Tempat Wisata

10 Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi Di Kalimantan Timur

Tertarik dengan liburan pantai? Jangan lupa untuk mengunjungi pantai populer Kalimantan Timur. Destinasi wisata laut terindah, eksotis dan populer untuk liburan yang tak terlupakan.

Kalimantan Timur menawarkan berbagai potensi wisata alam yang menakjubkan. Kawasan pantai khususnya dikenal dengan pesonanya yang luar biasa. Di sini Anda akan menemukan nuansa alam yang asri, karena sebagian besar wilayahnya masih tertutup hutan lebat. Di bawah ini adalah rekomendasi wisata pantai Kalimantan Timur terbaik untuk dikunjungi untuk petualangan yang menyenangkan.

1. Pantai Melawai

Pantai MelawaiFoto oleh Retno Ayu / Google Maps

Di kota Balikpapan terdapat Pantai Melawai yang namanya sudah populer di kalangan wisatawan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota sehingga Anda bisa dengan mudah mencapainya. Baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, Anda akan dimanjakan dengan pilihan melewati kawasan hutan lebat dan perbukitan di sepanjang jalan.

Keunikan dari pantai ini adalah panoramanya yang indah saat matahari terbenam, dimana cakrawala langit terlihat sangat indah. Matahari terbenam menunjukkan siluet perbukitan dan kapal yang bergerak. Tak hanya pesona saat senja, pemandangan alam di sekitar Pantai Melawai juga memanjakan mata. Di sekelilingnya masih terasa alami, dengan hutan hijau dan angin sepoi-sepoi yang sejuk.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Babi yang terletak di seberang pantai. Saat air laut surut Anda cukup berjalan kaki dan tidak perlu menyeberang dengan perahu. Selain itu, Anda bisa menikmati aktivitas snorkeling karena keindahan lautnya yang sangat memikat. Usai bermain, cicipi olahan seafood di beberapa warung pinggir pantai.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Kota Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

2. Pantai Lamaru

Pantai LamaruFoto oleh Umar Rohim / Google Maps

Biasanya wisatawan yang datang ke sini ingin berlibur di akhir pekan. Berhadapan dengan Laut Sulawesi atau sebelah timur Pantai Manggar Segara Sari. Jika Anda berangkat dari pusat kota Balikpapan, lokasinya berada di pinggiran kota. Oleh karena itu, kawasan pantai menawarkan kontras dengan hiruk pikuk kota Balikpapan.

Pantai pasir putihnya terbentang dengan kontur pantai yang landai. Ombak lautnya cukup bersahabat, sehingga wisatawan bisa berenang atau bermain air. Ada juga tempat-tempat strategis untuk memancing karena Pantai Lamaru terkenal dengan berbagai jenis ikannya. Fasilitas pantainya lengkap karena didesain ulang untuk tempat wisata.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL.Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

3. Pantai Kemala

Pantai KamalaFoto oleh Hasbul Hadi / Google Maps

Tidak jauh dari pusat kota Balikpapan terdapat Pantai Kemala yang cocok untuk liburan keluarga. Pasalnya, destinasi tersebut menawarkan banyak wahana seru. Nuansa Bali yang dihadirkan menciptakan suasana yang menyenangkan untuk relaksasi. Bisa dikatakan pemandangan pantainya hampir mirip dengan Pantai Kuta Bali.

Di sepanjang pantai Anda akan merasakan hamparan pasir putih dan halus, sehingga Anda bisa berjalan dengan aman di atasnya. Air laut yang kebiruan membuat perpaduan panorama yang ditawarkan tampak luar biasa. Ombaknya relatif tenang, sehingga wisatawan bisa melakukan snorkeling atau diving. Sambil melihat keindahan bawah laut yang menjadi rumah bagi berbagai biota laut.

