Tempat Wisata

Harga Tiket dan Objek Wisata Hutan Kota GBK September 2023

hutan kota GBK Biaya masuk: Bebas. Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB. Nomor telepon: 021 – 5701862. Alamat/Lokasi: Jl Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270

Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno ramai dimeriahkan kemeriahan Asian Games 2018. Untuk menunjang pesta olahraga terbesar di Asia tersebut, GBK banyak mengalami renovasi. Salah satu kawasan yang dipercantik adalah wilayah hutan kota GBK atau dikenal juga dengan Hutan Kota Senayan.

Setelah Asian Games berakhir, kawasan ini ditutup untuk renovasi. Banyak yang bertanya-tanya seperti apa ruang terbuka hijau itu. Setelah dibuka kembali, kawasan ini berkembang menjadi kawasan rekreasi yang sukses menarik banyak pengunjung. Tak sedikit orang yang membandingkan tempat ini dengan Central Park di New York City, AS.

Biaya masuk Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK tidak memungut biaya tiket apapun bagi pengunjung, yakni gratis masuk. Wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun kecuali menggunakan kendaraan pribadi. Biaya parkir berlaku di lokasi GBK. Perlu diketahui bahwa fasilitas e-money digunakan untuk biaya parkir di area ini.

Baca: TAMAN BARITO Jakarta Wisata Murah dengan WiFi Gratis

Jam buka Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK untuk sementara dibuka setiap Selasa hingga Minggu. Jam operasional dimulai pukul 6 pagi. Dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi 1 pada pukul 06.00 hingga 10.00 dan sesi 2 pada pukul 15.00 hingga 18.00.

Baca Juga: 7 Wisata Taman Terbaik di Jakarta

Serunya piknik di jantung ibu kota

Wilayah ibu kota Jakarta terkenal dengan tingkat mobilitas kotanya yang tinggi. Jutaan kendaraan lalu lintas padat melaju bolak-balik setiap hari menyebabkan tingginya tingkat polusi di kota ini. Bisa dikatakan, tidak mudah mendapatkan udara bersih dan segar di sini.

Satu-satunya cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Jakarta sendiri mengalami peningkatan ruang hijau dalam beberapa tahun terakhir. Pembebasan lahan telah mengubah fungsinya dari hutan kota menjadi taman. Salah satu RTH yang belakangan ini ramai berkat media sosial adalah Hutan Kota GBK. Sebenarnya apa sih alasan tempat rekreasi ini ramai ramai di media sosial?

Baca Juga: 33 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Dari lapangan golf hingga tempat rekreasi

Pemandangan dari hutan kota GBKKolam Trembesi dilintasi jembatan dengan latar belakang gedung pencakar langit yang megah – Foto: Google Maps/Jakarta Tourism

Hingga tahun 2016, lokasi tersebut merupakan lapangan golf. Lahan seluas 4,6 hektar sangat ideal untuk bermain golf. Selain itu, lokasinya strategis karena dekat dengan komplek perkantoran. Peralihan penggunaan lahan terjadi pada pertengahan tahun, tepatnya Mei.

Selanjutnya, lapangan golf tersebut diubah menjadi kawasan komersial dan ruang hijau. Di properti ini terdapat Hotel Plataran dan Hutan Kota GBK. Kawasan ini bertujuan untuk menjadi destinasi wisata kelas menengah ke atas dan ruang rekreasi masyarakat umum.

Baca: Tiket dan Aktivitas Hutan Kota GBK

Meski disebut “Hutan”, namun penampilannya jauh dari arti kata. Alih-alih pepohonan, ada halaman rumput luas di sini. Sekilas pemandangan ini mengingatkan kita pada Central Park di New York City. Keduanya merupakan RTH yang terletak tepat di tengah kota padat penduduk.

Pepohonan mirip taman tumbuh agak jarang di sekitar lahan. Padahal, butuh waktu cukup lama sebelum kawasan ini benar-benar berubah menjadi “hutan” perkotaan. Sejauh ini mungkin lebih tepat jika berbicara tentang taman kota yang luas. Meski begitu, bukan berarti tempat ini tidak cocok dijadikan destinasi rekreasi.

Baca juga: TAMAN MENTENG Wisata Murah dan Keren di Tengah Kota

Oasis di taman pencakar langit

Bersantai di hutan kota GBKPengunjung menikmati waktu santai dan menghirup udara segar – Foto: Google Maps/Nurman Riyadi Rahman

Hutan Kota GBK merupakan hasil kerjasama pengelola GBK dengan pengembang Hotel Plataran. Oleh karena itu, jangan heran jika melihat bangunan hotel dan restoran di kawasan tersebut. Di beberapa sudut terdapat fasilitas yang hanya dibuka untuk pengunjung hotel dan restoran.

