Tempat Wisata

Air Terjun Citiis, keajaiban alam eksotik penuh mistisisme di Garut

Air Terjun Citiis, keajaiban alam eksotik penuh mistisisme di Garut

Curug Citiis, keajaiban alam yang eksotik dan mistis di Garut, mengajak pengunjung merasakan pesona keajaiban alam dan suasana mistis yang menyelimuti kawasan sekitarnya.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pasawahan, Kab. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Salah satu tempat wisata alam di Indonesia yang juga sangat populer di luar negeri adalah air terjun yang dalam bahasa Sunda disebut Curug. Di Kabupaten Garut sendiri terdapat sebuah air terjun indah bernama Curug Citiis dengan alam yang sangat indah penuh dengan pepohonan.

Karena letaknya yang berada di kaki Gunung Galunggung Jawa Barat, banyak tumbuh pepohonan di sekitar air terjun indah ini. Kehadiran pepohonan ini juga membuat udara terasa sejuk dan menyegarkan dan sangat cocok dijadikan tempat bersantai.

Selain keindahannya yang menakjubkan, tempat wisata Curug Citiis juga menyimpan sejarah mistis. Menurut kepercayaan warga setempat, lokasi air terjun indah ini merupakan tempat para bidan zaman dahulu membuang jenazah bayi. Ada pula yang meyakini bahwa tempat ini merupakan tempat bertemunya raja-raja Bumi Pasundan.

Daya tarik air terjun Citiis

Objek wisata air terjun Citiisfoto dari Temukan Garut di Twitter

Keajaiban air terjun

Daya tarik utama dari Curug Citiis jelas terletak pada air terjunnya yang dengan ketinggiannya yang cukup tinggi serta tebing batu di sisi kiri dan kanannya akan memukau siapapun dengan keindahannya.

Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian ke bebatuan di bawahnya juga memberikan rasa tenang tertentu.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Hutan disekitarnya

Kita lanjutkan ke objek wisata berikutnya yaitu hutan di sekitar air terjun dengan banyak pepohonannya. Pepohonan tersebut bahkan menghalangi sinar matahari sehingga membuat udara di sekitar tempat wisata alam ini terasa sejuk dan menyegarkan meski berkunjung pada siang hari.

baskom air

Selanjutnya terdapat kolam air tepat di bawah air terjun yang indah. Kolam ini sering digunakan wisatawan untuk bermain air atau sekedar mencuci muka. Airnya juga sangat jernih dan segar sehingga mau tak mau Anda akan merasakan kesegaran airnya saat memasuki tempat wisata alam populer ini.

Cerita mistis

Bisa dibilang atraksi terakhir ini hanyalah tambahan karena masih belum jelas kebenarannya. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, dahulu kala raja-raja Bumi Pasundan sering mengunjungi Curug Citiis untuk mengadakan pertemuan dan bersemedi untuk mendapatkan kekuatan.

Hal ini bisa terjadi karena letak air terjun Kabupaten Garut yang sulit ditemukan, sehingga raja-raja Bumi Pasundan percaya bahwa tempat ini sangat cocok untuk bertemu dan bermeditasi.

Selain itu, beredar pula rumor bahwa lokasi air terjun populer ini dulunya merupakan tempat bidan menurunkan bayi.

Cerita tersebut juga didukung oleh pengakuan beberapa wisatawan yang mengaku mendengar tangisan bayi saat berlibur. Dengan dua kisah mistis tersebut, beberapa wisatawan khusus mengunjungi air terjun indah ini untuk meneliti tentang hal-hal gaib.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CitiisFoto oleh Iwan Juana di Google Maps

Lokasi Curug Citiis berada di Jawa Barat, Kabupaten Garut, Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler. Kemudian Anda bisa menggunakan Jl. Ahmad Yani No. 22 arah Jl. Pramuka kemudian belok kiri dan terus lurus hingga mencapai bundaran.

Dari bundaran silakan ambil pintu keluar kedua menuju Jl. Perintis Kemerdekaan dan terus lurus hingga menemukan pertigaan di Jl. Mandiri. Di pertigaan ini Anda perlu belok kanan lalu terus lurus hingga menemukan pertigaan dekat SMKN 2 Garut. Kemudian belok kanan menuju Jl. H.Hasan Arif.

Menginap di Jl. H. Hasan Arif hingga menemukan pertigaan di Jl. Prof.KH. Anwar Musaddad, lalu belok kiri dan terus ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan Jl. Ibrahim Adjie kemudian memilih jalan tengah. Ikuti Jl. Ibrahim Adjie sampai ketemu perempatan dekat Jalur Pendakian Gunung Guntur lalu belok kiri.

Tak jauh dari pertigaan sebelumnya, Anda akan menemukan pertigaan setelah melewati tempat parkir mobil wisata Gunung Guntur. Di pertigaan ini, silakan belok kiri dan terus ikuti jalan utama hingga menemukan tujuan wisata. Panjang rute dari Alun-Alun Garut menuju Curug Citiis diperkirakan sekitar 11 km, waktu tempuh sekitar 38 menit.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk saat ini wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata alam tersebut tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Namun, Anda bisa memberikan donasi sebesar-besarnya kepada warga yang akan menjaga kendaraan pribadi Anda di tempat parkir.

