Tempat Wisata

Pantai Lamaru Balikpapan: jam buka, atraksi dan fasilitas

Pantai menjadi tujuan utama banyak orang saat musim liburan. Keindahan luasnya laut dan suasananya yang tenang menjadikan pantai ini sebagai primadona sebagian besar wisatawan. Salah satu pantai yang menampilkan keindahan tersebut adalah Pantai Lamaru Balikpapan.

Pantai ini termasuk salah satu pantai terindah di Balikpapan karena dipinggir pantai terdapat pepohonan terutama pohon cemara. Hal itulah yang membedakannya dengan pantai lainnya. Anda pasti tidak akan bosan dengan wisata yang satu ini.

Sebelum berkunjung, pastikan Anda membaca ulasan di bawah ini!

Daya Tarik Pantai Lamaru

Ada banyak sekali pantai dan tempat wisata di Kalimantan Timur. Tak heran jika pariwisata di provinsi ini selalu ramai pengunjung. Salah satunya pantai ini yang terkenal karena memiliki daya tarik yang memikat hati para wisatawan.

1. Pantai yang luas dan landai

Tak jarang pantai ini sering dijadikan tempat bermain karena karakteristik pantainya yang landai dan luas. Pantai di pantai ini juga berwarna putih dan terawat. Karena pantainya landai, air laut di pantai ini juga dangkal.

Selain itu, pantai di sini cukup luas sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk berjalan-jalan di sekitarnya. Anda bisa bermain pasir, bermain voli pantai, lari-lari atau bermain bola dan masih banyak lagi. Lebar dan kemiringan pantai ini membedakannya dengan beberapa pantai lainnya.

2. Ombak yang tenang

Salah satu hal yang membuat Anda takut dengan laut adalah ombaknya, apalagi jika Anda membawa anak-anak berlibur. Namun tak perlu khawatir karena wisata bahari di sini memiliki ombak yang tenang dan tidak berbahaya.

Anda dan anak bisa berenang dan bermain air laut tanpa perlu khawatir terbawa ombak. Namun, akan lebih aman jika Anda tetap berhati-hati dan mengawasi si kecil.

3. Pohon cemara di sekitar pantai

Setiap pantai pasti mempunyai keindahannya masing-masing, begitu pula dengan pantai yang satu ini. Salah satu daya tarik yang menarik wisatawan adalah deretan pohon pinus indah yang mengelilingi pantai. Kehadiran pepohonan tersebut menambah keindahan panorama alam pantai.

4. Pemakaman Jepang di dekat pantai

Keistimewaan lain dari pantai ini adalah adanya kuburan Jepang yang mengelilingi pantai. Pemakaman ini merupakan situs cagar budaya dan dilindungi undang-undang. Banyak orang yang tertarik datang ke tempat ini karena mempunyai sejarah tersendiri.

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam saja, kamu juga bisa mengikuti wisata budaya dan memperluas pengetahuan. Jarak menuju pantai ini tidak jauh, Anda hanya perlu berjalan kaki sejauh 150 meter.

alamat dan rencana perjalanan

Alamat Pantai Lamaru adalah Jl. Mulawarman, Ds. Teritip, Lamaru, Balikpapan Timur. Jika anda berasal dari luar Balikpapan dan berkunjung ke Balikpapan anda wajib mencoba datang ke pantai ini.

Untuk menuju tempat tersebut, Anda perlu berjalan kaki sejauh 24 km dari kota Balikpapan dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Kota wisata pantai ini sebenarnya letaknya cukup strategis, namun agak sulit untuk dijangkau.

Namun, hal itu tidak menyurutkan niat Anda untuk datang ke sini karena pesona alamnya akan memanjakan Anda. Jika Anda datang dari pusat kota Balikpapan, Anda hanya perlu berjalan kaki menuju Jl. Sudirman, Iswahyudi atau Ring Road.

Setelah itu ikuti saja jalan menuju Senipah atau Semboja. Setelah sampai di Bandara Sepinggan, lurus saja hingga melewati Pangkalan TNI AU lalu belok kanan. Berjalanlah terus hingga menemukan gerbang yang menandai selamat datang di kawasan pantai ini.

Aktivitas seru di Pantai Lamaru

1. Menikmati matahari terbenam dan bermain pasir di sekitar pantai

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa bermain air dan pasir karena pantai ini memiliki ombak yang tenang dan bibir pantai yang luas.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati matahari terbenam di bawah pepohonan pinus yang berjajar di tepi pantai. Sejuk dan asri dengan keindahan pantai dan sinar matahari sebagai pelengkapnya. Begitu memasuki pantai, Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan pinus yang menakjubkan.

2. Cobalah wahana yang ditawarkan

Jika bosan hanya duduk-duduk saja, pantai ini juga memiliki berbagai wahana yang bisa Anda coba. Anda bisa mencoba banana boat yang disediakan. Akan sangat menyenangkan jika Anda mencobanya bersama beberapa kerabat.

Ada juga Flying Foxnya. Dari kendaraan ini Anda bisa menikmati keindahan pantai dari sisi lain yaitu dari atas. Jika Anda mencoba wahana ini pasti akan meninggalkan kesan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Jika lelah berjalan, Anda bisa menggunakan kereta untuk menjelajahi pantai. Tentu saja aktivitas yang menyenangkan juga bisa dengan mencoba menaiki kereta kuda menyusuri pantai. Selain buggy, Anda juga bisa berkeliling dengan mobil golf.

Kereta golf ini sebenarnya disediakan di tepi pantai bagi pengunjung yang ingin menyewanya. Tak perlu capek-capek berjalan-jalan di pinggir pantai, cukup duduk santai menikmati suasana asri dan menyenangkan.

Biaya masuk Pantai Lamaru

Karena dikelola oleh pihak swasta dan bukan pemerintah daerah, maka harga tiket masuk ke pantai ini tidaklah murah. Namun harga tersebut sangat wajar dibandingkan dengan fasilitas yang akan Anda nikmati.

Untuk memasuki kawasan pantai Anda harus membayar Rp 20.000 per orang baik dewasa maupun anak-anak. Pantai ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 6 sore.

Fasilitas tersedia

Pengelola pantai menyediakan berbagai fasilitas. Mulai dari fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, tempat ibadah yang nyaman, toilet dan pendopo, hingga kamera pengawas di beberapa tempat.

Fasilitas lainnya meliputi permainan drive seperti Flying Fox, banana boat, kereta kuda, dan penyewaan mobil golf. Untuk menikmati semua itu, Anda perlu menyiapkan uang antara Rp10.000 hingga Rp75.000.

Selain itu, disini juga terdapat jasa penyewaan tikar untuk anda yang ingin bersantai di pinggir pantai. Menyewa tikar ini hanya dikenakan biaya Rp 10.000 untuk jangka waktu tidak terbatas. Selain itu juga terdapat penyewaan ban dan jaket pelampung seharga Rp 10.000.

Lengkap rasanya jika bisa menginap di dekat pantai. Ada beberapa hotel di Pantai Lamaru yang cocok untuk Anda, seperti Wisma Syariah dan Wisma EMWEKA.

Menutup

Pantai Lamaru cukup terkenal bagi masyarakat Kalimantan Timur khususnya Balikpapan. Dengan fasilitas yang menarik dan atraktif, pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap dan memadai.

Jangan lewatkan liburan pantai ini bersama orang-orang tercinta seperti keluarga, sahabat atau pasangan. Banyak hal unik yang bisa Anda temukan di pantai ini.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button