Tak Berkategori

Hutan Mangrove PIK: Rasakan indahnya hutan bakau di tengah kota Jakarta

Hutan Mangrove PIK: Rasakan indahnya hutan bakau di tengah kota Jakarta

Temukan indahnya Hutan Mangrove PIK di Jakarta, destinasi alam yang menawarkan pengalaman unik berinteraksi dengan ekosistem mangrove di tengah kota.

Harga tiket: Rp35.000, Jam beroperasi: 08.00-17.30 WIB, Alamat: J L. Catamaran Indah 1 RT.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kab.Jakarta Utara, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasinya

Di tengah hiruk pikuk Jakarta yang penuh dengan bangunan, keberadaan hutan bakau menjadi suatu hal yang menarik. Hutan ini sering dijadikan tujuan wisata keluarga atau wisatawan akhir pekan.

Cagar Alam hutan bakau Ini memiliki area yang luas dan penuh dengan pepohonan hutan bakau. Objek wisata alam ini memiliki ekosistem yang tidak kalah mirip dengan hutan bakau pada umumnya, apalagi di tempat ini terdapat habitat unik burung air.

Hutan Mangrove PIK menjadi pilihan tepat jika ingin mencari tempat wisata sejuk penuh warna hijau asri. Dengan mengunjungi hutan ini, wisatawan bisa rehat sejenak dari pemandangan kota yang membosankan.

Daya tarik hutan mangrove PIK

Daya tarik hutan mangrove PIKFoto oleh Olivia Jesika Sihotang di Google Maps

Hutan ini mempunyai segudang kekayaan wisata yang ditawarkan sehingga tak heran jika jumlah pengunjungnya terus meningkat. Bahkan, tempat wisata ini akan sangat ramai di awal liburan sekolah.

Pemandangan hutan yang luar biasa

Daya tarik Wisata Hutan Mangrove PIK yang pertama adalah pemandangan hutannya yang sangat memanjakan mata. Pepohonan yang mengelilingi kawasan ini serta keberadaan air membuat pengunjung serasa berada dekat dengan pantai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Suasana di tempat wisata ini sangat asri dan penuh ketenangan, apalagi udara yang bisa anda hirup sangat bersih. Dengan begitu pengunjung yang ingin bersantai di tempat ini akan terpuaskan.

Panorama cerah yang indah

Tidak hanya pemandangan hutan saja, pemandangan matahari terbenam juga tampak menakjubkan di hutan bakau ini. Pengunjung berkesempatan melihat matahari terbenam dengan lebih jelas.

Oleh karena itu, waktu terbaik mengunjungi Hutan Mangrove PIK Jakata adalah pada sore hari.

Saat ini, matahari yang hampir terbenam memantulkan cahaya jingga menambah keindahan pemandangan di sekitar hutan bakau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Hutan Mangrove PIKFoto oleh Nuri Nh di Google Maps

Banyak wisatawan yang masih bingung untuk mengunjungi Hutan Mangrove PIK. Tempat wisata alam ini terletak di kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk), Jakarta Utara, DKI Jakarta, dan beralamat di Jalan Garden House Nomor 4.

Untuk menuju ke sana tidak terlalu sulit karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan Transjakarta melalui Koridor 9A kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum berwarna merah jurusan Grogol – Angke.

Kemudian turun di pintu masuk objek wisata hutan mangrove di PIK. Selain Transjakarta, pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan pribadi melalui tol dalam kota kemudian berkendara menuju Jalan Muara Karang hingga mencapai objek wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya mengunjungi bentang alam dan menggunakan fasilitas objek wisata ini cukup terjangkau. Tiket masuk untuk pengunjung anak-anak sebesar Rp 15 ribu pada hari kerja, kemudian Rp 20 ribu pada hari Sabtu – Minggu.

Sedangkan tiket dewasa seharga Rp 35 ribu di akhir pekan dan Rp 30.000 di hari biasa. Untuk wisatawan asing biayanya lebih mahal yaitu Rp 150.000 pada hari biasa dan Rp 170.000 pada akhir pekan.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di hutan mangrove PIKFoto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Tak hanya pemandangan hutan saja yang bisa Anda nikmati, namun ada juga berbagai aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan di Hutan Mangrove PIK Jakarta.

Banyaknya wahana dan fasilitas membuat pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan lebih leluasa.

1. Penanaman dan konservasi

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan adalah mengikuti proses penanaman tanaman hutan bakau. Kegiatan ini dilaksanakan oleh pengelola Objek Wisata Hutan Mangrove PIK dan tidak dipungut biaya bagi seluruh pengunjung.

Siapa pun dapat mengikuti proses budidaya dan tidak dibatasi oleh usia. Untuk itu pengunjung yang membawa anak kecil bisa mengajaknya menanam mangrove sambil belajar ilmu tanaman tersebut.

2. Naik perahu mengelilingi hutan mangrove PIK

Untuk memberikan keleluasaan lebih bagi wisatawan menjelajahi hutan bakau yang lebat ini, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berperahu. Perahu bisa disewa dengan harga Rp. 250.000 per perahu yang mampu menampung 6 orang.

Dengan perahu ini, wisatawan bisa menjelajahi seluruh kawasan hutan dengan lebih mudah tanpa harus berjalan kaki. Biaya sewa perahu sepadan dengan indahnya pemandangan yang bisa Anda nikmati selama menjelajahi hutan ini.

3. Ambil foto

Kegiatan wajib yang terakhir adalah memotret segala pemandangan indah yang ada di hutan ini. Foto-foto ini menjadi kenangan yang tidak akan segera Anda lupakan setelah meninggalkan hutan indah ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sistem hutan bakau PIKFoto oleh Hendro Kristanto di Google Maps

Meski merupakan objek wisata yang terletak di dalam hutan, namun fasilitas yang tersedia sangat lengkap. Fasilitas tersebut antara lain toilet yang selalu terjaga kebersihannya, tempat beribadah, tempat makan, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengunjung yang ingin beristirahat atau bermalam dapat menggunakan fasilitas akomodasi dan villa. Bahkan terdapat juga area camping yang cukup luas yang bisa dijadikan area camping bersama banyak orang lainnya.

Tidak diragukan lagi, Hutan Mangrove PIK Jakarta menjadi tempat wisata yang unik dan akan membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

Seluruh pengunjung bisa menikmati petualangan di dalam hutan sekaligus merasakan seperti sedang tidur di alam yang sejuk.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button