Sekadar informasi, Curug Citiis buka 24 jam sehari. Meski bisa dikatakan tempat wisata ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah, namun keindahannya tidak perlu diragukan lagi.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Air Terjun CitiisFoto oleh Ridho Tadjudin di Google Maps

1. Melihat keindahan air terjun dan alam sekitar

Curug Citiis mempunyai air terjun yang sangat indah yang bisa dinikmati setiap pengunjungnya. Selain air terjun, hutan di sekitarnya juga mengajak Anda menikmati keindahannya. Dari kejauhan pun, dari pepohonan, Anda bisa menyaksikan keindahan dataran tinggi yang kaya akan tanaman hijau.

2. Bermain air

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan sesampainya di lokasi air terjun indah ini adalah bermain air. Di dekat tempat jatuhnya air dari ketinggian terdapat kolam air dimana wisatawan bisa bermain air sepuasnya. Anda tidak hanya bisa bermain di kolam renang, tetapi juga di sungai dekat air terjun populer tersebut.

Arus sungai dari air terjun menakjubkan ini juga tidak terlalu deras, sehingga Anda bisa bermain air dengan aman. Selain debit airnya yang rendah, air baik di kolam maupun sungainya sangat jernih dan segar. Pasalnya, lokasi wisata alam ini berada di tengah hutan, sehingga air yang mengalir tersaring oleh tanaman di sekitarnya.

3. Santai

Selain menikmati alam dan bermain air, Anda juga bisa bersantai sambil melepas segala penat di pikiran. Kegiatan ini sangat digemari, apalagi Curug Citiis terletak di tengah hutan dan jauh dari keramaian. Ini memberi Anda perasaan tenang di sini.

Anda bisa bersantai sambil merasakan sejuknya udara dan mendengarkan suara air terjun. Ini akan membuatmu lebih tenang. Jika ditambah dengan suara angin yang bertiup di sela-sela dedaunan, dijamin suasana sangat damai.

4. Berfoto di Air Terjun Citiis

Yuk lanjut ke aktivitas menarik selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Curug Citiis yaitu fotografi. Aktivitas ini merupakan salah satu aktivitas wajib yang bisa Anda lakukan baik sendiri maupun bersama orang terdekat. Ada banyak spot foto bagus yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil foto Instagrammable.

Di wisata Curug Garut ini anda tidak hanya bisa mengambil foto ditempat yang bagus saja, namun anda juga bisa memotret aktivitas anda dan orang sekitar anda. Foto-foto tersebut juga bisa Anda unggah ke media sosial agar bisa disimpan dengan aman.

5. Berkemah

Wisatawan yang ingin berkemah atau bermalam di alam bisa melakukan aktivitas tersebut di sekitar tempat wisata alam yang indah ini. Namun pastikan Anda mendapat izin terlebih dahulu dari warga sekitar karena lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga.

6. Mencari hal-hal mistis

Sebelumnya kita telah membahas bagaimana tempat wisata populer ini memiliki beberapa cerita mistis yang berkembang di masyarakat setempat.

Jika Anda termasuk orang yang ingin mencari tahu kebenaran atau menguji nyali, mengunjungi tempat wisata alam ini bisa menjadi pengalaman mencari hal-hal mistis.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun CitiisFoto oleh Gustian Ajiputra di Google Maps

1. Parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa dimanfaatkan wisatawan saat berkunjung ke Curug Citiis adalah tempat parkir kendaraan.

Di tempat parkir kendaraan ini wisatawan dapat memarkir kendaraan pribadinya baik roda dua maupun roda empat. Demi keamanan, pastikan kendaraan Anda terkunci ganda, meskipun ada petugas parkir.

2. Jalan setapak

Dari area parkir kendaraan, Anda akan menemukan jalan setapak yang memudahkan Anda mencapai lokasi air terjun dengan berjalan kaki.

Kondisi jalan setapak cukup baik, namun jika cuaca hujan maka jalan menjadi cukup licin. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan sepatu saat berlibur ke tempat wisata asal Kabupaten Garut ini.

3. Tempat duduk dan gazebo

Terakhir, ada tempat duduk kayu, dan ada juga pendopo (tempat duduk beratap). Wisatawan bisa menitipkan barang bawaannya di sini atau duduk santai sambil menikmati alam. Anda juga bisa melihat keindahan air terjun dari kejauhan dari tempat duduk dan pendopo.

Demikian ulasan singkat tentang Curug Citiis yang terletak di kaki Gunung Galunggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tips jika ingin berlibur ke tempat wisata alam ini adalah persiapkan fisik sebaik mungkin, karena perjalanannya akan cukup menantang. Bawa juga bekal karena tidak ada warung makan di tempat wisata indah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button