Tempat Wisata

15 Makanan Khas Lombok Pedas, Manis dan Gurih

Pesona alam Indonesia menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam yang ditawarkan menawarkan pengunjung pengalaman mereka sendiri.

Selain wisata alam, Indonesia juga merupakan rumah bagi beragam suku dan budaya. Dimanakah dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mempelajari lebih dalam tentang budaya Indonesia?

Tidak hanya itu, di balik keindahan alam dan keragaman suku dan budaya, Indonesia juga memiliki makanan khas daerah yang sangat lezat.

Lombok misalnya, yang keindahan alamnya seindah surga dunia, memiliki beragam makanan khas untuk dicoba saat berkunjung ke pulau ini.

Daftar Makanan Lombok

Di bawah ini adalah daftar makanan khas Lombok yang bisa dipilih saat berkunjung ke Lombok.

1. Sate Tanjung

Bukan daging sapi atau kambing, melainkan daging ikan yang dihaluskan dengan bumbu khas Lombok. Sate ini sudah ada sejak tahun 1977 saat diperkenalkan oleh Ibu Salimah dan sekarang menjadi primadona.

Ikan yang digunakan untuk membuat sate juga beragam, dari ikan cakalang hingga ikan laguna. Untuk rasa yang dihasilkan, makanan ini tentunya sangat enak dan nikmat.

Kenikmatan makanan ini terbukti pada tahun 2011 karena dapat dipromosikan di TMII dalam sebuah event kuliner dan yang menakjubkan adalah makanan ini telah terjual ribuan batang hanya dalam waktu 2 menit.

2. Sate Rembiga

Berbeda dengan sate tanjung yang berbahan dasar ikan, sate rembiga merupakan makanan yang berbahan dasar daging sapi. Nama Sate Rembiga sendiri berasal dari nama sebuah jalan di Mataram.

Seolah ingin memberitahu semua orang bahwa Lombok kaya akan daging sapi, sate ini terbuat dari daging sapi segar. Warung Sate Rembiga sendiri sangat ramai dikunjungi pembeli setiap harinya karena teksturnya yang lembut.

Ini juga cukup sulit dan membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya, dengan daging terlebih dahulu harus digiling dan direndam dalam bumbu rahasia untuk menciptakan tekstur daging yang lembut. Baru kemudian ditikam dan dibakar.

Tak heran daging yang dihasilkan sangat empuk dan bumbu meresap sempurna.

3. Ayam Taliwang

Siap untuk yang belum tahu makanan khas Lombok, makanan yang sudah terkenal di seluruh pelosok tanah air. Hampir setiap restoran menawarkan menu ini.

Masakan ayam taliwang juga memiliki banyak varian rasa, seperti: Seperti ayam taliwang manis pedas, ayam taliwang madu bakar, ayam taliwang sambal lima hingga ayam taieng bakar biasa.

Dalam penyajiannya, makanan ini biasa disantap dengan nasi putih hangat bersama lalapan dan sambal. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan patut Anda coba.

4. Sate Bulayak

Juga pada jenis sate khas Lombok, Sate Bulayak sendiri berbeda dengan sate lainnya seperti diatas. Sate Bulayak berisi daging ayam, jeroan atau sapi.

Dari berbagai jenis bahan utama tersebut, umumnya dibuat menjadi satu dengan cara memanggang sate. Sate ini juga memberikan rasa tiga rasa yaitu ayam, jeroan dan sapi.

Uniknya, sate ini biasa disajikan dengan bulayak, yaitu sejenis lontong yang berukuran lebih kecil dan dibungkus dengan daun lontar atau lontar yang memberikan rasa gurih.

5. Baling

Bebalung merupakan makanan khas Lombok yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai makanan penambah stamina dan vitalitas.

Bebalung sendiri memiliki bahan dasar iga sapi atau iga kerbau yang dimasak dengan bumbu khas Lombok. Makanan ini sering disajikan dengan kuah dan menyerupai sup iga sapi.

Saat disajikan, makanan ini biasanya disajikan dalam keadaan masih panas untuk menambah kenikmatan. Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi putih atau bulayak.

6. Ayam Rarang

Bagi pecinta kuliner pedas, makanan khas Lombok ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lombok. Makanan ini sudah menjadi ikon Lombok dan sangat dicari oleh para pecinta kuliner.

Pakan ini mengandung bahan dasar ayam kampung yang digoreng terlebih dahulu sebelum dibumbui. Ciri khas masakan Lombok adalah pedas, sehingga sepertinya makanan ini ingin menunjukkan bahwa inilah ciri khas makanan khas Lombok.

Dilihat dari penampilan dan rasanya, makanan ini terlihat sangat pedas dan berminyak, tapi sebenarnya tidak begitu, karena tidak terlalu pedas. Rasa pedas cabai rawit yang dicampur dengan bumbu memberikan pengalaman rasa yang sangat luar biasa dan adiktif.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Lombok

7. Sate Pencok

Masih belum tahu nama sate yang satu itu? Sate pencok adalah nama lain dari sate bulayak, meskipun isian sate ini juga sama, yaitu ayam, jeroan dan sapi.

Sate ini juga disajikan dengan bulayak yang mirip lontong. Namun biasanya sate ini dimakan langsung dengan bulayak yang hanya dikupas.

