Tempat Wisata

Daftar 15 Makanan Khas Madura yang Unik dan Legendaris

Berbicara tentang kuliner nusantara, tidak ada keraguan lagi tentang Indonesia. Negara yang berbentuk kepulauan ini memiliki makanan khas tersendiri di setiap daerahnya.

Dengan beragam suku dan adat yang dimiliki Indonesia, negara ini menyuguhkan budaya nusantara yang berbeda dan khas. Ada begitu banyak makanan enak dan khas di setiap daerah yang bisa Anda temukan.

Tak terkecuali Madura, sebuah pulau di sebelah timur kota Surabaya. Daerah yang terkenal dengan tradisi Carok ini menawarkan makanan khas yang patut untuk dicoba.

Daftar makanan Madura

Penasaran dengan makanan khas Madura? Mari kita bahas makanan khas Madura mana saja yang enak pada daftar di bawah ini.

1. Soto Mata Sapi

Makanan yang memiliki nama nyentrik ini memang menjadi primadona dalam dunia kuliner Madura. Tak hanya itu, sajian ini memiliki rasa yang berbeda bagi setiap penikmatnya.

Bagaimana tidak, makanan yang menyajikan mata sapi asli di setiap sajiannya, memberikan rasa dan kesan yang unik saat Anda mulai memasukkan makanan ini ke dalam mulut.

Karena rasanya sendiri tidak seseram hidangannya. Karena makanan ini memiliki rasa yang enak dengan bumbu pilihan yang khas diolah untuk Soto Madura.

2. Loryuk

Nah ini dia makanan yang wajib dicoba di Madura. Makanan ini terdiri dari olahan kerang, yang sesuai dengan namanya adalah lorjuk, sejenis kerang.

Makanan olahan ini biasanya dapat disajikan dengan berbagai macam masakan, seperti: B. Lorjuk dengan kuah mirip gulai, goreng kering atau kuah.

Orang Madura sering mencari kerang ini saat air surut dan bisa menemukannya di bebatuan.

Berbicara soal rasa, kerang memiliki rasa yang hampir sama di semua olahan kerang, namun masyarakat Madura memiliki resep tersendiri untuk rasa yang berbeda dan sangat layak untuk dicoba.

3. Nasi Serpang

Nasi Serpang merupakan makanan nasi campur yang hampir sama dengan nasi campur lainnya. Makanan ini mungkin cukup asing di telinga orang non-Madura.

Namun, sajian ini menyajikan sajian yang berbeda dari nasi campur pada umumnya. Jika nasi campur saus tomat umumnya disantap, kini makanan ini dipadukan dengan terasi.

Makanan ini disajikan dengan berbagai lauk seperti kerang, telur, bihun, dendeng, terasi, kerupuk tahu, rempeyek, dan ditaburi kuah santan saat nasi hangat. Hmmmm…membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

4. Rujak Corek

Mungkin banyak dari kita yang memikirkan berbagai jenis buah dengan bumbu kacang yang manis dan pedas ketika berbicara tentang rujak. Namun di Maudura tidak sama dengan anggapan banyak orang tentang Rujak.

Rujak corek dalam makanan khas Madura ini merupakan olahan timun dengan bumbu kuah yang diletakkan di dalam timun yang sudah dikeruk dan dibuang bijinya.

Untuk menyantapnya, Anda disuguhi sensasi berbeda, yakni menggigit timun sambil menyeruput bumbu yang dikandungnya.

Makanan ini sangat cocok disantap di siang hari, yang bisa memberikan kesegaran.

5. Tajin Sobih

Tajin Sobih adalah jenis makanan yang termasuk dalam kategori bubur. Ya, terutama sumsumnya.

Banyak orang sudah mencoba makanan ini dengan ciri khas yang sama, yaitu gurih dan manis. Rasa manisnya berasal dari saus gula yang ditaburkan di setiap sajiannya.

Jika umumnya bubur ini hanya disajikan dengan saus gula, kini uniknya di Madura, bubur ini disajikan dengan makanan lain seperti lopes dan lain-lain.

6. Topak Ladhe

Indonesia memang kaya akan masakan dan uniknya setiap daerah memiliki masakan khas tersendiri untuk memperingati atau merayakan suatu acara.

Madura memiliki Topak Lodhe yang sangat mudah ditemukan saat merayakan Idul Fitri. Masakan ini hampir mirip dengan sayur lodeh atau opor dengan campuran olahan jeroan sapi.

Namun belakangan ini jeroan sudah diganti dengan daging ayam atau sapi, tergantung selera penikmatnya. Biasanya makanan ini disajikan dengan ketupat dengan saus topak ladhe dan kacang panjang yang dimasak.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Solo

7. Bebek Songkem

Berikutnya adalah makanan yang berbahan dasar bebek. Jika kita pernah mencicipi bebek panggang atau bakar, kini Madura punya cara berbeda dalam mengolah bebek.

Bebek songkem merupakan olahan pakan bebek yang dimasak dengan dibungkus daun pisang, seperti pada pepes, namun yang membedakan adalah bumbu dan bumbu yang digunakan.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat bersama lalapan dan sambal khas Madura. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, cicipi dan nikmati cita rasa khas masakan bebek madura.

