hingga Minggu. Jadi Anda bebas untuk mengunjunginya kapan saja.

Peta Pantai Muara Beting

Fasilitas di Pantai Muara Beting

Fasilitas yang tersedia di Pantai Muara Beting antara lain tempat parkir mobil yang luas, warung makan dan pusat jajanan, kafetaria, toilet, mushola, akomodasi, dan banyak spot foto kecil serta paviliun untuk relaksasi.

Spot foto menarik di Pantai Muara Beting

Spot foto menarik di Pantai Muara BetingSumber Pantai Muara Beting : instagram.com/febby140208

Kegiatan seru dan menyenangkan akan membuat wisatawan semakin betah dan betah.

Aktivitas tersebut antara lain bermain pasir, mencari foto keren, dan wahana seru. Selain itu, disini juga terdapat berbagai kuliner, camping dan lainnya.

Ada berbagai wahana seru lainnya yaitu speed boat, banana boat dan wisata laut dengan menaiki perahu.

Hotel dan akomodasi terdekat dari Pantai Muara Beting

Salah satu hotel yang dekat dengan Pantai Muara Beting adalah Hotel Grand Cikarang. Tarif menginapnya adalah Rp 250.000 per malam.

Saat berkendara ke Pantai Muara Beting dari hotel, ikuti jalan raya Gatot Subroto. Setelah itu, belok kiri ke Jalan Raya Sukatani hingga sampai di Jalan Raya Tapak Serang.

Aktivitas Menarik di Pantai Muara Beting

Aktivitas Menarik di Pantai Muara BetingPantai Muara Beting Sumber : instagram.com/sindysn_

Untuk mencapai desa Muara Betung, Anda juga perlu menaiki perahu selama 15 menit.

Selama perjalanan, pengunjung tentunya juga akan terkagum-kagum dengan hijaunya hutan bakau di tepi sungai. Hal ini akan membuat pengunjung serasa tidak berada di Bekasi.

Berkat udaranya yang segar dan sejuk, pengunjung bisa melakukan aktivitas lain.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

Ekowisata Mangrove

Kawasan ini telah menjadi kawasan ekowisata mangrove sejak tahun 2018. Terlihat adanya gapura setinggi 3,5 meter menandakan Anda telah memasuki kawasan ekowisata mangrove.

Berkendara melewati hutan bakau ini, pengunjung melewati jembatan selebar 1,5 meter dan panjang 200 meter.

Mengembara di hutan bakau ini, pengunjung juga akan melihat banyak tempat menarik lainnya. Hal inilah yang membuat banyak pengunjung datang ke tempat ini

Hutan mangrove ini merupakan kawasan hutan lindung di ujung Krawang dimana terdapat 23 spesies mangrove asli. Dan yang paling banyak adalah jenis kebakaran dan mangrove.

Pengunjung tidak hanya bisa menyusuri hutan mangrove ini, tapi juga bisa belajar bagaimana mangrove ditanam dan diolah.

Selain wisatawan yang mengunjungi mangrove, ada juga kelompok masyarakat dan sekolah yang belajar tentang mangrove.

Penangkaran Hewan yang Dilindungi

Keberadaan hutan mangrove ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai habitat bagi jenis tumbuhan saja tetapi juga sebagai habitat bagi hewan khususnya burung.

Ada sekitar 153 spesies burung di sini. Saat kita terus menelusuri hutan mangrove kita akan menemukan berbagai satwa dan satwa langka dan dilindungi.

Selain burung, terdapat hewan lain seperti lutung jawa, biawak dan monyet ekor panjang. Keberadaan lutung jawa ini menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini. Lutung Jawa juga termasuk hewan yang dilindungi.

Namun, populasi monyet jauh lebih besar dibandingkan dengan lutung Jawa. Menurunnya populasi lutung jawa disebabkan oleh banyaknya penebangan dan perburuan liar yang tidak pandang bulu.

Wisata tambak dan pemancingan

Selain berbagai aktivitas seru yang disebutkan di atas, pengunjung juga bisa mengunjungi tambak yang ada di kawasan ini. Ada berbagai jenis kolam yang bisa kita lihat.

Pengunjung juga bisa menjumpai tiga jenis model kolam yang telah terpahat. Diantaranya model Kao-Kao, Komplangan dan Gei Wei.

Pengunjung tidak hanya bisa melihat budidaya ikan di sini, tapi juga membelinya. Tentunya dijamin kesegarannya dan harganya juga murah.

Pesta laut tahunan

Kegiatan yang juga banyak menarik minat pengunjung adalah kegiatan tahunan yaitu pesta danau tahunan. Orang menyebutnya Nadran.

Nadran yang digelar di sini merupakan acara pesta tahunan masyarakat setempat sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah mereka terima.

Itinerary ke Pantai Muara Beting

Itinerary ke Pantai Muara BetingPantai Muara Beting Sumber : instagram.com/iturmudzisyahrezha

Akses jalan yang bisa Anda gunakan tidak terlalu sulit, bahkan sudah bagus dan mudah. Jika Anda datang dari pusat kota, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai ke pantai ini.

Aksesorisnya mudah ditemukan, sehingga pengunjung yang berasal dari luar Bekasi dapat dengan mudah menemukan lokasi pantai tersebut. Selain itu, kini ada GPS yang mudah digunakan.

Sekilas dan Foto Pantai Muara Beting Bekasi

Pantai Muara Beting di BekasipesisirOmbak kecil di Pantai Muara BetingMemancing di pantaiPesona Pantai Muara Betingpantai berpasir

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button