Tempat Wisata

Pulau Pagang : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Salah satu provinsi yang memiliki banyak potensi wisata adalah Sumatera Barat. Para wisatawan bisa melihat pulau-pulau yang berjejer di tujuh perairan sekaligus. Salah satunya adalah Pulau Pagang yang menawarkan pemandangan eksotis. Pulau ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Pesisir Selata dan Kota Padang.

Pulau ini telah dijadikan tujuan wisata pilihan karena keindahannya. Suasananya yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat pulau ini populer. Anda bisa mampir ke sini untuk melepas penat.

Lokasi Pulau Pagang

Pulau PaganPulau Pagang Sumber: instagram.com/rizkiprimaputra_/

Secara administratif, pulau eksotik ini terletak di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini memiliki pantai yang airnya masih sangat jernih, indah dan kaya akan biota laut. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Biaya masuk ke Pulau Pagang

Harga tiket masuk yang dikenakan pengunjung tidak terlalu menguras kantong yaitu Rp 35.000. Dengan tiket tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan dan bermain sepuasnya. Selain itu, biaya sewa fitur air di pulau ini cukup terjangkau.

Jam operasional Pulau Pagang

Pada dasarnya, tidak ada jam operasional reguler di pulau ini. Itu artinya pengunjung bisa datang kapan saja. Selain itu, pulau ini juga buka hingga 24 jam. Namun, disarankan untuk datang pada hari kerja saat suasana lebih sepi. Anda juga bisa menikmati waktu santai dengan lebih leluasa dan tenang.

Peta lokasi Pulau Pagang

Sejarah Pulau Pagang

Setiap tempat memiliki cerita pendek di baliknya. Tak terkecuali objek wisata di sebuah pulau ini. Nama Pulau Pagang sendiri berasal dari legenda setempat. Awalnya pulau ini muncul dari cerita sebuah keluarga yang tinggal di pantai selatan. Terutama di daerah Tarusan.

Terjadi konflik dalam keluarga ini yang memaksa beberapa keluarga meninggalkan Tarusan. Setelah itu mereka melakukan perjalanan ke pulau Pasumpahan. Di sana keluarganya mencari nafkah dari bercocok tanam.

Beberapa tahun kemudian, keluarga tersebut tumbuh di pulau Pasumpahan, sehingga sebagian kembali ke Tarusan. Akhirnya, mengingat jarak yang dipisahkan oleh laut, mereka memutuskan untuk bergandengan tangan. Artinya, mereka akhirnya bertemu dan memilih sebuah pulau yang tidak jauh dari Pulau Pasumpahan.

Pulau yang menjadi tempat pertemuan itu kini disebut Pulau Pagang. Nama itu masih dipertahankan sampai sekarang.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Pagang

Foto dari Pulau PagangFoto Pulau Pagang Sumber : instagram.com/thprilandika/

Pada dasarnya, pulau ini sebenarnya lebih ramai di akhir pekan dibandingkan hari biasa. Apalagi saat liburan sekolah dan perayaan hari raya, kesibukan tak terbendung. Pengunjung pulau ini beragam. Mulai dari mahasiswa, mahasiswa hingga keluarga yang ingin berlibur.

Ini adalah turis lokal, bahkan ada yang datang dari luar negeri. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini. Itu bahkan digunakan sebagai tempat pre-wedding. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Pagang agar liburan Anda tidak membosankan.

1. Perahu Pisang

Liburan ke pulau tanpa bermain wisata air mungkin terasa kurang. Nah, salah satu wisata air yang bisa kamu coba di pulau ini adalah banana boat. Dengan fasilitas ini, Anda bisa merasakan sensasi mengitari pulau dengan cepat.

2. Snorkling

Bagi pecinta biota laut, snorkeling bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, pulau ini memiliki air yang cukup jernih. Hewan laut yang ditemukan di sana sangat beragam dan memanjakan mata. Begitu pula dengan terumbu karang setempat, tempat hidup ikan-ikan yang mempesona.

3.Jesky

Pengelola pulau juga menyediakan fasilitas Jetsky untuk Anda coba. Bagi pecinta olahraga air, menaiki jet sky di pulau ini pasti akan sangat menyenangkan.

4. Perahu Donat

Bagi yang tidak terlalu berani dengan Jetsky, pengunjung bisa menaiki perahu donat. Selain itu, pengelola juga akan menambah wahana berupa flying fox dalam waktu dekat.

Akomodasi di dekat Pulau Pagang

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di pulau ini, Anda tidak perlu khawatir tentang akomodasi. Pengelola sudah menyiapkan rumah kayu yang estetik dan tidak terlalu mahal.

Tanam di Pulau Pagang

Dari segi peralatan, Pulau Pagang sebenarnya sudah cukup lengkap. Fasilitas umum dan tambahannya cukup nyaman untuk digunakan pengunjung. Fasilitas standar meliputi toilet, ruang ganti dan tempat ibadah.

Oleh karena itu, akan lebih mudah dan nyaman bagi wisatawan untuk melakukan pelayanan dan hal lainnya di pulau ini.

Keindahan Pulau Pagang

Keindahan Pulau PagangSumber Pulau Pagang: instagram.com/sersanpalala/

Menghabiskan liburan di pulau ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain pemandangannya yang memanjakan mata, lingkungan sekitar pulau ini juga masih asri. Bisa dibilang tidak terlalu terpengaruh oleh perkembangan modern. Tak heran pengunjung tidak akan melihat tumpukan sampah di tempat ini.

Selain itu, banyaknya wahana air menjadi daya tarik lain di pulau ini. Biayanya juga lebih murah dibandingkan pulau lain.

Itinerary ke Pulau Pagang

Jalan menuju pulau ini bisa dilakukan melalui Dermaga Muaro Padang dan Sungai Pisang. Pengunjung dapat menyewa jasa perahu yang disediakan oleh nelayan setempat. Jarak yang harus ditempuh sekitar 30 meter dan memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan laut. Setelah itu pengunjung sudah bisa berada di Pulau Pagang dan berlibur disana.

Di balik keindahannya tentu saja ada kelestarian pulau ini bagi setiap pengunjungnya. Keindahan dan kebersihannya harus tetap terjaga agar dapat terus dinikmati di masa mendatang.

Tak terkecuali dalam menjaga lingkungan bawah laut di dalamnya. Hal ini dilakukan secara alami agar semua makhluk laut tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Koleksi foto Pulau Pagang

Pantai yang bersih di Pulau PagangPemandangan Dermaga Pulau PagangMatahari terbit di Pulau PagangGerbang masuk ke Pulau PagangView pantai dan air lautPantai Pagang aman untuk berenangHamparan laut di pulau Pagang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button