Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Grao Sakti : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Dunia pariwisata Jambi tidak hanya tentang Kerinci saja, banyak juga kabupaten dengan pesona keindahan alam yang tak kalah menarik dari Kerinci. Kabupaten Merangin adalah salah satu contohnya. Ada banyak tempat wisata alam yang wajib dikunjungi. Ada tempat wisata unik bernama Air Panas Grao Sakti di Merangin.

Sebuah fenomena alam yang cukup langka bisa dialami wisatawan saat berkunjung ke pemandian air panas Grao Sakti. Semburan air panas muncul dari sela-sela batu-batu besar yang tampak seperti sedang menari anggun di tengah hutan lebat. Lingkungan alam yang masih terjaga dan suasana asri semakin menambah pesona tempat wisata ini.

Pemandian Air Panas Grao Sakti

Secara administratif, Air Panas Grao Sakti terletak di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasinya kurang lebih 130 kilometer dari pusat distrik Kota Bangkok dan kurang lebih 40 kilometer dari Danau Pauh. Perjalanan ke sana cukup lama, setidaknya memakan waktu 4 hingga 5 jam dengan mobil.

Untuk pergi dari kota Bangkok menuju distrik Jangkat, wisatawan tidak hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi tetapi juga tersedia layanan transportasi umum yang melayani jalur tersebut. Setibanya di Kecamatan Jangkat, perjalanan menuju Pemandian Air Panas Grao Sakti dapat dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Pesona pemandian air panas Grao Sakti

Dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi pemandian air panas Grao Sakti. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus menghadapi medan sulit berupa jalan tanah yang belum beraspal. Belum lagi jalanan semakin sulit dilalui saat hujan. Banyak mobil wisata yang tergelincir dan terjebak di genangan air.

Selain itu pengunjung juga harus melintasi hutan lebat yang ada di desa Renah Kemumu. Bagi wisatawan yang berjiwa petualang, perjalanan ini akan sangat seru dan menantang. Medan yang berat pun lebih mudah dilalui bila pengunjung menggunakan sepeda trail. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi panorama hutan hijau yang masih asri dan alami.

Pemandian Air Panas Grao Sakti

Air Panas Grao Sakti merupakan geyser atau sumber air panas alami yang berada di dalam sungai. Sumber air panas ini ditemukan ratusan tahun lalu sebelum Belanda masuk ke nusantara. Uniknya, sumber air panas ini mampu memuntahkan air yang konon tingginya mencapai 30 meter.

Hal ini dapat terjadi ketika pawang berteriak dan bertepuk tangan. Semburan air pun anehnya terlihat seperti menari bersama kepulan asap dari bebatuan sungai. Air di pemandian ini sangat panas sehingga wisatawan bisa merebus telur atau memasak mie instan hanya dalam waktu 3 menit.

Bau belerang dari sumber air panas ini juga bisa dirasakan oleh wisatawan. Di sekitar sumber air panas utama terdapat kolam alami yang dapat digunakan untuk mandi. Air di kolam ini sangat jernih dan terdiri dari campuran air panas dan air sungai yang dingin. Pengunjung bisa bersantai dan merasakan mandi di kolam alami sambil menikmati indahnya suasana alam.

Selain unik, Pemandian Air Panas Grao Sakti juga menyimpan sejumlah cerita mistis masa lalu. Menurut sesepuh desa setempat, tempat ini sering dikatakan digunakan untuk ritual mengirimkan ilmu hitam. Saat itu ajaran Islam belum tersebar luas di desa ini. Penduduk setempat juga percaya bahwa ilmu hitam Grao sangat efektif dan dapat merenggut nyawa seseorang.

Tidak semua orang bisa mengirimkan ilmu sihir, hanya paranormal atau dukun yang sangat berpengetahuan. Namun, setelah ajaran Islam masuk ke desa tersebut, lama kelamaan masyarakat meninggalkannya. Pemandian Air Panas Grao Sakti kini telah berkembang menjadi objek wisata yang juga dikenal hingga luar daerah karena keunikannya.

