Tempat Wisata

Air Terjun Citiis: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pesona wisata Garut terbukti layak untuk dikunjungi wisatawan. Sebagai salah satu daerah di Jawa Barat, Garut juga menampilkan keindahannya melalui berbagai tempat wisata yang dimilikinya. Kini, wisatawan petualang bisa mencoba salah satu destinasi tersebut.

Air Terjun Citiis Siapa yang tidak kenal dengan wisata air terjun yang satu ini? Tentunya sebagai seorang petualang yang hobi menjelajah, objek wisata dengan Air Terjun Garut ini sudah tidak asing lagi. Curug Citiis adalah air terjun yang berada di kaki Gunung Galunggung, Garut, Jawa Barat.

Belum terjamahnya wisata ini oleh masyarakat, namun tetap tidak menyurutkan wisatawan untuk mengunjungi wisata air terjun di Garut ini dan menikmati keindahannya.

Fasilitas di Air Terjun Citiis

Letaknya yang berada di kaki Gunung Galunggung memberikan akses ke tempat-tempat yang masih sulit dijangkau, sehingga beberapa fasilitas hampir tidak ada di tempat wisata. Pengunjung yang ingin menikmati Air Terjun Curug Citiis Galunggung tidak mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat dan umumnya harus bersusah payah mendaki gunung dan membelah hutan lebat.

Meski belum tersedia fasilitas yang memadai, tidak menghalangi Anda untuk datang dan menikmati wisata Garut ini. Di sana Anda bisa menikmati keindahannya atau sekadar berenang di bawah air terjun yang menyegarkan. Udara sejuk, suasana tenteram, dan pemandangan hijau alami menjadi beberapa fasilitas alam terbaik yang bisa Anda nikmati.

Sejarah Air Terjun Citiis

Tak hanya keindahannya yang menarik untuk disimak, lokasi Air Terjun Citiis di Garut sendiri menyimpan segudang cerita yang masih digemari masyarakat. Menurut warga sekitar, lokasi air terjun ini sebenarnya sedikit angker dengan cerita mistis yang mereka yakini.

Konon lokasi air terjun ini sering digunakan sebagai tempat pertemuan raja-raja besar Bumi Pasundan pada masa lampau. Para raja sengaja memilih tempat ini karena terpencil dan sulit ditemukan. Selain itu, lokasi air terjun juga sering digunakan oleh raja-raja sebagai tempat meditasi untuk mencapai kesaktian.

Namun versi lain menceritakan cerita berbeda. Konon air terjun ini juga sering digunakan oleh para dukun bersalin sebagai tempat pembuangan bayi yang diaborsi. Seringkali para pengunjung yang datang ke Curug Citiis Garut mendengar suara-suara aneh bayi.

Meski terdapat dua cerita mistis dibalik keindahannya, namun niat wisatawan adalah untuk bisa menikmati keindahan panorama air terjun ini. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan cerita yang beredar di masyarakat, tentunya dengan niat yang baik maka hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

Berburu foto di air terjun Citiis

Letak air terjun yang masih sulit diakses tidak menghalangi wisatawan untuk menikmati keindahan panorama Air Terjun Citiis Garut di Jawa Barat. Tempatnya masih terpencil dan dikelilingi hutan yang sangat lebat sehingga memang membutuhkan tenaga ekstra untuk menuju kesana.

Namun jangan salah, keindahan tempat wisata di Garut ini sangat cocok untuk Anda berburu foto. Tidak hanya di destinasi wisata air terjun saja, namun dalam perjalanan menuju air terjun juga bisa menjadi spot foto terbaik dengan hasil yang maksimal.

Air terjun ini masih dikelilingi hutan belantara, dengan pemandangan hijau yang masih sangat asri, sekaligus airnya yang begitu jernih mampu menambah keindahan tersendiri pada foto yang Anda ambil. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka berburu foto untuk menemukan sendiri keindahan beberapa tempat wisata yang ada.

Akses menuju lokasi Air Terjun Citiis

Jika Anda datang dari Jakarta atau Bandung, silakan ambil jalur menuju Kota Garut. Situs tersebut terletak di Desa Pesawahan, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Anda bisa langsung mengambil jalur menuju kecamatan Tarogong. Setelah itu anda bisa berjalan lurus hingga menemui SPBU Tanjung dimana anda akan disambut oleh gerbang masuk menuju air terjun.

Untuk menuju air terjun, pengunjung biasanya dapat menitipkan kendaraannya kepada warga sekitar. Setelah itu, Anda harus melewati tambang batu pasir dan menaiki truk pasir yang melewati area tersebut.

Selain berkesempatan menghemat energi, Anda juga mendapat keamanan. Lanjutkan perjalanan dengan trekking melewati tebing terjal menuju kaki Gunung Galunggung hingga menemukan lokasi air terjun. Biasanya ada warga sekitar yang bisa membantu mencari lokasi air terjun.

Biaya masuk ke air terjun Citiis

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka kota Curug

Tips berlibur di air terjun Citiis

Tips Liburan di Curug Citiis Gunung Guntur : Sebaiknya persiapkan kondisi fisik sebaik mungkin. Lokasinya masih sulit dijangkau sehingga pengunjung harus berusaha ekstra untuk sampai ke lokasi air terjun.

Bawalah perlengkapan tambahan, mis. B. Perbekalan makanan dan minuman, obat-obatan bila diperlukan, jaket, baju ganti, penerangan, perlengkapan camping bagi anda yang ingin menginap di lokasi dan masih banyak lagi. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan anda di Air Terjun Citiis Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Ini adalah catatan perjalanan Air Terjun Citiis Guntur di Garut, Jawa Barat. Meski akses menuju tempatnya agak sulit, namun wisata ini bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan dan menambah pengalaman seru dalam liburan Anda.

Galeri Foto Air Terjun Citiis

Potret air terjun Citiis
Berburu foto di bawah air terjun
Potret turis asing di air terjun Citiis
Keindahan air terjun Citiis
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button