Fasilitas ini biasanya hanya dapat digunakan dengan reservasi. Namun kawasan hutan kota GBK terbuka untuk umum. Kawasan ini sengaja dikembangkan sebagai destinasi rekreasi dan wisata alam terbuka. Di tengah puluhan lantai bangunan, taman ini bagaikan oase. Di sini pengunjung bisa sejenak melepaskan diri dari polusi jalanan dan menghirup udara segar.

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di TAMAN SITU LEMBANG

Piknik gaya perkotaan

Nikmati piknik di tengah kotaDuduk dan bersantai di rumput di tengah suasana modern ibu kota – Foto: Google Maps/Primawan Dwi Nugroho

Layaknya Central Park, Hutan Kota GBK mengajak Anda piknik. Area yang luas dan pepohonan rindang menjadikannya tempat yang cukup nyaman dan rindang. Kontur medannya juga cenderung landai. Jika Anda membutuhkan suasana berbeda, piknik di sini adalah pilihan yang bermanfaat.

Piknik di taman ini memberikan suasana piknik perkotaan. Pengunjung disuguhi pemandangan pepohonan dan deretan gedung tinggi di belakangnya. Bawalah tikar atau kain sendiri untuk diduduki dari rumah. Anda juga bisa membawa bekal atau membeli makanan di kios tempat makan dekat stadion. Selain itu, kenakan pakaian yang nyaman untuk bersantai. Jangan lupa membawa payung karena entah tiba-tiba turun hujan.

Pengunjung tidak hanya bisa piknik di sini, tapi juga sekedar bersantai dan melepas penat. Berjalan-jalan di sekitar taman di bawah langit cerah adalah salah satu pereda stres terbaik. Tempat ini bahkan memiliki kolam pemancingan dengan air terjun buatan yang menenangkan. Ada juga bangku untuk yang sekedar ingin duduk-duduk.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Wahana LEGENDARY PARK TMII

Lokasi olahraga alternatif

Berlatih dengan nyaman di hutan kota GBKTerlihat pengunjung berlari melintasi Jembatan Kolam Trembesi dan berpapasan dengan pengendara sepeda – Foto: Google Maps/Agustiawan Agustiawan

Kawasan Stadion GBK sudah lama populer sebagai lokasi olahraga. Tidak mengherankan jika tempat ini selalu sibuk dan beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman saat berlatih. Jika suasana sibuk terlalu membosankan bagi Anda, cobalah Joging Di Sini. Taman luas ini memiliki jalur pejalan kaki dan jalur joging.

Pengunjung tidak hanya bisa menggunakannya sebagai lintasan lari, tapi juga untuk bersepeda. Namun pengunjung tidak diperbolehkan menggunakannya bermain skateboard. Demi kenyamanan bersama, pihak pengelola juga melarang pengunjung membawa hewan peliharaan.

Fasilitas Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK memiliki pos keamanan, toilet, dan ruang ganti. Ada juga bangku-bangku yang tersebar di seluruh area. Selanjutnya ada warung makan dan minum. Fasilitas penunjang yang ada antara lain kolam pemancingan, amphitheater, dan alun-alun.

Naik bus menuju Hutan Kota GBK

Bagi yang ingin menggunakan Busway TransJakarta, ada beberapa pilihan rute.

  • Koridor 1 kompartemen utama Blok M – kota dan turun di halte Gelora Bung Karno.
  • Kompartemen utama koridor 3F Kalideres – Gelora Bung Karno (GBK) Kemudian turun di halte GBK.
  • Atau jalur bus yang melewati halte GBK, seperti:
    • Bus Rapid Transit (BRT) Reguler seperti 4C: Tu Gas – Bundaran Senayan, 9C: Pinang Ranti – Bundaran Senayan.
    • Bus Reguler Non BRT 1F: Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan, 6D: St. Tebet – Bundaran Senayan 1
    • Bus gratis Misalnya GR1: Bundaran Senayan – Harmoni
    • Royaltrans D32: Bundaran Cinere – Senayan
    • Transjabodetabek T11: Bundaran Poris Plawad – Senayan

Rute lebih detail bisa dilihat langsung di website resmi Transjakarta.

Lokasi hutan kota GBK

Hutan Kota GBK merupakan bagian dari Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno. Kawasan ini masih berada di Jalan Pintu Senayan. Akses termudah kini dapat dilakukan dari Gerbang 5 GBK Jalan Jend. Sudirman Kav 54 – 55, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pengunjung bisa menggunakan bus Transjakarta atau MRT.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button