Tempat Wisata

Pulau Banyak di Aceh: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Perjuangan yang cukup melelahkan untuk sampai ke Pulau Banyak. Namun, semua itu akan terbayar ketika Anda tiba di destinasi wisata ini. Pada dasarnya pulau-pulau di Aceh Singkil merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang eksotik.

Tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga menawarkan pengunjung berbagai kegiatan menarik. Keindahan laut di pulau ini menyita perhatian, sehingga banyak yang rela menempuh perjalanan berjam-jam.

Banyak lokasi pulau

Banyak pulauBanyak pulau

Banyak pulau yang secara administratif berada di Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh. Bagi pengunjung dari kota Medan, lokasinya sebenarnya lebih dekat. Sebaliknya, jika Anda berangkat dari Banda Aceh, perjalanan akan memakan waktu lebih lama lagi.

Banyak harga tiket untuk pulau itu

Sebenarnya pengunjung tidak dipungut biaya untuk harga tiket. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan budget untuk menyeberang dari Pulau Singkil ke Pulau Banyak. Biayanya sekitar Rp 27.000 per orang.

Banyak jam operasi pulau

Tak perlu khawatir, banyak pulau yang bisa dikunjungi kapan saja karena pulau eksotik ini buka 24/7.

Peta lokasi banyak pulau

Banyak fasilitas pulau

Fasilitas yang ada di Pulau Banyak sedang diperbarui oleh manajemen. Hal ini semata-mata untuk menunjang kegiatan wisata di lokasi ini.

1. Pilihan transportasi

pelabuhan di banyak pulau

Mereka yang ingin berkunjung ke pulau ini tidak perlu khawatir dengan sarana transportasi yang ingin digunakan. Pada dasarnya pengunjung bisa memilih kapal ferry dari Dermaga Desa Pulo Sarok atau speedboat dari Dermaga High Bridge.

Mereka yang ingin menghemat uang dapat menggunakan perahu nelayan yang disewakan oleh penduduk setempat. Biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah, yakni Rp 30.000 per orang untuk berwisata ke Pulau Balai.

2. Puskesmas

Ada pusat kesehatan kota tidak jauh dari pulau ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat mengunjungi objek wisata ini.

3. Akomodasi

Jika Anda ingin menghabiskan liburan lebih lama di sini, Anda bisa memilih penginapan dan akomodasi murah. Bagi yang menginginkan fasilitas tambahan bisa memilih hotel bintang lima yang tidak jauh dari Kepulauan Banyak.

4. Kuliner

Jika Anda tidak membawa bekal makanan saat berlibur ke sini, Anda tidak perlu khawatir. Pada dasarnya, ada banyak warung di sekitar pulau yang menjual berbagai macam makanan enak. Harganya cukup murah sehingga tidak terlalu menguras kantong.

Fasilitas di Kepulauan Banyak cukup lengkap. Pasokan listrik di pulau ini juga cukup baik yaitu 24 jam sehari. Hal yang sama berlaku untuk jaringan telepon, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan sinyal.

Spot foto menarik di banyak pulau

Foto dari Banyak PulauFoto dari banyak pulau Sumber: instagram.com/rendy_cp/

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Singkil, tak heran jika banyak spot foto menarik di pulau ini. Apalagi jika Anda memang suka dekat dengan pantai. Berikut adalah pilihan spot foto yang bisa dinikmati.

1. Pasir putih yang luas

Pulau Banyak merupakan salah satu pulau dengan garis pantai yang cukup luas. Selain itu, kondisi pasir putihnya juga masih bersih. Tak heran jika banyak pengunjung yang bisa bermain dengan bebas di sini.

2. Air laut jernih

Turis asing dengan air laut yang bersih

Keadaan air di pulau ini memikat setiap orang yang melihatnya. Air laut di pulau ini terlihat berwarna biru kehijauan. Sekilas Anda akan merasa bahwa ini adalah pulau pribadi. Pengunjung akan merasa seolah-olah terdampar di tengah pulau tak berpenghuni. Dengan latar belakang alam yang luar biasa tentunya.

3. Deretan pohon kelapa yang rindang

Kepala Pohon di Pulau Banyak

Apakah kamu termasuk orang yang suka bermain di pantai? Dapatkan perasaan itu karena ada deretan pohon kelapa yang rindang di pulau ini. Semilir angin begitu menenangkan. Pengunjung bisa berjemur dengan bebas dari pagi hingga malam hari.

Kegiatan menarik di banyak pulau

Keindahan banyak pulauBanyak pulau

Tahukah Anda, aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Banyak ini cukup bervariasi. Agar momen liburan tidak menjadi monoton, Anda bisa mencobanya. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan, sebagai berikut.

1. Keliling pulau dengan speedboat

Sayang sekali jika Anda datang ke Pulau Banyak dan tidak menikmati keindahannya. Alternatifnya adalah berkeliling dengan speedboat. Bagi yang tidak berani menggunakan fast boat ini, pengunjung bisa memilih kano. Sambil berjalan-jalan, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan surga di Aceh Singkil ini.

2. Tracking di Pulau Tuanku

Apakah Anda terpesona oleh pemandangan pegunungan dan hutan tropis yang indah? Tak perlu khawatir, Anda akan ditemani pemandu yang dengan senang hati mengantar pengunjung menjelajahi pulau.

Matahari terbenam di banyak pulau wisata

Menariknya, Anda akan melihat berbagai satwa endemik yang menarik, misalnya burung beo Nias, babi hutan, kancil dan lain sebagainya. Lebih ekstrim lagi, di dekat hutan tropis ini pengunjung juga bisa mencium bau muara sungai.

3. Berselancar

Mereka yang menyukai olahraga air tidak boleh melewatkan aktivitas selancar ini. Keseruannya juga tak hanya menarik wisatawan lokal tapi juga mancanegara. Karakteristik ombak di pulau ini justru turut menjadikannya tempat surfing yang menarik.

Itinerary ke banyak pulau

Banyak pulau pantai

Kamu bisa mengambil itinerary terpendek dari Kota Medan. Hanya dibutuhkan waktu tujuh jam perjalanan darat untuk mencapai Kabupaten Aceh Singkil.

Sebaliknya jika Anda datang dari Banda Aceh akan memakan waktu lebih lama yaitu 12 jam perjalanan darat.

Setibanya di Aceh Singkil, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan memilih antara tiga alternatif:

  • Naik kapal ferry di dermaga Desa Pulo Sarok (4 jam perjalanan).
  • Naik speedboat atau perahu motor dari High Bridge Pier.
  • Menyewakan perahu nelayan yang biasanya digunakan untuk mencari ikan di laut.

Kepulauan Banyak dengan sejuta keindahan merupakan kepulauan yang bisa menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya. Jadi jangan lewatkan tempat wisata ini jika ingin berkunjung ke Aceh.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button