Tempat Wisata

Pulau Kalimantan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Provinsi Sumatera Utara bisa dibilang surganya tempat wisata. Mengapa? Karena keindahannya, banyak bermunculan destinasi wisata baru. Salah satu yang sering diperbincangkan adalah Pulau Kalimantung. Pulau ini terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Banyak orang mengira hanya Air Terjun Mursala yang ada di kabupaten ini. Padahal, keindahan pulau ini tak kalah memukau. Tak heran jika destinasi ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler. Ingin tahu informasi tempat wisata di kalimantung? Berikut informasi lengkapnya!

Lokasi pulau Kalimantan

Pulau KalimantanPulau Kalimantan Sumber: instagram.com/aimieharahap

Bagi anda yang menyukai wisata alam khususnya daerah pesisir, akan sangat rugi jika tidak mengunjungi wisata alam yang satu ini. Pulau ini sendiri terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara, lebih tepatnya di Kepulauan Mursala.

Kabupaten Tapanuli sendiri terletak sekitar 300 meter dari pusat kota Medan. Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata. Tidak hanya wisata alam, tetapi juga budaya, religi dan masih banyak lagi.

Biaya masuk ke Pulau Kalimantung

Untuk tiket masuk, pihak pengelola tidak memungut biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar sewa perahu. Lebih baik datang rombongan keluarga atau teman agar biaya sewa perahu lebih murah.

Akses ke Pulau Kalimantantung

Untuk menikmati destinasi mirip pulau di Maladewa ini, Anda bisa berkendara melewati kota Medan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam berkendara. Kemudian berkendara ke pelabuhan Tapanuli untuk menyeberanginya. Toh biaya sewa perahunya cukup tinggi yaitu hampir 1,5 juta. Jadi lebih baik datang dengan rekan lain, atau jika ingin lebih murah, gunakan jasa tour traveller.

Jam buka Pulau Kalimantan

Tempat wisata ini dibuka untuk umum 24 jam terus menerus. Jadi kapan pun Anda ingin berkunjung, manajemen siap membantu Anda. Namun sebaiknya datang pada siang hari agar bisa merasakan suasana sunset.

Peta Pulau Kalimantantung

Fasilitas Pulau Kalimantantung

Fasilitas Pulau KalimantantungPulau Kalimantan Sumber: instagram.com/travelmatesiantar

Setiap tempat wisata perlu menyediakan beberapa fasilitas penunjang bagi wisatawan. Begitu juga dengan pulau kalimantung ini. Fasilitas di sini cukup lengkap. Mulai dari restoran, pusat oleh-oleh, penginapan, supermarket dan masih banyak lagi.

Rekomendasi hotel di pulau kalimantung

Demi memberikan kemudahan lebih kepada pengunjung, tempat wisata ini juga menawarkan penginapan yang aman dan nyaman bagi wisatawan. Lokasi hotel juga tidak jauh dari pulau. Berikut beberapa hotel yang bisa dijadikan referensi saat berkunjung ke Pulau Kalimantung:

1. Hotel PIA Pandan

Rekomendasi pertama adalah PIA Hotel Pandan. Penginapan ini terletak di Jalan Padang Sidempuan 10A, Tapanuli Tengah. Layaknya hotel pada umumnya, tempat ini menawarkan fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet, kolam renang, restoran bahkan pihak hotel menyiapkan sarapan gratis untuk para tamu.

2. Hotel Pasar Baru

Berlokasi di Sibolga, tepatnya Jalan Raya Junjungan Lubis 41. Ini adalah penginapan yang terletak sangat dekat dengan tempat wisata pulau. Berbagai fasilitas tak bisa membantu dalam tawaran tersebut. Juga dari hotel ini para tamu memiliki pemandangan yang menarik. Selain itu, pelayanan yang diberikan karyawan cukup memuaskan.

3. Hotel pariwisata yang bagus

Penginapan Wisata Indah terletak di 51 Jalan Katamso, Sibolga. Penginapan ini menjadi salah satu referensi karena tempatnya yang nyaman dan harga yang relatif murah. Di sini Anda memiliki pemandangan pantai dan pemandangan taman yang indah. Kemudian kamar tidur juga bersih dan rapi.

4. Hotel Prima indah

Masih bingung mau menginap di mana di Pulau Kalimantung? Rekomendasi terakhir ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Hotel Prima Indah terletak di Kota Sibolga, Jalan Brigjen Katamso 45. Hotel ini cukup cerdas untuk melihat peluang.

Subjek yang digambarkan adalah sebuah bangunan besar yang menyerupai rumah mewah dan terlihat elegan. Sehingga setiap orang yang datang merasa nyaman. Selain itu, setiap ruangan dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik. Dari kamar ini, para tamu dapat menikmati pemandangan pantai yang indah.

Fakta menarik tentang pulau Kalimantan

Yang menarik, pulau ini bisa menjadi pertimbangan bagi yang ingin berlibur ke sini. Berikut beberapa fakta unik dari Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah:

1. Pasir putih yang lembut

Satu hal yang tak luput dari sebuah pantai adalah pasir putihnya. Hal ini juga akan Anda rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Kalimantung. Hamparan pasir putihnya terlihat bersih dan lembut. Bahkan tak jarang wisatawan membasuh muka dan badan karena pasirnya yang begitu lembut.

2. Alam bawah laut menawarkan berbagai jenis ikan

Keindahan dasar laut tidak kalah indahnya dengan permukaan laut. Pengunjung juga bisa snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut lebih dalam. Pemandangan terumbu karang dan segudang ikan hias lucu seakan tak pernah ada habisnya.

Untuk memanfaatkan jasa snorkeling, pengunjung hanya dikenakan harga sekitar Rp 50.000 per orang. Harga ini dapat berubah tergantung pada kebijakan pengelola. Namun, Anda tidak akan kecewa dengan apa yang bisa dilihat di dasar laut.

3. Pulau yang tenang dan sunyi

Getaran di pulau ini terasa tenteram dan tenang. Itu sebabnya banyak orang ingin datang ke sini untuk beristirahat. Sementara di pulau ini ada perasaan bahwa pulau itu adalah milik pribadi. Tempat ini sangat cocok untuk mencari ide dan inspirasi.

Terkadang kita berpikir dua kali untuk pergi berlibur karena masalah keuangan. Namun sebenarnya banyak tempat wisata murah yang bisa dikunjungi. Tidak harus mahal, semua orang bisa merasakan keindahan yang ditawarkan negara ini. Seperti Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah.

Sekilas dan Foto Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah

Pemandangan Pulau Kalimantung dari atasKeindahan air laut di Pulau KalimantungPantai Pulau KalimantungWisata di Pulau KalimantungWisata di Pulau KalimantungKapal kecil, transportasi ke Pulau KalimantantungSpot foto di pulau kalimantung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button