Tempat Wisata

Air Terjun Muara Karing: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kabupaten Merangin merupakan kawasan yang menawarkan pesona geowisata atau sering disebut sebagai Geopark. Selain berbagai fosil berusia ratusan tahun, di kawasan ini juga terdapat beberapa air terjun cantik. Seperti air terjun Muara Karing yang menawarkan panorama mempesona di tengah hutan belantara.

Bebatuan hitam berjenjang yang tersapu air jernih menjadi fenomena alam di tengah hutan lebat. Air Terjun Muara Karing juga memiliki perosotan alami yang sering digunakan wisatawan untuk bermain air. Meski lokasinya cukup terpencil, namun air terjun ini sangat populer dan selalu dibanjiri pengunjung dari dalam dan dalam kota.

Air Terjun Muara Karing

Secara geografis Air Terjun Muara Karing terletak di Desa Merkeh, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi. Dari Kota Bangkok, air terjun ini memiliki panjang sekitar 25 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit hingga satu jam. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, namun disarankan menggunakan sepeda motor untuk kemudahan akses.

Setelah sampai di pemukiman warga, wisatawan harus melanjutkan perjalanan berkendara melewati perkebunan kelapa sawit dan hutan. Jalur menuju air terjun masih berupa tanah berwarna merah dan jika musim hujan akan sangat sulit untuk dilalui. Wisatawan dapat mengakses air terjun dengan berjalan kaki maupun menggunakan sepeda motor. Jalannya cukup menantang dengan beberapa turunan yang cukup curam.

Keajaiban air terjun Muara Karing

Sesampainya di lokasi air terjun, fenomena air terjun yang eksotis menanti Anda dengan bebatuan dan pepohonan hijau yang mengelilinginya. Pengunjung juga bisa asyik mandi, bermain air, dan merasakan jernihnya air dengan duduk tepat di bawah gemericik air terjun. Seketika itu juga saya merasa lelah karena perjalanan yang berat menuju air terjun.

Air Terjun Muara Karing memang cukup unik. Terdapat bebatuan sungai yang berbentuk seperti pesawat sehingga terlihat sangat menawan. Pengunjung juga bisa duduk di atas batu karang ini dan menikmati gemericik air terjun. Pembuangan air yang tidak begitu besar cukup ramah dan aman untuk anak-anak.

Air Terjun Muara Karing

Namun limpasan air yang ada juga dipengaruhi oleh cuaca, pada musim hujan limpasan air akan semakin besar dan pada musim kemarau batu-batuan yang terlihat dipermukaan semakin banyak. Air Terjun Muara Karing terletak di dekat Sungai Batang Merangin yang airnya cukup deras. Sungai Batang Merangin juga biasa digunakan untuk arung jeram.

Selain itu, terdapat perosotan alami yang terbentuk dari bebatuan di Air Terjun Muara Karing. Perosotan ini juga memiliki aliran air sehingga cukup licin dan populer untuk bermain air. Saat bermain perosotan ini, jenazah digendong dari atas air terjun hingga ke tepian sungai. Sangat seru dan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga dan teman.

Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami dengan air yang segar dan jernih. Kolam ini memiliki kedalaman kurang dari satu meter dan bisa menjadi tempat berenang yang mengasyikkan. Airnya yang jernih dan segar dipadukan dengan alam yang asri seolah menjadikan tempat ini sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Merangin.

Di bebatuan sungai, wisatawan dapat menemukan fosil tanaman, kerang, dan hewan yang membatu. Menurut penelitian, banyak fosil yang ditemukan di Geopark Merangin, dan fosil ini dikatakan berumur sekitar 300 juta tahun. Konon kawasan ini dulunya merupakan pantai purba yang dibanjiri lahar dan mengalami proses geologis dalam waktu yang lama.

Fasilitas air terjun Muara Karing

Sayangnya, keindahan Air Terjun Muara Karing tidak sesuai dengan fasilitas yang ada. Wisatawan tidak akan menemukan kamar mandi atau mushola di sekitar air terjun ini. Fasilitas ini hanya dapat ditemukan di pemukiman terdekat. Kondisi jalan menuju air terjun juga belum tersentuh pembangunan dan masih berupa tanah merah yang sulit dilalui setelah hujan turun.

