Tempat Wisata

Eduwisata Setren Opaque, Temui Eduwisata dengan empat konsep unik di Bantul

harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Karangploso, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: verifikasi lokasi

Berlibur di Daerah Istimewa Yogyakarta Anda tidak hanya menghabiskan waktu di tengah kota saja. Anda bisa mencoba pergi ke Kabupaten Bantul yang berada di selatan Jogja untuk mencari wisata menarik. Namanya Eduwisata Setren Opak, bantaran Sungai Opak seluas 1,3 hektare disulap menjadi taman wisata.

Pemerintah Kota Opak Setren (daerah sungai) didukung oleh warga sekitar dalam pembuatan taman wisata ini. Idenya berasal dari visi dan misi Yogyakarta untuk menyambut era lautan melalui pemanfaatan sungai. Hingga tahun 2018, wisata edukasi ini dibuka oleh GKR Mangkubumi. Apa yang menarik dari wisata ini? Mari kita cari tahu!

Tawaran Hotel Bantul

Daya tarik Eduwisata Setren Opak

Atraksi edukasi Setren OpakFoto oleh Setren Opak di Google Maps

✦ Pendidikan dengan empat konsep

Edutourism yang digagas masyarakat Setren mencakup empat konsep: pendidikan, desa wisata, lingkungan hidup, dan ekonomi. Di sini pengunjung diberikan pengetahuan tentang berbagai pengetahuan tentang sungai dan disuguhi pemandangan alam yang menyenangkan.

Lokasinya berada di kawasan hutan bambu dan pihak pengelola memutuskan untuk tidak menebang pohon bambu tersebut. Hal ini tentunya berkontribusi terhadap perlindungan lingkungan karena keberadaan pohon bambu juga berguna dalam memprediksi banjir. Kini Setren Opak Jogja telah menjadi wisata edukasi yang banyak menarik perhatian dan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

✦ Keindahan Sungai Opak

Keindahan Sungai Opak di Opak Setren Edutourism menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jangan bayangkan sungai yang kotor dan penuh sampah karena bersih sekali sungai ini. Pemerintah Kota Opak Setren sebelumnya telah bekerja sama dengan The Tracker untuk membersihkan sungai.

Saat itu, banyak kapal yang sedang bekerja membersihkan Sungai Opak. Hasil? Seperti yang kalian ketahui saat ini, tidak ada satu pun sampah yang terlihat, sehingga membuat suasana di sini semakin asri. Menariknya, perahu-perahu yang digunakan saat ini juga disewakan kepada pengunjung yang ingin menyusuri sungai.

Paket Tour Jogja 4 Hari 3 Malam ke Destinasi Wisata Populer

✦ Seni lokal

Tak heran jika desa-desa di sekitar Sungai Opak disebut sebagai desa wisata. Pasalnya, masyarakat setempat melestarikan kesenian lokal dengan baik. Sanggar Bintang Kidul digandeng sebagai partner untuk menyuguhkan pertunjukan seni menarik di Setren Opak. Bintang Kidul telah lama mengajar anak-anak kelas tari, drama, pantomim, dan bahasa Inggris.

Jadi, dengan mengunjungi Edutourism di Bantul, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pesona panorama alam saja. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni seperti tari tradisional, wayang, dll. Jika datang di waktu yang tepat, Anda bahkan bisa menyaksikan upacara adat yang dilakukan masyarakat setempat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Eduwisata Setren OpakFoto oleh Antok Suryaden di Google Maps

Renstra Opak berlokasi di Karangploso, Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang perlu ditempuh dari pusat kota Jogja sekitar 16 kilometer atau memakan waktu sekitar 30 menit. Dari pusat kota Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari.

Nanti kamu lewati Kids Fun, dari sini lurus terus sampai ketemu perempatan lampu lalu lintas merah. Di sana, belok kanan ke selatan dan ikuti jalan sekitar 500 meter hingga sampai di gerbang papan Pondok Pesantren. Dari sini Anda akan menemukan tanda-tanda yang menunjukkan tempat-tempat menarik sehingga Anda dapat langsung mengikutinya.

