Tempat Wisata

16 Tempat Wisata di Jayapura Terbaru dan Lebih Hits Dikunjungi

Negara Papua memiliki kekayaan alam yang menakjubkan, baik berupa kekayaan tambang maupun keanekaragaman potensi wisata alam. Tak terkecuali Jayapura, ibu kota provinsi Papua. Di kawasan ini terdapat berbagai keindahan alam dengan panorama yang memukau.

Kota Jayapura menampilkan relief mulai dari dataran landai hingga perbukitan dan pegunungan. Oleh karena itu, tidak heran jika terdapat berbagai wisata alam di Jayapura antara lain pantai, danau, perbukitan, dll.

Di bawah ini adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Jayapura yang wajib Anda kunjungi selama berada di kota ini. Dengan banyaknya pemandangan keindahan alam Jayapura, Anda akan semakin bersyukur dan cinta nusantara.

1. Kota Puncak Jayapura

Puncak kota Jayapurafoto dari Ig @Anjarisme /Twitter

Dari puncak Puncak Kota Jayapura Anda bisa melihat pemandangan Kota Jayapura yang menakjubkan. Pada siang hari Anda memiliki panorama bangunan berjejer yang tampak kecil dari ketinggian, dan laut biru serta pelabuhan yang sibuk dengan pengiriman.

Puncak Kota Jayapura paling indah di malam hari karena dihiasi lampu-lampu yang menyala di kegelapan. Ada juga paviliun santai di puncak ini dan beberapa warung yang menjual makanan.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Ardipura, Kabupaten Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

2. Pantai Taplanusu

Pantai TaplanusuFoto oleh Michael Austin Haryono/Google Maps

Pantai Tablanusu yang terletak di kawasan Depapre merupakan destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin bersantai dari keindahan laut yang memukau. Letaknya yang cukup jauh dari kota membuat tempat ini tetap asri dan bebas polusi.

Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil melihat ombak yang tenang, atau Anda bisa berenang dan menyelam untuk menikmati panorama bawah laut yang menakjubkan. Anda juga bisa menikmati kuliner khas yang dijual di sana.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Entiyebo, Distrik Depapre, Cab.Jayapura, Papua.

3. Cyclops Jatuh

Air Terjun CyclopsFoto oleh Reynalrmdhn/Instagram

Jayapura juga memiliki wisata alam berupa air terjun alami, diantaranya Air Terjun Cyclops yang terletak di Pegunungan Cyclops. Untuk menuju tempat ini Anda perlu mempersiapkan fisik, karena aksesnya melibatkan bebatuan besar dan tanjakan.

Rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan alam Air Terjun Cyclop yang memesona. Air jernih yang mengalir deras di antara bebatuan dan rimbunnya pepohonan di sekeliling menambah asri suasana tempat ini.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Sereh, Kec. Sentani, Cab.Jayapura, Papua.

4. Pantai Berpasir Enam

Pantai Berpasir EnamFoto oleh Gatot Santoso / Google Maps

Terletak di Jayapura Utara, pantai ini menawarkan panorama pantai dan biota laut yang menakjubkan. Tempat ini mungkin tidak begitu terkenal di kalangan wisatawan, namun hal itu membuatnya sangat alami dan terjaga dengan baik.

Anda bisa menikmati suara debur ombak yang menerjang pasir putihnya. Jika Anda ingin bermain air, Anda bisa berenang. Jika ingin menjelajahi dunia bawah laut, Anda bisa snorkeling dengan peralatan sendiri karena tidak ada persewaan peralatan selam.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

5. Danau Sentani

Danau SentaniFoto oleh Yakobus Vega Surya Timur / Google Maps

Danau Sentani merupakan salah satu landmark kota Jayapura yang terkenal di kalangan wisatawan akan eksotismenya. Danau Sentani menawarkan suasana damai yang cocok untuk menyegarkan dan melepas penat.

Danau seluas 245 hektar ini menawarkan berbagai fasilitas untuk Anda nikmati seperti perkemahan, perlindungan alam, dan pertunjukan tradisional setempat pada waktu-waktu tertentu. Jadi, selain panorama alam yang mempesona, Anda juga bisa menikmati kearifan budaya masyarakatnya.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Distrik Sentani, Kota Jayapura, Papua.

6. Teluk Youtefa

Teluk YoutefaFoto oleh FeMz SarasVati / Google Maps

Tempat lain di Jayapura yang menawarkan keindahan alam adalah Teluk Youtefa di Abepura. Teluk Youtefa sebenarnya adalah cagar alam dan juga terbuka untuk pariwisata. Saat air laut surut, sebagian teluk akan melepaskan daratan yang bisa digunakan untuk bermain.

Teluk Youtefa memiliki warung kuliner sebagai tempat bersantai yang nyaman. Selain itu, ada banyak sudut menarik yang bisa dijadikan spot foto estetik.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Enggros, Wai Mhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

7. Danau Imfote

Danau ImfoteFoto oleh Sagita Inggriani / Google Maps

Karena bentuknya yang seperti hati, Danau Imfote juga disebut Danau Cinta oleh orang-orang. Tempat ini menjadi tempat berfoto yang sangat menarik karena menawarkan keindahan danau alami yang unik dan padang savana hijau yang luas.

Di titik ini terdapat sebuah bukit hijau yang bisa Anda daki untuk melihat keindahan danau dari atas. Di sini Anda juga bisa mencicipi kuliner khas seperti papeda yang dijual dengan harga terjangkau.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Atabar, Distrik Ebungfa, Cab.Jayapura, Papua.

