Tempat Wisata

Air Terjun Kolam Jodoh: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kabupaten Merangin merupakan salah satu daerah di Jambi yang terkenal dengan alamnya yang indah dan terawat. Tak heran, banyak wisata alam di kawasan ini yang mempesona dan mampu memukau mata wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Match Pool yang dipercaya mampu memicu permainan bagi para pengunjungnya.

Air Terjun Kolam Korek Api diyakini tidak hanya memfasilitasi perjodohan, tetapi juga mewakili air terjun yang eksotis. Air terjun mungil dengan kolam kecil di bawahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana asri dan rindang yang tercipta berkat pepohonan membuat tempat ini terlihat menakjubkan.

Air Terjun Kolam Jodoh

Secara administratif, air terjun Match Pool berada di Desa Biuku Tanjung, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Jarak dari Kota Bangkok pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 20 kilometer yang bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor dalam waktu sekitar 15-30 menit. Air terjun ini juga sangat dekat dengan Teluk Wang Sakti yang sering digunakan untuk arung jeram.

Selama perjalanan, pengunjung akan dihadapkan pada jalanan berkelok-kelok penuh tikungan ekstrim. Tak heran, karena jalur ini merupakan jalur menuju Kerinci yang notabene merupakan daerah pegunungan.

Keajaiban air terjun match pool

Wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga sebelum mencapai air terjun. Memang perjalanan ini cukup melelahkan, namun wisatawan ditemani rindangnya pepohonan hijau di kiri kanan tangga, sehingga suasananya cukup asri untuk melepas penat. Semakin jauh menuruni tangga, semakin jelas terdengar suara gemericik air terjun.

Sesampainya di lokasi, pengunjung bisa langsung terjun ke kolam berisi air. Air di Air Terjun Jodoh Pool terbilang jernih dan segar. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun ini tidak terlalu tinggi dan lebih mirip air terjun mini. Meski kecil, air terjun ini tetap menarik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Air Terjun Kolam Jodoh

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air terjun kolam korek api ini sudah diwariskan secara turun-temurun dan dipercaya mampu untuk memudahkan perjodohan bagi seluruh pengunjung. Tak heran jika banyak anak muda yang datang dan berharap bisa segera ditemukan jodohnya. Asal usulnya masih belum diketahui hingga saat ini, namun banyak yang telah membuktikan kebenarannya.

Air Terjun Kolam Jodoh masih menjadi bagian dari Geopark Merangin dan letaknya sangat dekat dengan Teluk Wang Sakti. Para pecinta arung jeram biasanya menyempatkan diri singgah di sebuah air terjun untuk bersantai setelah mengarungi derasnya sungai. Entah sekedar menikmati panorama atau mandi di segarnya air kolam.

Banyak bebatuan besar yang terlihat di sekitar air terjun menambah keindahan pemandangannya. Selain itu, kehadiran pepohonan hijau di kawasan tersebut menciptakan suasana yang sangat asri dan alami. Tempat wisata ini juga sangat cocok dikunjungi untuk menikmati kumpul keluarga di akhir pekan atau hari libur.

Selain itu, setelah menikmati keindahan Air Terjun Match Pool, wisatawan dapat melakukan rakit atau berkano mengelilingi Sungai Batang Merangin. Berhenti di Teluk Wang Sakti juga bisa menjadi alternatif menarik. Wisatawan bisa menikmati indahnya panorama Teluk Wang Sakti dengan bersantai di paviliun yang disediakan.

Fasilitas air terjun Jodoh Pool

Air Terjun Kolam Jodoh dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Wisatawan akan menemukan fasilitas seperti toilet, tempat parkir, dan musala untuk beribadah. Selain itu, juga dibangun jembatan penghubung untuk melintasi Sungai Batang Merangin di lokasi ini. Sebelumnya, jembatan ini belum ada sehingga pengunjung harus menyewa sampan untuk menyeberanginya.

