Tempat Wisata

Danau Dora: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Danau Dor, nama yang unik dan kita sudah tidak asing lagi dengan kata “Dora”. Namun tempat ini bukan berarti tokoh kartun Dora pernah dikunjungi oleh anak-anak.

Mungkin penjelasan asal usul Dora bisa kita lihat di bawah ini ya sob, mungkin karena ada kemiripan tempat, sama seperti saat sang tokoh mengunjungi Dora.

Danau ini merupakan danau buatan yang cagar alamnya bisa disebut eco-park. Danau Dor, terletak langsung di kawasan kota, namun tempat ini sangat cocok untuk berwisata.

Karena tempatnya yang luas, banyak pepohonan yang rimbun, jadi tempat yang bagus untuk bersantai dan menikmati udara segar.

Lokasi Danau Dora

Danau DorDanau Dora Sumber: instagram.com/hilmi_106

Taman ini merupakan cagar alam yang akan menjadi Kebun Raya Cibinong.

Bagi yang berminat: Lokasi Danau Dora berada di Cibinong, Bogor, Jawa Barat di kawasan Balai Penelitian.

Dan karena di tengah kota masih banyak yang bilang: taman kota dengan danau. Ya, apapun yang jelas bisa menyenangkan dan milenial jangan lupa berfoto selfie.

Jam buka dan tiket untuk Danau Dora

Tidak perlu khawatir tentang tiket dan tidak perlu khawatir untuk sampai ke sana. Karena naik pesawat Danau Dor sekitar 15.000 pada hari kerja dan 25.000 pada hari libur. Dan untuk keamanan parkir cukup membayar 3.000 rupiah saja. Sangat murah bukan?

Jam buka: 7.00 pagi sampai 5.00 sore

Peta lokasi Danau Dora

Rute ke Danau Dora

Calon pengunjung dapat berkendara melalui Jl Raya Jakarta-Bogor. Lurus saja ikuti jalan tersebut hingga sampai di perempatan Pemda Bogor atau Mal Cibinong. Dari sana Anda kemudian akan diarahkan ke area tersebut. Anda akan tiba dalam waktu sekitar satu setengah jam.

Jika ingin cepat sampai ke lokasi, bisa melalui tol Jagorawi.

Fasilitas di Danau Dora

Fasilitas di Danau DoraDanau Dora Sumber: instagram.com/lina.edelwize16

Karena tempat ini juga merupakan sarana pendidikan, fasilitas yang disediakan terutama koleksi tumbuhan dari berbagai daerah di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dll dengan sekitar 6.000 jenis tumbuhan.

Dan setiap tanaman akan diasosiasikan dengan teknologi, setiap nama di papan memiliki barcode untuk melihat deskripsi dari masing-masing tanaman.

Tidak ada fasilitas lain untuk restoran, sehingga pengunjung dapat membawa perbekalan sendiri saat piknik. Namun, saling menjaga kebersihan.

Jembatan kayu tempat Anda bisa berjalan di sepanjang danau sangat mengasyikkan dan kami juga berada di tengah danau. Dengan spot yang sangat bagus cocok untuk penggemar foto dan update media sosial. Bunga teratai mengapung di danau buatan. Dan tanaman air lainnya.

Di beberapa sudut kawasan terdapat paviliun tempat Anda bisa beristirahat atau tidur dengan nyaman, karena memang paviliun rindang yang dikelilingi pepohonan menjadi pemandangan yang memesona.

Kegiatan dilakukan di lokasi

Kegiatan di Danau DoraDanau Dora Sumber: instagram.com/cahmitaaa

Banyak kegiatan di sini dijalankan oleh masyarakat setempat dan orang luar.

Karena buka di pagi hari dan merupakan tempat yang sepi, orang biasanya berolahraga pagi di sekitar danau.

Mulai dari berlari dan bersepeda di pagi hari hingga menikmati udara yang sangat sejuk di tengah pepohonan dan rerumputan yang rindang dan hijau. Suasananya memang cocok untuk berolahraga karena tempatnya yang luas dan sejuk.

Danau buatan ini cukup dalam dan keruh, sehingga tidak disarankan untuk berenang. Tapi Anda juga bisa menikmatinya di tepi danau, duduk di rerumputan yang hijau dan nyaman.

Selain itu, Anda bisa duduk di dermaga kayu dan menikmati danau dengan bunga teratai dan ikan hiasnya yang mempercantik Danau Dora dan sekitarnya yang sangat hijau dan segar.

Mengapa disebut Danau Dora?

Jika Anda ingat kartun Dora, Anda pasti pernah melihat jembatannya kan? Makanya disebut Dora, mungkin karena hampir menyerupai jembatan di sini.

Dan ada juga versi yang mengatakan bahwa ketika pengelola sedang membangun Danau Dora, banyak anak-anak yang bermain boneka Dora dan berlarian.

Namun, sejak Dora masih kecil menjelajah seperti anak-anak, lahirlah ide Danau Dora. Wow, sangat unik dan sangat lucu haha.

Ya mungkin banyak yang bilang begitu, atau karena tempat ini dekat dengan tempat yang namanya digembalakan Dora, kita tidak tahu.

Manfaatkan Danau Dora atau Eco Park

Manfaatkan Danau Dora atau Eco ParkDanau Dora Sumber: instagram.com/ricky_sandiag0

Karena masih menjadi bagian dari lembaga penelitian Indonesia, danau ini merupakan taman konservasi alam dan daya tarik Kebun Raya Bogor dan berharap untuk menjadi populer dalam waktu tertentu.

Selain taman konservasi dan wisata edukasi, lokasi ini juga bisa digunakan untuk acara pernikahan bagi Anda yang menyukai gaya alam. Karena tempatnya cukup strategis dan tanamannya asri, mulai dari rerumputan yang hijau hingga pepohonan yang sangat lebat.

Mengapa Anda tidak peduli dengan Danau Dora? Tempat yang menawarkan berbagai jenis tanaman cantik dari Sabang sampai Merauke ini bisa menambah pengetahuan dan tentunya membuat Anda semakin pintar.

Dengan pepohonan yang rimbun dan rindang yang sungguh menambah kesunyian serta hamparan rerumputan hijau yang mengelilingi danau didukung dengan lokasi yang eksotis, disini Anda bisa betah sambil menikmati piknik bersama teman-teman Anda.

Area danau yang luas dengan jembatan penghubung mengajak Anda untuk berjalan-jalan.

Jika Anda tertarik, jagalah lingkungan di sekitar Anda. Karena tempat ini sangat indah dan dirawat dengan baik oleh pengelola dan anda yang menjaga keindahan ini.

Gambar dan foto Danau Dora di Cibinong

Danau Dora, danau buatan di CibinongBersepeda di Danau DoraTur Keluarga di Danau DoraSpot foto di Danau DoraDanau Dora sedalam 1 meterSpot foto dengan background Danau Dora

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button