Manajemen juga menawarkan wahana air seperti parasut terbang dan penyewaan perahu untuk berkeliling. Di sore hari Anda akan menyaksikan langit matahari terbenam yang indah. Selain itu, banyak tempat romantis yang sering dijadikan spot foto menjelang pernikahan atau untuk momen lainnya. Sore adalah waktu terbaik untuk menikmati suasana pantai dengan gemerlap cahaya lilin dari warung sekitar.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

4. Pantai Nasi Basah

Pantai beras basahFoto oleh Penyair / Google Maps

Beberapa karung beras basah dikatakan telah ditemukan di pantai. Menurut cerita, beras tersebut dibawa oleh kapal asing yang tersesat di pulau ini. Demi keselamatan penumpang, beban berat terpaksa diturunkan karena takut gelombang tinggi. Karena itulah tempat wisata ini dinamakan Pantai Beras Basah.

Pantai ini terletak di kota Bontang dan sangat dekat dengan pusat kota. Tidak heran tempat ini selalu penuh dengan turis dari seluruh dunia. Untuk menuju tempat ini, Anda perlu menyewa perahu dari Dermaga Bontang Kuala yang memakan waktu sekitar 40 menit. Atau bisa juga naik perahu Kelotok khas Kalimantan jika ingin merasakan sensasi naik perahu tradisional.

Adapun keindahan alam bawah lautnya, tidak diragukan lagi bahwa scuba diving membuat Anda bisa mengagumi kekayaan biota laut. Selain itu, Anda akan menemukan menara pengawas misterius karena tidak jelas siapa yang membangunnya. Siang hari adalah waktu yang tepat untuk berfoto, karena perpaduan antara panorama dan sinar matahari cukup Instagrammable.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

5. Pantai Biduk

Pantai Gayung BesarFoto oleh Mas Wahjoe/Google Maps

Bagi Anda yang menyukai suasana liburan yang tenang seperti di pulau pribadi, Pantai Biduk-Biduk adalah pilihan yang tepat. Nuansa pantainya masih alami karena jarang sekali pengunjung yang datang ke sini. Meski sepi, masih ada beberapa warung makan sehingga Anda bisa mengisi perut saat lelah berjudi.

Air lautnya berwarna biru jernih, sehingga Anda bisa melihat beberapa ikan berenang di dalamnya. Kondisi terumbu karang juga tidak tampak tercemar sama sekali. Ada juga jembatan yang hampir mencapai tengah laut. Biasanya pengunjung disini berfoto dengan latar belakang keseluruhan pantai.

Di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, antara lain naik perahu kecil melewati kawasan laut dekat pantai. Berkemah bersama keluarga atau teman juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan. Sambil menyalakan api unggun, nikmati suasana pantai di malam hari dan lebih dekat dengan alam.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Giring-Giring, Kec. Biduk, Cab.Berau, Kalimantan Timur.

6. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara SariFoto oleh Haris Putra Nasution / Google Maps

Pantai ini adalah tempat wisata yang populer bagi pengunjung karena menawarkan banyak atraksi air. Jika Anda terbang dari arah Bandara Internasional Sepinggan, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 9,5 kilometer. Begitu tiba di lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan laut yang eksotik dan hamparan pantai pasir putih yang panjang.

Jika ingin bermain air, Anda bisa menyewa pelampung atau perahu kecil agar bisa mengapung. Atau bermain beberapa ayunan yang disediakan pengelola di pinggir pantai. Jangan lupa ada beberapa spot unik untuk kesempatan berfoto dan ada payung teduh di pinggir pantai tempat Anda bisa bersantai sambil makan siang.

harga tiket: Rp3.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Pantai J L. Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

7. Pantai Benua Patra

Pantai Benua PatraFoto oleh Rizky Pratama Nugraha / Google Maps

Destinasi yang satu ini memiliki keunikan tersendiri berupa beberapa singkapan bebatuan menyerupai pulau. Piramida ini terdiri dari serpihan batu kapur dan debu yang telah diendapkan selama ribuan tahun. Sedimen inilah yang memastikan bahwa pantai menampilkan ribuan pulau yang menyerupai benua. Namun, pulau tersebut tidak seluas umumnya, melainkan hanya berupa bebatuan.