8. Sate ayam

Sate ayam madura memang sudah terkenal di seluruh nusantara. Dimana kita bisa menemukan makanan ini di hampir setiap kota. Makanan ini sangat sederhana namun memiliki cita rasa yang khas.

Olahan ayam yang mengawetkan bumbu rahasia setiap orang yang memasaknya menawarkan kelezatan yang dicari pembeli. Sate ini biasanya disajikan dengan lontong dan irisan bawang merah dan cabai.

Bagaimana rasanya saat menikmati sate ini di tempat asalnya, pasti akan memberikan pengalaman rasa yang berbeda.

9. Kue Apem Madura

Jika apem biasa dikenal dengan kue tanpa kuah, di Madura menawarkan apem yang berbeda dan sangat khas. Kue apem ini jarang ditemukan tidak hanya di Madura tetapi di daerah manapun.

Sensasi makan Apem di Madura berbeda karena dibumbui dengan kuah gula merah yang manis dalam penyajiannya.

Di setiap gigitannya, makanan ini memberikan cita rasa yang khas dengan bumbu yang diolah menjadi satu. Rasanya tidak kalah dengan kue-kue modern yang marak saat itu.

10. Kaldu kakao

Kaldu kelapa atau kaldu tulang sapi memang layak untuk dicoba. Kaldu ini terbuat dari tulang sapi yang direbus dengan berbagai bumbu untuk memunculkan rasa gurih dari sumsum tulang.

Banyak yang memburu makanan ini karena memiliki cita rasa yang enak dan nikmat, apalagi jika disantap saat cuaca dingin. Dalam penyajiannya biasanya disajikan dengan lontong dan lauk pauk lainnya seperti kerupuk dan sambal.

Jika Anda pasti sedang berkunjung ke Madura, silahkan datang dan luangkan waktu untuk menikmati makanan yang sangat lezat ini.

11. Nasi Setan

Dari namanya memang menyeramkan, tapi jangan salah, makanan ini bukan makanan setan atau buatan setan. Meski namanya menakutkan, makanan ini sangat direkomendasikan sebagai obat lapar.

Makanan ini disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti daging, tempe goreng, kue, jagung, telur goreng, pindang, jagung rebus dan masih banyak lagi lainnya.

Harga makanan lengkap ini sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan harga saat mencoba makanan ini.

12. Nasi Petis

Jika Petis biasa digunakan dalam olahan makanan rujak oleh masyarakat Jawa Timur, jangan dikira jika diolah dengan nasi di Madura.

Nasi Petis adalah nasi campur yang kaya akan lauk pauk. Dimana biasanya dalam sajian nasi ini terdapat dendeng, jeroan, telur rebus dan lain-lain.

Dikatakan Nasi Petis, meskipun makanan ini disajikan dengan Petis, namun tidak dicampur dalam satu hidangan, melainkan menjadi pelengkap saus untuk setiap hidangan.

13. Soto Madura

Rasa soto madura memang tidak bisa dipungkiri, banyak pecinta kuliner mengakui bahwa soto ini memiliki rasa yang nikmat.

Makanan ini hampir sama dengan masakan soto di tempat lain. Namun yang membedakannya adalah bumbu-bumbu yang diolah untuk mendapatkan cita rasa yang sangat identik dengan masakan khas Madura.

Soto memang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan segar, tidak berbeda dengan soto di Madura. Jika Anda sedang berada di Madura, jangan lewatkan makanan yang satu ini, dijamin Anda akan mendapatkan rasa yang berbeda dari soto lainnya.

14. Kue olet

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar makanan yang satu ini, apalagi mencobanya. Kue ini merupakan makanan khas Madura yang berasal dari Sumenep.

Kue ini hanya ada di daerah Madura dan sangat jarang diketahui masyarakat umum. Kue ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan ketan hitam, tanguli dan kelapa.

Jika Anda melintasi Sumenep atau berkesempatan mengunjungi Sumenep, luangkan waktu untuk merasakan nikmatnya kue ini.

15. Los Elos

Berikutnya adalah makanan khas Madura yang sangat melegenda dan hampir tidak dikenal orang di luar Madura. Kue ini merupakan makanan ringan yang memiliki rasa yang enak.

Makanan ini juga dibuat dari singkong yang dicampur dengan gula merah untuk memberikan rasa manis dan ditaburi kelapa parut untuk memberikan rasa gurih.

Perpaduan rasa manis gurih yang sangat khas Madura. Agak sulit untuk menemukan makanan ini karena sangat sedikit penjual yang menjualnya.

Sebagai ? Tertarik menjelajahi wisata kuliner di Madura?

Selain budaya yang penuh dengan kualitas orang-orang yang benar-benar menjaga harga diri mereka. Madura memiliki makanan khas yang memiliki cita rasa yang enak dan sangat unik.

Hampir setiap daerah di Madura memiliki makanan khasnya masing-masing. Jika berkesempatan mengunjungi Madura, tak ada salahnya mencoba makanan khas di sana.

Sekian informasi mengenai makanan khas Madura, semoga bisa menjadi referensi saat anda berkunjung ke Madura.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button