Tempat Wisata

Danau Ranau di Sumatera Selatan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Selain Danau Toba, ada satu lagi danau eksotis dan luas di Sumatera. Danau tersebut adalah Danau Ranau yang membentang di tiga kabupaten yaitu BPR Ranau Tengah, Warkuk Ranau Selatan dan Banding Agung. Bagi yang sedang merencanakan liburan ke tempat wisata di Pulau Sumatera ini, yuk simak dulu ulasannya di bawah ini.

Sebagai salah satu pulau terbesar di tanah air, Sumatera memiliki banyak destinasi wisata. Terutama objek wisata dengan keindahan alam yang mempesona. Danau Ranau merupakan salah satu bentuk keindahan yang bisa dikunjungi dan dilupakan.

Lokasi Danau Ranau

Danau RanaDanau Ranau Sumber : instagram.com/ranau.info

Pada dasarnya, danau eksotis ini terletak di perbatasan provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Tepat di antara Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Lampung Barat.

Biaya masuk Danau Ranau

  1. Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Danau Ranau

Jam operasional danau ini tidak jauh berbeda dengan objek wisata danau lainnya dan cukup fleksibel. Pengunjung bisa datang kapan saja karena danau ini buka 24 jam.

Peta Danau Ranau

Fasilitas di Danau Ranau

Fasilitas di Danau RanauDanau Ranau Sumber: instagram.com/endangguntorocanggu

Sedikit berbeda dengan tempat wisata lain di Indonesia, danau ini juga memiliki dampak lingkungan yang positif. Terutama dari segi ekonomi bagi masyarakat setempat. Danau Ranau sendiri sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Di sekitar tempat wisata ini terdapat penginapan, resort dan hotel yang mudah ditemukan. Selain itu tata letak kawasan wisata ini membuatnya semakin menawan. Tidak heran semakin banyak turis yang berdatangan. Baik wisatawan domestik maupun nasional, termasuk yang datang dari luar negeri.

Spot foto menarik di Danau Ranau

Spot foto menarik di Danau RanauDanau Ranau Sumber : instagram.com/official_dieka09

Sebagai salah satu tempat wisata eksotis di Sumatera Selatan, tidak sulit menemukan spot foto menarik di sini. Pengunjung bisa mengabadikan berbagai momen tak terlupakan untuk kemudian diunggah ke media sosial.

Spot foto pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pemandangan di sekitar danau. Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau cantik ini memiliki luas sekitar 125 kilometer dan kedalaman hingga 229 meter.

Jenis danau ini juga termasuk danau vulkanik. Artinya, danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi dan gempa bumi. Fenomena alam ini akhirnya membentuk cekungan yang cukup besar. Sedangkan aliran airnya sendiri berasal dari Sungai Warkuk yang cukup jernih.

Tempat wisata ini semakin populer di kalangan masyarakat umum dan juga menjadi sumber air dan irigasi bagi penduduk setempat.

Di sekitar danau ini, pengunjung juga bisa mengunjungi objek wisata lainnya. Ada air terjun lain di satu titik, jadi letaknya sangat dekat dengan danau ini. Selain air terjun, ada tempat wisata lain di kawasan ini seperti Pulau Mariza, Pemandian Air Panas, Gunung Seminung, Pantai Pelangi dan Pantai Bidadari.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Danau Ranau

Hal menarik yang bisa dilakukan di Danau RanauDanau Ranau Sumber : instagram.com/yusup_fahmi

Tidak hanya pemandangannya yang indah untuk disaksikan, ada juga banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan. Artinya, momen liburan tidak akan pernah membosankan dan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Pada dasarnya objek wisata ini lebih baik dikelola oleh masyarakat setempat.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah wisatawan yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Penasaran dengan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di danau ini? Inilah beberapa di antaranya.

1. Memancing

Kegiatan wisata menjadi salah satu daya tarik di danau ini. Banyak kegiatan seru seperti kegiatan memancing bisa dilakukan. Bagi yang suka memancing, tempat ini sangat direkomendasikan. Selain itu, ada banyak spesies ikan air tawar di perairan.

2. Jelajahi danau

Pengunjung dapat menyewa perahu yang dikelola oleh masyarakat setempat. Anda dapat menjelajahi danau dan sekitarnya dengan perahu. Keindahan danau ini membuat terpesona setiap orang yang melihatnya. Dijamin betah berlama-lama di sini.

3. Petualangan Jejak Sepeda Motor

Bagi yang menyukai olahraga ekstrim, tersedia wahana petualangan di sekitar jalur danau ini. Liburan Anda dijamin akan semakin tak terlupakan jika Anda mempraktekkan olahraga seru ini.

Pilihan lainnya adalah ikut serta dalam sepeda touring yang tak kalah menariknya dengan sepeda trail.

Akomodasi di dekat Danau Ranau

Daya tarik utama adalah akomodasi di dekat Danau Ranau. Selain itu, suasana disekitarnya sangat menyenangkan, sejuk dan asri. Pemandangan alam yang mempesona dan memanjakan mata. Menginap semalam di penginapan Danau Ranau bisa menjadi pilihan yang tepat bersama keluarga. Jadi Anda bisa merencanakan liburan seru ini bersama keluarga dan kerabat.

Di sekitar danau ini terdapat beberapa penginapan dengan fasilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ini memungkinkan pengunjung untuk tinggal di tempat yang sesuai dengan anggaran mereka. Tak perlu khawatir, harga sewa akomodasi yang ditawarkan tidak terlalu mahal.

Beberapa penginapan yang direkomendasikan di sekitar danau ini adalah Wisma Pusri Varita, Aulia Danau Ranau dan Seminung Lombok Resort.

Itinerary ke Danau Ranau

Sebagai salah satu tempat wisata unggulan, Danau Ranau memiliki rute yang tidak terlalu sulit. Rute yang memungkinkan dimulai dari arah Bandar Lampung kemudian dilanjutkan menuju kota Erde dengan menggunakan kendaraan. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai di Bukit Kemuning. Perjalanan dilanjutkan dari Kota Batu menuju Danau Ranau.

Perkiraan durasi perjalanan sekitar enam hingga tujuh pagi. Seperti diketahui, akses jalan menuju jalan ini memang tidak terlalu besar, namun masih bisa dilalui. Baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja pengunjung lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Sekilas dan Foto Danau Ranau

Potret Danau Ranau di kaki Gunung SeminungKeindahan Danau Ranau di pagi hariPilihan akomodasi di Danau RanauNaik Jet Sky di Danau RanauBeragam fasilitas di Danau RanauPotret Danau Ranau dengan latar malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button