Tempat Wisata

Arca Totok Kerot: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama teman atau keluarga tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Coba kunjungi salah satu tempat wisata itu yaitu Patung Totok Kerot. Patung ini terletak di Jl. Totok Kerot Bulupasar Pagu, Kabupaten Kediri, sekitar 8 kilometer timur laut Kediri. Tempat wisata ini memiliki nilai sejarah yang sangat menarik, sehingga jika anda sedang berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi tempat wisata Totok Kerot Arca ini sangat disayangkan.

Arca Totok Kerot merupakan prasasti dari zaman Raja Sri Aji di Lodaya, Kerajaan Pamenang. Namun, dulu ada seorang putri cantik dari Blitar. Saat itu, sang putri datang ke Pamenang dengan maksud meminang Joyoboyo yang terkenal kesaktiannya. Sayangnya, Joyoboyo menolak lamaran sang putri. Singkat cerita, terjadilah pertarungan hebat antara keduanya. Akhirnya, karena kalah dalam pertempuran, sang putri dikutuk oleh Joyoboyo dan diubah menjadi wanita raksasa Dwarapala. Patung besar ini dikenal sebagai Patung Totok Kerot.

Fasilitas dan akomodasi di Objek Wisata Patung Totok Kerot

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya. Fasilitas tersebut bertujuan agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke objek wisata ini. Tidak jauh dari situ terdapat tempat parkir kendaraan roda dua atau empat, sehingga Anda tidak perlu lagi pusing mencari tempat parkir. Di sekelilingnya juga terdapat restoran untuk pengunjung.

Tempat ibadah juga tidak jauh dari objek wisata ini. Baik rumah makan maupun tempat ibadah juga telah menyediakan toilet bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar. Selain berkesempatan belajar sejarah, Anda juga bisa berfoto di sekitar objek wisata ini. Karena di sekitar patung terdapat taman bunga yang membuat tampilan patung Totok Kerot semakin cantik.

Mencari foto kekinian di objek wisata Totok Kerot Arca

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Totok Kerot Arca bersama teman atau keluarga dan berfoto ria, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda dapat mengambil foto di sekitar taman atau patung. Namun sayangnya anda tidak diperbolehkan untuk menyentuh patung Totok Kerot tersebut karena pagar besi yang mengelilingi patung tersebut demi keamanan patung Totok Kerot itu sendiri.

Anda juga bisa mengambil foto pengunjung yang sedang bersantai di sekitar objek wisata, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya segera menyiapkan segala rencana atau bekal untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Patung Dewi Kwan In, Patung Keajaiban Tertinggi di Indonesia

Akses jalan menuju fasilitas wisata Patung Totok Kerot

Tentunya bagi yang ingin mengunjungi objek wisata ini perlu mengetahui lokasi dan akses jalan untuk menuju Totok Kerot Arca. Jangan sampai tersesat jika ingin ke tempat wisata ini, karena akan membuang waktu anda, karena sebenarnya akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah. Saat Anda berada di Kediri, melalui Jl. Totok Kerot, Rute atau jalan tercepat menuju lokasi Totok Kerot Arca. Silakan lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Atau bisa juga melalui Jl. Raya Kediri – Pare, merupakan jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat atau angkutan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, bukan?

Tiket masuk objek wisata Totok Kerot Arca

  • Biaya masuk: Rp 2.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Wisata Totok Kerot Arca

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Tips Liburan di Fasilitas Wisata Totok Kerot Arca

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan di area objek wisata ini agar kebersihan tetap terjaga. Jangan lupa siapkan kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Karena objek wisata ini berada di lingkungan terbuka, pastikan untuk membawa topi atau minyak krim matahari pada tubuh Anda karena cuaca sangat panas dan menyengat di siang hari. Anda juga boleh membawa bekal makanan atau minuman ringan, namun yang terpenting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan selama perjalanan.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Patung Totok Kerot, patung bukti kesaktian Sri Aji Jayabaya. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang tertera di atas. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda dan Anda menikmati liburan Anda!

Galeri foto patung Totok Kerot

Selamat datang di Patung Totok Kerot
Patung Totok Kerot
Potret pengunjung
Spot foto di bawah tangan patung
Potret Patung Pagar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button