8. Bebek Terong

Terong beberuk merupakan makanan khas Lombok yaitu sejenis lalapan. Dimana makanan ini disajikan dengan nasi dan lauk pauk.

Makanan ini memiliki cita rasa pedas khas masakan Lombok yang menyegarkan karena terbuat dari sayuran. Terong yang menjadi bahan utama makanan ini biasanya dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, namun di Lombok dibuat menjadi makanan yang sangat enak.

Terong yang merupakan bahan baku utama merupakan jenis terong yang berbentuk bulat kecil dan berwarna putih. Saat disajikan, terong ditemani beberapa sayuran, seperti kacang panjang, yang kemudian disiram saus beraroma.

9. Bantal

Mungkin bantal berarti sesuatu yang sangat nyaman untuk tidur. Namun, di Lombok ada makanan khas yang menyandang nama yang sama.

Nama bantal sendiri diberikan karena makanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan bantal. Makanan khas Lombok ini berisi ketan dan pisang.

Kedua bahan tersebut dibungkus dengan daun lontar dan dimasak dengan cara dikukus. Makanan ini biasanya disajikan pada saat berbuka puasa dan sebagai camilan saat tadarus Al-Quran dilakukan selama bulan Ramadhan.

10. Cupcake

Lombok tidak hanya kaya akan wisata alam, tetapi juga kaya akan makanan khasnya, mulai dari sayur-sayuran, daging hingga kue-kue yang merupakan makanan khas Lombok.

Kue keciput terbuat dari beras ketan dan memiliki bentuk seperti onde – onde berbentuk bulat dengan biji wijen di bagian luarnya, namun tidak memiliki isian seperti onde – onde dan bentuknya lebih kecil.

Makanan ini sering disajikan sebagai suguhan pada acara pernikahan atau hari raya Idul Fitri. Selain itu, ada dua jenis kue keciput yaitu kue putih dan kue hitam yang terbuat dari ketan hitam.

11. Poteng Jeje Tujak

Poteng Jeje Tujak adalah makanan khas Lombok yang ditempel. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Poteng Jeje Tujak berarti “pita makanan ringan yang dihaluskan”.

Yang unik dari makanan ini adalah selama proses pembuatannya, saat membuat makanan ini harus bersih untuk wanita (tidak sedang menstruasi).

Banyak orang yang percaya bahwa makanan ini harus dalam keadaan bersih agar enak, atau bisa juga setelah sholat.

12. Ayam Malas

Berbicara tentang makanan khas tersebut, mungkin banyak yang tahu bahwa makanan ini berasal dari Bali. Ya, makanan ini asli Bali dan dibawa oleh masyarakat Bali yang menetap di salah satu daerah di Lombok.

Makanan ini berbahan dasar ayam yang diolah dengan berbagai bumbu dan resep rahasia. Hidangan ini juga dilengkapi dengan bumbu marinasi dan saus sambal.

Rasa yang ditawarkan oleh makanan ini sangat enak dan berbeda dengan masakan ayam pada umumnya. Rasanya yang khas dan pedas sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

13. Plecing Kangkung

Plecing kangkung merupakan makanan khas Lombok berupa olahan sayur yang terbuat dari kangkung. Hidangan ini disajikan dingin dengan saus tomat.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai pendamping makanan berat untuk menambah kesegaran konsumsi makanan tersebut.

Secara tampilan, plencing kangkung sedikit mirip dengan kangkung goreng pada umumnya, namun cara memasaknya berbeda. Jika kangkung goreng dimasak dengan cara digoreng, plencing kangkung dimasak dengan cara direbus.

14. Nasi Puyung

Makanan khas Lombok ini seperti makanan nomor satu di wilayah tersebut. Sebagian masyarakat Lombok telah mencicipi dan menyiapkan makanan ini untuk menjadi primadona.

Makanan ini disajikan dengan daun pisang sebagai alasnya, yang tentunya menambah nikmatnya rasa dari makanan ini. Lauk pauk yang bisa disajikan dengan nasi sangat beragam, seperti: B. Ayam suwir, saus tomat dan ditaburi kelapa parut.

Rasa makanan ini juga identik dengan masakan Lombok yang pedas. Tetapi semakin Anda menikmati kepedasannya, semakin sulit untuk berhenti mengunyah.

15. Kelag

Makanan khas Lombok ini adalah hidangan soto berbahan dasar sayuran. Makanan ini seperti sayur bening di Jawa, dengan kuah yang bening.

Lombok sendiri memiliki banyak sekali jenis sayur kelag karena bahan sayur yang digunakan bisa bermacam-macam seperti : B. Kelag Kelor, Kelag Lebui, Kelag Sebie dan Kelag Pedis Panas.

Makanan ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat di siang hari beserta tambahan lauk pauk seperti tempe goreng, tahu goreng dan sambal yang menambah rasa pedas pada makanan ini.

Berkunjung ke suatu tempat, baik untuk perjalanan dinas atau urusan lainnya, tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk berwisata kuliner di daerah tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami rangkum mengenai daftar makanan khas Lombok. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan tentang kuliner nusantara dan dijadikan sebagai referensi makanan khas Lombok selama anda berada di Lombok.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button