8. Puncak Ifar

Puncak IfarFoto oleh Enrico Nirwan Histanto / Google Maps

Topografi Jayapura yang berupa perbukitan menjadikan kawasan ini banyak jalur puncak yang menarik. Puncak Ifar memiliki sejarah panjang pada masa Perang Dunia II dan kini digunakan sebagai Markas Besar TNI. Dari tempat ini Anda bisa melihat pemandangan pantai Jayapura.

Di kawasan Puncak Ifar terdapat Monumen Mac Arthur yang dibangun sebagai tugu peringatan untuk memperingati pertempuran Jenderal Mac Arthur dalam Perang Dunia II.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Ardipura, Kabupaten Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

9. Pantai Base-G

Pantai Base-GFoto oleh Adhi Rachdian / Google Maps

Pantai yang terletak di kawasan Jayapura Utara ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati masyarakat. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Tanjung Ria. Dari pantai ini Anda bisa merasakan momen sunrise dan sunset yang sangat eksotik.

Garis pantainya dipenuhi dengan pepohonan yang rimbun memberikan perasaan sejuk di sore hari yang panas. Di Pantai Base-G Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menyenangkan seperti berenang, memancing, menyelam atau menyewa perahu untuk berkeliling pantai.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: eh Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

10. Bukit Teletubbies

Bukit TeletubbiesFoto oleh Intan Trilestari / Google Maps

Hamparan savana yang hijau berpadu dengan birunya langit menciptakan pemandangan alam yang menakjubkan. Inilah yang akan Anda lihat di Bukit Teletubbies. Konon mendapatkan namanya karena bentuknya yang menyerupai bukit di kartun Teletubbies.

Dari atas bukit Anda bisa melihat keindahan Danau Sentani yang menakjubkan. Anda juga bisa menjelajahi area perbukitan untuk menemukan spot foto terbaik di berbagai sudut tempat.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Doyo Lama, Distrik Waibu, Cab Jayapura, Papua.

11. Sungai Biru Genyem

Sungai Biru GenyemFoto oleh Dedi Belokkiri / Google Maps

Tempat ini mungkin belum begitu terkenal di kalangan traveler karena letaknya yang jauh dari pusat kota, sekitar dua jam perjalanan. Namun Anda tidak akan bosan dengan berwisata, karena Anda akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam yang masih alami.

Sungai Biru Genyem memiliki air berwarna biru jernih dan menyegarkan. Anda akan betah berada di dalam air sambil menikmati sejuknya suasana di sekitar Anda.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Yadauw, Distrik Kaureh, Cab.Jayapura, Papua.

12. Pantai Holtekamp

Pantai HoltekampFoto oleh Flora Ronsumbre / Google Maps

Pantai Holtekamp bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang menyenangkan. Anda bisa melihat pantai berpasir putih dan pohon palem di tepi pantai yang bergoyang tertiup angin. Langit biru jernih akan menambah keindahan pantai.

Fasilitas di Pantai Holtekamp terbilang lengkap. Pada titik ini Anda akan menemukan semak-semak yang cukup lebat, yang, bagaimanapun, dapat meningkatkan nada hijau jika Anda memotretnya dari sudut yang tepat.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Holtekamp Kanpung, Holtekam, Kec. Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

13. Pantai Harlem

Pantai HarlemFoto oleh Andry Swa / Google Maps

Pantai Harlem berada tak jauh dari kawasan Taplanusu yang terkenal dengan alamnya yang eksotik. Air di pantai ini sangat jernih dan bersih karena belum tersentuh banyak bangunan. Ada berbagai spot foto menarik yang bisa dijadikan Instagram.

Pantai Harlem menawarkan keindahan bawah laut yang memukau. Jadi kalau bisa berenang dengan baik, tinggal menyelam atau snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tablasupa, Distrik Depapre, Cab Jayapura, Papua.

14. Pantai Yacoba

Pantai YacobaFoto oleh Surya Eka / Google Maps

Terletak di Jayapura Selatan, pantai ini belum begitu dikenal banyak orang meski keindahan alamnya sangat mempesona. Pantai Yacoba bisa menjadi destinasi wisata alternatif yang wajib Anda kunjungi jika ingin menjelajahi keindahan Jayapura.

Akses menuju tempat ini agak sulit karena lokasinya yang berada di kawasan tebing. Namun kesulitan selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan dan suasana pantai yang indah dan sangat alami.

harga tiket: Rp25.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Argapura, Kabupaten Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

15. Desa Skouw

Desa SkowFoto oleh Gipson Wendikbo / Google Maps

Desa Skouw disebut juga sebagai pos perbatasan negara Republik Indonesia atau daerah perbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini. Di Skow Village terdapat pagar yang membentuk perbatasan antara dua negara. Kalau menengok ke balik pagar, berarti sudah melihat ke luar negeri, yakni ke Papua Nugini.

Di tempat ini Anda juga bisa menikmati pemandangan alam Papua Nugini yang jaraknya tidak terlalu jauh. Anda dapat melihat kehidupan alien secara sekilas. Menarik kan?

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Skow Mabo, Kec. Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

16. Bukit Salib

gunung salibfoto dari Zny /Twitter

Bukit Salib terletak di kawasan tinggi Doyo Lama. Disebut Bukit Salib karena terdapat sebuah salib besar di atas bukit tersebut. Di sini pengunjung bisa menikmati udara segar yang sejuk.

Karena pemandangannya yang indah, Bukit Salib juga menjadi motif foto yang populer di kalangan anak muda. Dari atas bukit Anda dapat melihat panorama Danau Sentani, penduduk desa dan padang rumput hijau yang menyegarkan mata.

harga tiket: Rp25.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Ardipura, Kabupaten Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

Itulah 16 objek wisata di Jayapura yang bisa Anda jadikan sebagai referensi tujuan liburan atau sekedar mengisi waktu luang. Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga atau teman. Mulailah petualangan di tanah Jayapura yang mempesona!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button