Tempat Wisata

Wisata alternatif Pantai Marunda memecahkan penat kota

Wisata alternatif Pantai Marunda memecahkan penat kota

Biaya masuk ke Pantai Marunde : Parkir Rp 5.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14150.

Pantai Marunda salah satu pantai wisata di utara jakarta. Menawarkan pemandangan Laut Jakarta dan kawasan hutan bakau. Merupakan pilihan yang sangat cocok untuk menghilangkan penatnya kehidupan kota besar.

Tidak seperti kebanyakan pantai di pesisir, tidak ada pasir di sini. Garis pantai terdiri dari batuan dan beton sebagai penahan abrasi dan gelombang pasang. Di kawasan ini, pengunjung tetap juga melakukan berbagai aktivitas. Cara bersantai dan menikmati matahari terbenam.

Tiket masuk ke Pantai Marunda

Berwisata ke Pantai Marunda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena tiket masuknya tidak dipungut biaya alias gratis. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir kendaraannya.

tiket parkir
Kendaraan parkir Rp5.000

Baca: Tiket Pantai Ancol Jakarta & 5 Aktivitas Seru

jam buka

Kawasan Pantai Marunda buka setiap hari selama sehari penuh. Padahal, belum ada pelaksanaan operasional, sehingga pengunjung bisa datang ke sini. Namun waktu terbaik untuk datang ke sini adalah sore hari dari jam 4 pagi sampai jam 6 pagi karena Anda bisa menghindari terik matahari sambil menikmati sunset.

daya tarik

Padahal, kawasan sekitar pantai ini bukanlah pantai terbaik. Tapi itu cukup untuk bersantai dari hiruk pikuk kota metropolitan. Kawasan ini masih tergolong sepi dan terdapat fasilitas yang memadai. Bagi yang berencana ke sini, berikut beberapa atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan.

Area pantai berpagar beton

Pantai MarundaTanggul dan tetrapoda di tepi Pantai Marunda. Foto: Google Maps/Petanesia Nusantara

Pantai Marunda berbeda dengan pantai lainnya karena tidak memperlihatkan garis pantai berpasir. Ada bendungan beton pengaman di tepi pantai. Bendungan ini dilengkapi dengan tetrapoda yang berfungsi sebagai pemecah gelombang. Itu membuat struktur pantai ini cukup kuat untuk mengurangi risiko abrasi.

hutan mangrove

Hutan mangrove di Pantai MarundaHutan mangrove di pantai Marunda. Foto: Google Maps/Bagas Kresno Fathurrachman

Tidak jauh dari pantai terdapat hutan bakau. Hutan mangrove ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas air dari limbah pantai. Kawasan hutan ini juga merupakan tempat yang menarik. Namun lokasi hutan bakau dapat ditemukan jika pengunjung berjalan ke timur menyusuri lereng curam.

Kawasan hutan mangrove di Pantai Marunda juga sering dijadikan tempat edukasi. Selain itu, kawasan hutan ini bisa menjadi tempat berteduh dari terik matahari di pantai. Tak sedikit pula wisatawan yang menjadikan hutan mangrove sebagai lokasi foto.

Baca: Tiket & Kegiatan TOUR MANGROVE Jakarta

Menikmati sunset di Pantai Marunda

Menunggu sunset di Pantai MarundaMenunggu sunset di pantai. Foto: Google Maps / Dunia Agustiano

Tak perlu ragu lagi, pantai memang menjadi destinasi yang tepat untuk menyaksikan sunset. Tidak terkecuali Pantai Marunda, wisatawan datang sebelum jam 6 sore untuk menunggu sunset. Banyak juga pengunjung yang mengabadikan momen sunset dengan kamera ponsel mereka. Pemandangan laut di sekitar pantai saat senja cukup eksotis.

Sambil menunggu sunset, pengunjung bisa nongkrong santai di tanggul. Ada juga spot khusus yang sering digunakan untuk berenang atau berendam. Masih banyak jenis aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung sambil menunggu sunset, seperti bersepeda. Pada akhir pekan atau hari libur, kawasan sekitar pantai akan semakin ramai.

Pemandangan kapal dan perahu nelayan

Pemandangan pantai MarundePemandangan perahu dan perahu nelayan. Foto: google maps/Fahroji 1989

Dari pantai ini pengunjung dapat dengan jelas mengamati aktivitas kapal besar dan kecil yang lalu lalang. Sebagian besar kapal tersebut memiliki rute menuju pelabuhan Tanjung Priok. Ada juga pangkalan kapal nelayan di pantai, beristirahat di laut. Pada umumnya nelayan yang tinggal di Marunda melaut pada sore atau malam hari.

tempat memancing

Banyak yang datang ke Pantai Marunda untuk memancing. Spot mancing favorit biasanya di pantai atau jembatan bambu yang menjorok ke laut. Pengunjung hanya perlu membawa kail dan umpan sendiri lalu memancing di tepian. Anda juga bisa memancing di tengah laut dengan menyewa perahu.

Jangan khawatir jika ingin memancing tapi tidak memiliki peralatannya. Karena ada persewaan alat tangkap di dekat pantai. Lokasi tepatnya di Jalan Kp. Marunda Kepu No.rt 08/07. Penyewaan peralatan memancing buka sepanjang hari setiap hari Minggu dan Senin.

Sewa perahu di Pantai Marunda

Sewa perahu di pantai MarundeSewa perahu di Pantai Marunda. Foto: Google Maps/Jonas Elroy Aditama

Masih di Jalan Kp. Marunda Kepu yang tidak jauh dari pantai tempat penampungan menyewa perahu. Base camp juga menjadi tempat pertemuan para pemancing. Jika memancing bukan hobi Anda, pengunjung dapat menyewa perahu untuk berlayar di sekitar pantai. Kegiatan ini akan memberikan hiburan bagi pengunjung.

Berbagai makanan ringan di pantai

Pengunjung dapat menikmati kuliner di pinggir pantai sambil melihat panorama laut. Karena banyak warung yang menawarkan menu yang berbeda-beda. Mulai dari makanan ringan seperti pasta hingga menu seafood seperti ikan bakar. Untuk minuman, wisatawan bisa membeli kopi panas, es teh dan minuman lainnya.

Dekat Masjid dan Museum Sejarah

Pantai Marunda berada di dekat tempat ibadah bernama Masjid Al Alam Marunda. Terletak tepat di pantai, itu adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Tempat wisata yang tak kalah menarik adalah cagar budaya “Rumah Si Pitung”. Jaraknya hanya sekitar 3 menit atau 650 meter dari Pantai Marunda.

Akses ke pantai Marunda

Di tempat parkir, wisatawan akan disambut dengan pemandangan kolam yang luas. Jika Anda melihat ke kiri dan ke kanan, semuanya adalah air kolam. Di tempat parkir, pengunjung bisa melihat kios-kios.

Kemudian, di sebelah tribun terdapat pintu masuk ke kawasan pantai. Akses ke pantai melalui jembatan bambu di atas kolam. Jembatan bambu itu terlihat begitu kokoh dan cukup besar.

Perabot

Sebenarnya tidak banyak fasilitas yang tersedia. Hanya tersedia toilet dan tempat parkir. Lalu ada juga masjid yang tidak jauh dari pantai.

Lokasi Pantai Marunda

Pantai ini terletak di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Jika Anda tidak memiliki mobil, Anda dapat menggunakan transportasi umum untuk sampai ke sana. Turun di Terminal Tanjung Priok di depan Rusun Marunda lalu berjalan menuju pantai.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button