Meski demikian, pemandangan alam yang ditawarkan begitu mempesona, perpaduan antara gugusan bebatuan dan hamparan laut yang sangat luas. Kawasan pantai yang masih dikelilingi pepohonan rimbun seakan menambah suasana tenang dan damai. Anda bisa duduk di pantai dan menikmati angin sepoi-sepoi yang menenangkan. Sambil menunggu pesona sunset yang mempesona.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Temui Kec Kota Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

8. Pantai Ambalat

Pantai AmbalaFoto oleh Anik Setyawati / Google Maps

Pasir di Pantai Ambalat berwarna coklat muda dan bertekstur lembut. Meski berbeda, mereka tetap menambah pesona yang bagus dan cukup teduh. Anda bisa mengajak si kecil membangun istana di atas pasir atau sekadar membenamkan diri di tumpukan pasir untuk bersenang-senang. Ombaknya begitu tenang sehingga wisatawan bisa berenang dengan aman di sana.

Berbeda dengan pantai lain yang dikelilingi pepohonan rimbun, Pantai Ambalat jarang memiliki pepohonan. Senja benar-benar menyinari kawasan pantai sehingga sinar matahari yang masuk terlihat jelas terutama pada sore hari. Meski tidak ada pohon yang cukup tinggi, tidak membuat suasana semakin panas. Justru angin sejuk yang memastikan pikiran Anda menjadi lebih rileks.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Ambowang, Kec. Samboja, Cab.Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

9. Pantai Tanah Merah

Pantai Tanah MerahFoto oleh Yusup Marwan / Google Maps

Jika Anda sedang berkunjung ke daerah Kutai, disarankan untuk pergi ke daerah Samboja. Anda akan menemukan Pantai Tanah Merah dengan pasir putih yang indah. Pohon pinus tumbuh di sepanjang pantai yang semakin mempertegas keindahan pantai ini. Bentuk garis pantainya menjorok ke laut, menampakkan hamparan pantai yang lebih luas.

Karakteristik pantainya yang landai dan luas membuat Anda betah saat berjalan kaki. Rencana berkemah bersama keluarga atau teman adalah kegiatan yang menyenangkan di alam. Jika tidak ingin berkemah, Anda bisa istirahat sejenak di sini dan membawa perbekalan. Jangan lewatkan memancing dan menangkap kepiting di pantai.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Cab.Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Pantai Segajah

Pantai SegajahFoto oleh Kaharuddin Syah (Undung) / Google Maps

Keunikan pantai ini terletak pada keberadaan sebuah pulau kecil di tengah laut yang dapat dicapai dengan perahu atau dengan berenang. Pantai Segajah sering menjadi tujuan wisata para pengunjung yang menghabiskan liburannya. Pasalnya, suasana di pantai ini sangat menghibur dan menawarkan beberapa fasilitas. Salah satunya adalah tenda penjual makanan di pinggir pantai.

Pantai berpasir putih panjang dengan struktur pasir yang lembut. Anda bisa berjalan di atasnya tanpa takut tertimpa bebatuan kecil. Air laut di sini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat ikan dari permukaan air. Kedalamannya cukup dangkal, hanya sampai lutut. Namun, tetap tidak boleh merusak terumbu karang, meski bisa berjalan di atas air.

harga tiket: Rp500.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur memiliki banyak keindahan wisata pantai yang tak terduga untuk ditawarkan. Pengunjung selalu datang dan pergi, terutama saat musim liburan dimulai. Ada beberapa destinasi pantai yang direkomendasikan, semuanya menawarkan pesona alam yang memukau. Liburan Anda dijamin akan menghadirkan banyak momen tak terlupakan kali ini. Anda tertarik untuk berkunjung?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button