Tempat Wisata

Air Terjun Segerincing: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Di luar dugaan, Kabupaten Merangin mempunyai potensi wisata besar yang belum tergarap secara maksimal. Keindahan alamnya tak kalah dengan Kerinci yang sudah terkenal di dunia pariwisata. Terdapat berbagai wisata alam menarik di kawasan ini, seperti Air Terjun Segerincing yang menjadi salah satu destinasi wisata di Merangin.

Suasana alam yang asri, jauh dari hiruk pikuk keramaian menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini. Pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah, Air Terjun Segerincing menjulang tinggi disertai suara gemericik air yang jatuh. Deretan rerimbunan pepohonan yang hijau semakin mempercantik wajah air terjun ini.

Air Terjun Segering

Secara administratif, Air Terjun Segerincing terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasinya berjarak sekitar 75 kilometer dari Kota Bangkok dan dapat ditempuh sekitar dua jam perjalanan. Wisatawan tidak perlu bingung karena ada beberapa pilihan angkutan umum dan travel yang bisa digunakan untuk menuju lokasi air terjun.

Sesampainya di desa Tuo, Anda harus melanjutkan perjalanan melalui jalan berkerikil. Memang cukup ekstrim jika mengendarai mobil, namun jika wisatawan menggunakan sepeda motor maka jalan ini dapat dengan mudah dilewati. Bagi yang datang menggunakan mobil dapat terlebih dahulu memarkir mobilnya di kawasan pemukiman kemudian berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

Pesona air terjun Segerincing

Sebelum pengunjung mencapai lokasi lokasi Air Terjun Segerincing, pengunjung harus menuruni tangga beton. Tangga ini cukup licin karena banyak ditumbuhi lumut sehingga wisatawan perlu waspada dan berhati-hati. Selain itu, terdapat jalan beton dengan kemiringan hingga 45 derajat yang harus dilalui wisatawan.

Air Terjun Segerincing memiliki ketinggian hingga 70 meter dan pancuran selebar 6 meter. Sesampainya di air terjun, segala penat seakan hilang dan tergantikan oleh keceriaan. Di bawah air terjun ini mengalir sungai dengan air jernih dan kedalaman sekitar setengah meter yang bisa digunakan untuk mandi.

Air Terjun Segering

Saking tingginya air terjun tersebut, terciptalah semacam riak air yang menyerupai embun disekitarnya, dengan radius hingga 50 meter. Percikan air ini tercipta karena air yang jatuh menghantam bebatuan sungai yang juga terlihat seperti asap. Fenomena ini sangat menarik dan menjadi pemandangan yang mampu memanjakan mata.

Keindahan air terjun ini nampaknya semakin lengkap, dengan kondisi alam yang masih terjaga dan lestari. Anda bisa melihat banyak pepohonan hijau tumbuh, namun juga tebing-tebing menjulang yang juga penuh dengan tumbuhan. Wisatawan akan benar-benar dimanjakan dengan panorama yang disuguhkan dan akan betah berada di air terjun ini.

Bebatuan sungai dengan berbagai ukuran turut menghiasi keindahan Air Terjun Segerincing. Di batu karang ini pengunjung bisa bersantai dan menikmati keindahan alam. Bersantai sejenak, lupakan aktivitas sehari-hari dan hirup udara segar.

Air terjun ini bersumber dari Sungai Siau yang bersumber di Gunung Masurai dan memiliki air yang sangat jernih. Saking jelasnya, wisatawan bisa langsung meminumnya tanpa direbus terlebih dahulu. Di sini wisatawan juga akan menemukan berbagai ikan yang berenang bebas yang terlihat jelas dari permukaan.

Anehnya, air terjun Segerincing masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Hanya sekitar 10 hingga 20 orang yang datang setiap hari. Saat libur lebaran atau libur panjang, pengunjung baru akan berdatangan ke tempat wisata ini. Namun hal ini justru menjadi nilai tambah karena suasananya yang tenang dan bebas dari keramaian.