Jogja Day Tour : Sunrise Lava Tour Merapi, Gua Pindul dan Sungai Oya

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk Kawasan Edutourism Setren Opak Jogja hanya dikenai biaya sekitar Rp 3.000 per orang, ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sangat murah bukan? Dengan uang tak sampai Rp 10.000 saja yang bisa berlibur, tak heran jika banyak warga Bantul yang datang ke sini di akhir pekan.

Namun harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya lainnya, seperti: B. Penyewaan perahu jika ingin berlayar menyusuri sungai, dll. Namun tidak perlu khawatir karena harganya juga sangat terjangkau. Untuk menikmati semua itu, pastikan Anda datang pada jam operasional yaitu pukul 08.00 hingga 17.00 WIB setiap hari.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan wisata edukasi di Setren OpakFoto oleh Bagas Bege di Google Maps

1. Wisata sungai

Jangan lewatkan penyeberangan sungai di Eduwisata Setren Opak. Bisa dikatakan inilah kegiatan utama yang paling banyak menarik perhatian wisatawan. Di kawasan wisata tersebut terdapat perahu yang bisa disewa untuk menyusuri Sungai Opak. Secara umum, satu perahu bisa menampung hingga 12 orang dewasa atau sekitar 20 anak-anak, jadi jika berkelompok Anda tidak perlu khawatir.

Perahu inilah yang nantinya akan membawa pengunjung menjelajahi indahnya Sungai Opak. Di sekelilingnya Anda bisa melihat pepohonan bambu yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Meningkatkan suasana pedesaan dan terasa sangat menyenangkan.

2. Menyaksikan pertunjukan seni di Wisata Edukasi Setren Opak

Selain menikmati keindahan sungai dan pemandangan alam, Anda juga akan disuguhi tontonan menarik berupa pertunjukan seni. Penduduk setempat sering mengadakan pertunjukan seni tradisional seperti tari dan wayang. Menariknya, banyak anak-anak yang terlibat dalam pertunjukan ini.

Hal ini tentu saja sangat mengesankan, Anda bisa melihat betapa baik masyarakatnya mengolah budayanya. Saat ini tempat wisata berbasis seni dan budaya seperti itu sudah jarang ditemui. Meskipun demikian, tidak banyak anak yang terlibat dalam proyek tersebut. Oleh karena itu, sangat menarik untuk menyaksikan pertunjukan seni di Eduwisata Setren Opak.

3. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa membawa perlengkapan memancing dan menikmati hobi Anda. Disediakan tempat khusus bagi para pemancing agar tidak diganggu oleh wisatawan lain. Selain memancing, Anda juga bisa menikmati wisata lain yang tak kalah serunya, seperti jalan-jalan.

4. Wisata kuliner

Puas bermain dan menjajal berbagai wahana yang ada di lokasi, kini saatnya mengisi perut. Di lokasi terdapat deretan warung yang menawarkan makanan tradisional dan modern. Mulai dari soto, bakso, sosis, cilok dan masih banyak lagi. Di minggu Kliwon biasanya ada menu-menu khas seperti bubuk kelor, tiwul dan lain-lain yang bisa Anda coba.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sarana wisata edukasi Setren OpakFoto oleh Bagas Bege di Google Maps

Eduwisata Setren Opak dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat. Dimana objek wisata alam indah ini tidak hanya dibersihkan dari sampah namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas hingga menjadi sebuah taman wisata yang menarik.

Tersedia layanan penyewaan perahu bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan Sungai Opak, beberapa spot selfie menarik, tempat parkir yang luas, toilet, musala serta sejumlah warung makan yang menawarkan kuliner tradisional hingga modern.

Bagi anda yang membawa anak-anak, disini juga terdapat taman bermain anak yang dijamin tidak akan bosan. Sembari menemani anak-anak bermain, Anda akan dimanjakan dengan live music. Belum lagi panggung seni dengan acara hiburan yang bervariasi.

Liburan di Eduwisata Setren Opak Jogja akan memberikan Anda pengalaman wisata yang benar-benar berbeda. Di sini Anda tidak hanya bisa bermain dan menenangkan diri agar tidak lelah, tetapi Anda juga bisa melihat sekilas pemandangan sungai. Pertunjukan seni daerah dan kuliner tradisional juga memberikan kearifan lokal yang mungkin tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Ayolah, kapan kamu datang ke sini?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button