Tempat Wisata

Gua Payudan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Selain banyak tempat wisata di sekitar pantai, di Madura juga terdapat beberapa gua yang terkenal. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Madura adalah Gua Payudan.

Gua Payudan terletak di puncak Gunung Payudan di Desa Payudan Daleman Kecamatan Guluk Guluk, sekitar 30 km sebelah barat Sumenep. Gua Payudan penting bagi masyarakat Sumenep. Mengapa? Karena goa ini berkaitan dengan sejarah raja-raja Sumenep pada abad 14-17. Goa ini juga bukan hanya objek wisata biasa, tetapi juga mengandung sejarah religi.

Gua Payudan merupakan tempat pertapaan raja-raja Sumenep pada zaman dahulu. Itu adalah:

Potret Koneng
Dia adalah putri Pangeran Soccadiningrat II, seorang raja Sumenep yang memerintah antara tahun 1366 dan 1386. Saat itu, istana kerajaan masih berada di Desa Banasare di Kecamatan Rubaru. Suami Potre Koneng adalah seorang raja di Sepudi, namanya Adi Poday (1399-1415) dan merupakan putra sulung Sunan di Surabaya.

Pangeran Jokotole
Pangeran dengan Pangeran Soccadiningrat III, Raja Sumenep pada tahun 1415–1460. Dia adalah putra tertua dari Potre Koneng dan Adipoday. Menurut cerita, Jokotole dijunjung tinggi oleh banyak orang karena kesaktiannya. Hal ini terbukti pada masa Majapahit ketika Jokotole berhasil mengalahkan kerajaan Blambangan dan menjadi menantu kerajaan Majapahit yaitu Raja Brawijaya.

Jimat Pangeran
Dia adalah Raja Sumenep dari tahun 1731 sampai 1744 dan putra Pangeran Rama (Pangeran Cakra Negara II).

Ki Lesap
Raja Sumenep pada tahun 1749–1750. Dia mati melawan raja di Bangkalan. Ki Lesap berasal dari generasi Bangkalan.

Ternyata goa ini tidak hanya digunakan pada zaman dahulu saja, ternyata sampai sekarang pun ada orang yang menggunakan goa ini sebagai tempat bertapa atau bertapa. Konon, seseorang bertapa di Gua Payudan selama setahun. Saya tidak tahu apa tujuannya.

Datang ke sini Anda bisa memasuki gua dan merasakan nuansa basah dan dingin Gua Payudan. Terdapat juga tiga lantai di dalam goa ini, terdiri dari lantai satu, pelataran goa yang berukuran 27 mx 10 m, dan lantai dua yang biasa digunakan sebagai lobby (ruang tamu) dengan ukuran dari 27 mx 10 m kira-kira 35 m2 digunakan, yang terakhir di atas lantai tiga adalah mushola. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda harus berhati-hati saat menaiki tangga menuju pelataran goa karena cukup licin. Oleh karena itu, harap perhatikan langkah Anda dan berpeganganlah pada pegangan tangga.

Fasilitas di Gua Payudan

Bicara soal fasilitas, ada beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan di tempat ini, meski tidak terlalu lengkap. Fasilitas tersebut adalah;

– Tempat peristirahatan umum

Untungnya, pihak pengelola telah menyiapkan salah satu fasilitas penting yang seharusnya tersedia hampir di semua tempat wisata, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mencari kamar kecil atau toilet umum selama liburan di Gua Payudan.

– Area parkir

Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan sendiri, tersedia juga tempat parkir kendaraan bermotor yang cukup luas untuk menampung kendaraan bermotor wisatawan yang datang. Biaya parkir juga terjangkau.

– Masjid

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di tempat ini terdapat ruangan yang dikhususkan untuk sholat. Jadi ketika anda sedang berwisata rekreasi ke Gua Payudan dan mendengar adzan, anda hanya perlu naik ke lantai tiga untuk melakukan ibadah sholat.

– Berdiri di pinggir jalan

Di luar area Gua Payudan, Anda akan menemukan beberapa warung yang menjajakan makanan ringan atau gorengan untuk dinikmati sambil browsing.

– Paviliun

Setelah puas menjelajahi lokasi di dalam gua, Anda bisa bersantai di gazebo, menikmati angin sepoi-sepoi dan juga melihat pemandangan dari puncak Gunung Payudan.

Berburu foto di Gua Payudan

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi dalam ruangan seperti gua, tempat ini cocok untuk Anda. Saat Anda berjalan melewati bagian dalam gua, Anda dapat menikmati pemandangan dari dinding yang terbentuk secara alami. Dengan latar belakang dinding goa, Anda juga bisa berfoto cinderamata bersama keluarga atau teman atau mengunggahnya ke media sosial. Tidak hanya dari dalam goa, lingkungan sekitar juga bisa anda jadikan sebagai objek untuk pemotretan kamera, karena Goa Payudan terletak di puncak Gunung Payudan, dan otomatis anda memiliki pemandangan indah khas pegunungan di sana, dengan banyak tempat teduh. dan pepohonan yang indah.

Baca Juga: Kolam Renang Goa Pote, rasakan sensasi membenamkan diri di antara pemandangan batu kapur

Akses jalan menuju Gua Payudan

Jika penasaran dan ingin mengunjungi Gua Payudan, menuju ke sana tidaklah terlalu sulit. Anda dapat menuju ke Gading dari kota Sumenep dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari sana Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan ke arah Pasean atau Batu Ampar kemudian turun di pertigaan desa Payudan Daleman. Nah, untuk menuju lokasi goa, Anda bisa menggunakan jasa stroller atau andong dari pertigaan. Jika Anda ingin merasa sedikit lelah, Anda juga bisa berjalan kaki. Jaraknya tidak jauh, hanya 2 km.

Biaya masuk ke Gua Payudan

Belum ada informasi yang pasti mengenai harga tiket masuk Gua Payudan.

Jam buka Gua Payudan

Tips liburan di Gua Payudan

  • Persiapkan diri Anda untuk stamina yang prima sebelum datang ke sini
  • Kenakan sepatu yang nyaman dan tidak licin
  • Hati-hati saat pergi ke halaman gua
  • Jangan mencoret-coret dinding gua
  • Jangan dibuang

Galeri foto Gua Payudan

Selamat datang di Gua Payudan
Akses jalan menuju Goa
Tangga menuju Goa
Potret Gua Payudan
Potret seorang pengunjung di mulut Gua Payudan
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button