Terdapat juga paviliun di Teluk Wang Sakti tempat Anda dapat bersantai dan menikmati keindahan alam. Pengunjung juga bisa menyewa perahu atau kano untuk berkeliling sungai. Dengan harga terjangkau, wisatawan dipandu menuju tempat-tempat mempesona tempat wisata tersebut.

Masih belum ada penjual makanan atau minuman di lokasi Air Terjun Kolam Jodoh dan Teluk Wang Sakti. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah bekal jauh-jauh hari untuk melepas dahaga saat mengunjungi tempat wisata. Ada beberapa hotel dan penginapan di Kota Bangkok dimana wisatawan bisa menginap.

Baca juga: Air Terjun Dukun Betuah, air terjun eksotis yang penuh cerita mistis

Mengunjungi air terjun Jodoh Pool bisa menjadi alternatif wisata seru di Kabupaten Merangin. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di air terjun ini.

Menikmati keindahan air terjun

Jika Anda sedang berada di Air Terjun Match Pool, Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini sambil mandi dan bermain air. Airnya cukup jernih dan dingin, rasa dinginnya mampu menyegarkan badan, dan rasa lelah akan langsung hilang. Anda juga bisa merasakan derasnya air yang jatuh dengan berdiri tepat di bawah air terjun.

Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk anak muda yang ingin cepat menaklukan hati seorang kekasih. Selain kepercayaan masyarakat terhadap air terjun kolam korek api, wisatawan juga tidak bisa berharap sepenuhnya karena jodoh masih ada di tangan penciptanya. Namun tidak ada salahnya mencoba dan berwisata selain menikmati panorama alam air terjun ini.

berburu foto

Anda juga bisa mengabadikan keindahan air terjun dengan kamera. Selain air terjun ini, masih banyak objek di sekitar yang bisa Anda foto, seperti Teluk Wang Sakti dan Sungai Batang Merangin. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai fotografi dan sering berfoto di tempat wisata alam.

Tak ketinggalan: Anda juga bisa mengambil foto selfie dan mengunggahnya ke akun media sosial pribadi Anda. Ada banyak objek yang bisa dijadikan background foto, seperti: B. Air Terjun, Teluk Wang Sakti atau bisa juga berfoto di jembatan dan pendopo. Tempat ini sangat instagrammable dan juga merupakan lokasi yang bagus untuk pemotretan pre-wedding.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Biaya masuk untuk perjodohan kolam air terjun

  • Biaya masuk : Rp 15.000/orang (tidak termasuk parkir kendaraan)

(Diperbarui Agustus 2023)

Sesuai jam buka tambak air terjun

Belum ada informasi mengenai jam buka wisata Air Terjun Jodoh ini, namun Anda bisa mengunjunginya pada pagi hari untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga tercinta.

Peta lokasi air terjun Kolam Korek Api

Tips Wisata Mencocokkan Air Terjun Pool

  • Hati-hati dalam perjalanan menuju air terjun karena jalannya berkelok-kelok dan banyak tikungan tajam.
  • Hati-hati menuruni tangga dan istirahatlah jika merasa lelah.
  • Lebih baik memakai sepatu yang kokoh atau sepatu yang nyaman karena menaiki tangga ini cukup berat.
  • Jangan lupa membawa baju ganti serta bekal makanan dan minuman.
  • Jika Anda menyukai olah raga menantang, Anda bisa mencoba arung jeram di Sungai Batang Merangin.
  • Ikuti aturan yang berlaku dan pertahankan perilaku Anda di air terjun ini.
  • Jagalah kebersihan air terjun dan jangan membuang sampah ke kolam atau sungai.
  • Wisatawan harus berkontribusi terhadap kelestarian alam dengan tidak merusak keindahannya.
  • Sebelum berangkat doakan semoga perjalanan dan liburan anda lancar tanpa hambatan sedikitpun.

Galeri Foto Air Terjun Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh
Keajaiban kolam di bawah air terjun
Potret keindahan air terjun

berburu foto
Nikmati keindahan air terjun dan kolam sekaligus
Akses jalan menuju kolam air terjun perjodohan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button