Warga sekitar memberikan pemandu untuk menemani wisatawan agar tidak tersesat dalam perjalanan menuju air terjun. Selain itu, tidak ada pedagang atau warung yang menjual makanan dan minuman di lokasi air terjun. Oleh karena itu, sebaiknya pengunjung membawa perbekalan terlebih dahulu atau membelinya di pemukiman warga.

Baca juga: Air Terjun Kolam Jodoh, destinasi wisata yang cocok untuk para jomblo

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota dan ingin bermalam, tersedia beberapa hotel yang disewakan di Kota Bangkok. Selain itu, warga biasanya juga bersedia menyewakan rumahnya sebagai tempat tinggal. Untuk harga sewa, wisatawan bisa langsung menghubungi pemilik rumah.

Berwisata ke air terjun Muara Karing bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas di air terjun yang bisa dilakukan wisatawan.

Menikmati keindahan air terjun

Berwisata ke Air Terjun Muara Karing, Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang sangat eksotik dan kealamiannya tetap terjaga. Anda bisa bersantai di pinggir air terjun sambil mendengarkan gemericik air menciptakan suasana tenang di tengah hutan belantara. Pepohonan yang hijau rindang turut menghiasi panoramanya.

Namun rugi rasanya jika hanya berdiam diri dan tidak bermain-main di jernihnya air terjun ini. Anda dapat bermain slide dan bersenang-senang dengan teman. Selain itu, setelah menempuh perjalanan jauh, Anda bisa menyegarkan diri dengan mandi air tawar untuk merilekskan tubuh. Tak ketinggalan: Anda juga bisa melihat berbagai fosil flora dan fauna yang sangat unik dan berusia ratusan juta tahun.

berburu foto

Keindahan Air Terjun Muara Karing seakan menjadi obyek yang wajib dilewatkan. Bagi Anda yang hobi fotografi, Anda bisa menekuni hobi tersebut dengan memotret panorama air terjun ini. Anda dapat mengabadikan objek seperti bebatuan sungai dan air terjun yang indah dalam sebuah karya seni fotografi.

Air terjun Muara Karing juga menjadi background yang sangat bagus untuk selfie. Dengan latar belakang air terjun yang mengalir deras ini, banyak anak muda yang asyik fotografi. Selain itu, Anda juga bisa berfoto sambil bermain di seluncuran alami. Namun, pastikan Anda menggunakan kamera tahan air karena cipratan air dapat merusak kamera Anda.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Biaya masuk Air Terjun Muara Karing

  • Biaya masuk : Rp 10.000/orang (tidak termasuk parkir kendaraan)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Air Terjun Muara Karing

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Peta Air Terjun Muara Karing

Tips Berwisata ke Air Terjun Muara Karing

  • Sebaiknya gunakan kendaraan bermotor agar perjalanan ke sana lebih nyaman dan cepat.
  • Jika Anda belum pernah ke air terjun, sebaiknya menyewa pemandu agar tidak tersesat.
  • Berhati-hatilah saat menuju air terjun karena Anda akan menghadapi medan yang cukup ekstrim.
  • Jangan lupa membawa makanan dan pakaian ganti.
  • Kenakan sepatu yang nyaman untuk memudahkan perjalanan Anda.
  • Jangan terlalu dekat dengan Sungai Batang Merangin karena aliran sungainya cukup deras dan berbahaya.
  • Wisatawan perlu menjaga kebersihan, dan yang terbaik adalah membawa kembali sampah makanan yang dibawa.
  • Wisatawan wajib menjaga kelestarian air terjun dan tidak merusak segala keindahan dan perlengkapannya.
  • Doakan semoga liburan anda selalu lancar dan tidak ada kendala.

Galeri foto Air Terjun Muara Karing

Air Terjun Muara Karing
berburu foto
Mandi di bawah air terjun
Berburu foto romantis
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button