Sistem air panas Grao Sakti

Sayangnya fasilitas di Pemandian Air Panas Grao Sakti masih sangat minim. Toilet, ruang ganti, dan musala belum dibangun di sekitar lokasi pemandian. Selain itu, jalan menuju lokasi juga belum diperbaiki karena sangat licin dan sulit dilalui saat hujan.

Sebelum mengunjungi tempat wisata ini, wisatawan sebaiknya mempersiapkan perbekalan terlebih dahulu karena tidak ada warung di sekitar resor tepi pantai. Pengunjung juga bisa membawa telur mentah, pisang, atau mie instan untuk dimasak di pemandian air panas.

Baca juga: Taman Putri Tunggal, kawasan berburu foto yang lagi hits di Kerinci

Di Kecamatan ANGKAt masih belum tersedia akomodasi atau hotel bagi wisatawan yang ingin bermalam. Tempat menginap yang direkomendasikan adalah Kota Bangko karena terdapat beberapa pilihan hotel dengan harga yang dapat disesuaikan dengan budget wisatawan.

Mengunjungi pemandian air panas Grao Sakti bisa menjadi alternatif wisata di Jambi. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pemandian air panas ini.

Menyelam dan menikmati keindahan alam

Di pemandian air panas ini Anda bisa mandi sepuasnya di kolam alami yang terletak tidak jauh dari pemandian air panas utama. Anda bisa bersantai, merilekskan tubuh dan menikmati hangatnya sumber air panas alami ini. Tidak perlu takut kepanasan karena air panasnya telah dicampur dengan air sungai untuk menstabilkan suhu.

Selain itu, Anda juga bisa merebus telur, pisang, hingga membuat mie instan di pemandian air panas ini. Suhunya mencapai titik didih sehingga waktu memasaknya cukup singkat. Anda bisa mengisi perut lapar setelah menempuh perjalanan jauh sambil menikmati indahnya pemandian air panas Grao Sakti yang dikelilingi pepohonan rindang.

berburu foto

Keunikan Air Panas Grao Sakti juga bisa Anda abadikan dalam sebuah foto. Semburan air yang mengalir dari celah-celah bebatuan, disertai kepulan asap, menciptakan sebuah objek yang menarik dan cukup mempesona. Anda juga bisa menggunakan kamera untuk memotret air jernih dan pemandangan sekitar berupa kawasan hijau pepohonan.

Jika Anda memiliki drone, Anda juga bisa memotret atau merekam keindahan sumber air panas ini dari udara. Gambar yang dihasilkan pun semakin cantik dan terkesan anti mainstream. Anda juga bisa berfoto selfie hanya dengan mengabadikan momen dengan menggunakan pemandangan sekitar sebagai latar belakang.

Baca juga: 235 Tempat Wisata Di Jambi Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Biaya masuk pemandian air panas Grao Sakti

Belum ada informasi pasti mengenai tarif masuk pemandian air panas Grao Sakti.

Jam Buka Pemandian Air Panas Grao Sakti

Tips Berwisata ke Pemandian Air Panas Grao Sakti

  • Sebelum pergi ke pemandian air panas, persiapkan diri Anda terlebih dahulu secara fisik.
  • Sebaiknya naik sepeda motor, seperti sepeda motor trail atau kendaraan off-road, karena jalan menuju pemandian air panas masih belum beraspal.
  • Berhati-hatilah saat berada di dekat sumber air panas utama karena suhu air yang mencapai titik didih dapat membahayakan Anda.
  • Jangan lupa membawa bekal terlebih dahulu agar tidak kelaparan di tempat wisata.
  • Yang terbaik adalah mengambil kembali sisa makanan yang Anda bawa dan jangan membuang sampah di dekat sumber air panas.
  • Wisatawan diharapkan berkontribusi dalam pelestarian sumber air panas tersebut.

Galeri foto pemandian air panas Grao Sakti di Merangin

Pemandian Air Panas Grao Sakti
Spot foto di atas kayu
Temukan foto di atas bebatuan
Potret uap air panas Grao Sakti
Berburu foto di pemandian air panas Grao Sakti
Potret akses jalan menuju sumber air panas Grao Sakti
Potret sawah di tepi sungai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button