Fasilitas air terjun Segering

Karena tidak adanya perhatian pemerintah daerah terhadap Air Terjun Segerincing, maka fasilitas yang ada masih sangat buruk. Bahkan jalan menuju air terjun masih belum sempurna dan belum diperbaiki. Fasilitas seperti ruang ganti, kamar mandi, dan musala di sekitar air terjun belum dibangun.

Membawa bekal dari rumah sepertinya menjadi sebuah keharusan ketika berkunjung ke Air Terjun Segerincing. Sebab masih sulitnya menemukan warung dan penjual makanan di lokasi air terjun. Namun di Desa Tuo terdapat beberapa warung dimana wisatawan juga bisa membeli bahan makanan.

Baca juga: Air Terjun Muara Karing, keajaiban air terjun dengan seluncuran alami

Menurut laporan, sebuah vila akan dibangun di dekat air terjun, namun belum selesai. Akomodasi terdekat ada di Kota Bangkok. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota terdapat beberapa hotel dan penginapan. Alternatifnya, wisatawan dapat mendirikan tenda dan berkemah di dekat air terjun.

Mengunjungi Air Terjun Segerincing menjadi salah satu alternatif wisata yang menarik untuk dikunjungi selama berada di Kabupaten Merangin. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun.

Menikmati keindahan air terjun

Pecinta air terjun bisa berkunjung ke Air Terjun Segerincing ini. Air terjun ini sangat eksotis dan mempesona, dengan ketinggian 70 meter dan Anda bisa merasakan percikan airnya saat berada di dekatnya. Selain itu, airnya sangat jernih, Anda bisa mandi dan bermain air untuk menyegarkan tubuh setelah menempuh perjalanan jauh.

Suasananya sangat menenangkan, dengan barisan pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk. Anda bisa bersantai dengan duduk di bebatuan sungai dan menikmati suasana alam yang cukup berbeda dengan suasana kota. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau orang tercinta.

berburu foto

Keindahan air terjun ini juga sangat cocok dijadikan tujuan wisata jika Anda gemar berburu foto, terutama untuk mengabadikan panorama alam. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar air terjun dan mencari tempat serta pemandangan menarik untuk berfoto. Jika beruntung, Anda juga bisa memotret pelangi yang tercipta dari cipratan air yang jatuh.

Air Terjun Segerincing juga bisa menjadi lokasi pemotretan prewedding. Tentunya jika Anda melakukan pemotretan outdoor sebelum pernikahan, akan sangat menarik dan berkesan. Selain itu, selfie juga bisa dilakukan bersama teman dan orang terdekat. Tempat ini sangat menarik dan cocok untuk anda yang suka memposting foto di Instagram.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Air Terjun Segering

Biaya masuk air terjun

  • Biaya masuk: Rp5.000 hingga Rp10.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Air Terjun Segering

Tips Wisata ke Air Terjun Segeringing

  • Sebelum berencana datang ke air terjun, sebaiknya perhatikan cuaca terlebih dahulu dan jangan serta merta datang jika cuaca tidak mendukung.
  • Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua atau perlu menggunakan mobil roda dua untuk menuju lokasi air terjun ini.
  • Wisatawan harus membawa makanan dan minuman karena tidak ada penjual di sekitar air terjun.
  • Jangan lupa membawa baju ganti karena rugi jika hanya berdiam diri dan tidak menikmati kesegaran air terjun ini.
  • Jaga kebersihan dan sebaiknya ambil kantong plastik sebagai tempat sampah.
  • Jagalah selalu keutuhan alam dan jangan pernah merusak keindahan ciptaan Tuhan.

Galeri Foto Air Terjun Segerincing

Air Terjun Segering
Spot foto di bawah air terjun
Potret pengunjung
berburu foto
Menikmati keindahan Air Terjun Segeringing

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button