Tempat Wisata

Pulau Samalona: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya memang memberikan kesan tersendiri. Jika Anda belum pernah mengunjungi pulau Samalona, ​​maka wisata ini cocok sebagai kunjungan wisata Anda berikutnya.

Rumornya, pulau ini awalnya milik tujuh bersaudara yang kini telah diwariskan ke generasi berikutnya. Sorotan pulau ini adalah pengaturannya yang mempesona dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Lokasi pulau Samalona

Pulau SamalonaPulau Samalona Sumber: instagram.com/jedasore/

Pulau ini berada di Selat Makassar. Lokasi di kabupaten ujung pandang lebih tepatnya di kota makassar berada di desa laelae provinsi sulawesi selatan.

Rute menuju pulau Samalona

Akses menuju Pulau Samalona tidak begitu sulit. Untuk menuju ke sana, bisa diakses dari kota Makassar. Pertama, pengunjung harus mengunjungi dermaga di Pulau Makassar. Dermaga ini berada tidak jauh dari Pulau Losari.

Setibanya di Dermaga Kota Makassar, pengunjung harus menyewa speedboat untuk menyeberangi lautan menuju Pulau Salamona. Jarak dari dermaga ke pulau Salamona adalah 2 km.

Harga sewa speedboat untuk menyeberangi Pulau Salamona bervariasi sekitar Rp 150.000 hingga Rp 300.000 tergantung kesepakatan pengunjung dengan pemilik speedboat. Penyeberangan memakan waktu 30-40 menit.

Tiket Masuk Pulau Samalona

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi pulau Salamona. Pengunjung hanya perlu membayar sewa perahu. Ada dua jenis penyewaan perahu. Ini adalah perahu kelompok atau individu.

Jika memilih perahu untuk rombongan, biaya perahu Rp 200.000 hingga Rp 300.000. Sedangkan jika naik perahu untuk perorangan, biayanya hanya Rp 25.000 per orang.

Jam Operasional Pulau Samalona

Operasi di pulau Salamona buka 24 jam sehari. Namun, dalam keadaan tertentu pulau ini bisa saja ditutup, seperti saat pandemi dan saat cuaca tidak mendukung.

Peta pulau Samalona

Fasilitas di Pulau Samalona

Foto pulau SamalonaFoto Pulau Samalona Sumber : instagram.com/ocika.karadona/

Fasilitas merupakan komponen penting yang harus diperhatikan sebelum memilih tempat wisata. Fasilitas yang lengkap tentunya akan membuat kegiatan wisata menjadi lebih menyenangkan.

Fasilitas di Pulau Samalona terbilang cukup lengkap, seperti toilet, kamar mandi, dan mushola yang ada di pulau ini. Peralatan menyelam dan penyewaan speedboat juga tersedia.

Akomodasi di Pulau Samalona

Banyak pengunjung yang bermalam di pulau indah ini. Akomodasi di Pulau Salamona sebagian besar berupa rumah penduduk yang dijadikan konsep guest house. Banyak jenis wisma menawarkan fasilitas yang berbeda.

Harga guest house juga tergantung dari fasilitas yang didapat pengunjung. Umumnya penginapan di sana mengenakan tarif Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per malam.

Selain wisma, alternatif akomodasi lainnya juga mendirikan tenda di sekitar pantai Pulau Salamona. Ada lapangan luas yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

Jika Anda memutuskan untuk bermalam di tenda, sebaiknya sudah menyiapkan tenda di rumah untuk kegiatan ini. Hal ini dikarenakan pemandu tidak menyediakan persewaan peralatan untuk camping.

Kegiatan di Pulau Samalona

Foto keindahan pulau SamalonaPulau Samalona Sumber: instagram.com/sewakapalmakassar/

Kegiatan seru memang menjadi keharusan saat mengunjungi tempat wisata. Dari pulau ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru.

1. Menyelam

Kegiatan pertama yang dilakukan di pulau ini adalah scuba diving di perairannya. Bagi pengunjung yang menyukai olah raga air, menyelam di laut Pulau Samalona akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Air lautnya yang jernih dan ditumbuhi karang yang indah serta beragam biota laut membuat kegiatan menyelam menjadi menyenangkan. Pengunjung dapat menyewa alat selam dari pengelola atau membawa alat selam sendiri.

2. Berburu foto

Untuk beberapa orang berburu Foto wajib saat bepergian. Berfoto di pulau ini juga menyenangkan karena banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Jauh Pekerjaan Pemandangan pantai yang indah, pasir yang putih bersih, serta tanaman kelapa yang berjejer di sekitar pulau menjadikan spot foto yang sangat menarik.

3. Nikmati pemandangan di sekitar pulau

Sangat menyenangkan menikmati pemandangan pulau sambil menjelajah. Pemandangan pulau yang indah dapat membuat kegiatan berwisata menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ada banyak lokasi pulau untuk dijelajahi dan dinikmati keindahannya

4. Mainkan banana boat

Bagi yang menyukai permainan air yang memacu adrenalin, maka Banana Boat bisa menjadi pilihan. Penyewaan banana boat tersedia di pulau ini. Pengunjung bisa menyewa banana boat untuk dinaiki bersama teman.

5. Menikmati matahari terbenam

Menikmati sunset di sebuah pulau sambil berjalan-jalan atau di pantai memang menjadi aktivitas santai yang menyenangkan. Sunset di pulau ini terlihat sangat indah dengan warna jingganya.

Tips Berkunjung ke Pulau Samalona

Saat berkunjung ke Pulau Samalona, ​​ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasannya.

  • Pastikan kondisi alam dalam kondisi baik karena berbahaya mengunjungi pulau ini dalam cuaca buruk.
  • Jika Anda memutuskan untuk bermalam di pulau ini, pesan akomodasi Anda terlebih dahulu karena biasanya tidak banyak pilihan akomodasi yang tersedia saat memesan selama liburan.
  • Tetap patuhi peraturan yang berlaku di Pulau Samalona dan tidak merusak alam saat melakukan aktivitas wisata.

Demikian pembahasan tentang pulau Samalona. Semoga melalui artikel ini pengunjung dapat mengetahui pulau yang indah ini dan membangkitkan minat mereka untuk berkunjung.

Sekilas dan foto pulau Samalona di Sulawesi Selatan

Selamat datang di pulau SamalonaPasir putih di Pulau SamalonaKeindahan Pantai Pulau SamalonaKeindahan air laut di Pulau SamalonaFasilitas lengkap di Pulau SamalonaSnorkling di Pulau SamalonaMatahari terbenam di Pulau Samalona

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button