Tempat Wisata

Danau Kastobav – PropertiWisata.pro

Ingin berlibur bersama teman atau keluarga dan mengunjungi suatu tempat wisata, namun masih belum tahu harus ke mana? Cobalah tempat wisata ini yaitu Danau Kastoba. Danau ini terletak di Desa Paromaan Candi, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean. Pastinya ada suasana tenang dan damai di danau seluas 725 hektar ini. Letaknya yang berada di atas bukit dan dikelilingi pepohonan rimbun membuat udara di sekitarnya sejuk. Nama danau ini jika dilihat sekilas hampir sama dengan danau yang ada di Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Danau ini juga telah menjadi bagian dari cagar alam sejak tahun 1979.

Ternyata di balik keindahannya, Danau Kastoba menyembunyikan cerita yang sangat menarik mengenai asal usul keberadaannya. Meski hanya sekedar legenda yang berkembang di masyarakat, namun kisah ini tetap menarik untuk disimak dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Menurut cerita yang berkembang, pulau ini pada zaman dahulu bernama Pulau Bawean Pulau Majeti. Dan di tengahnya ada sebuah pohon besar, anggun dan rindang. Jadi jika ada yang berdiri di bawahnya, dia bisa meraih sebagian daun pohon itu.

Singkat cerita, pohon itu dicabut oleh Ratu Jin yang menguasai Pulau Majeti. Ia sangat marah karena seorang pemuda buta sedang memetik daun dari pohon besar. Konon tumbangnya pohon ini menjadi sumber air dan membentuk sebuah danau. Hingga saat ini danau tersebut masih asri, rindang dan memiliki aura mistis. Danau ini dikenal juga dengan nama Danau Kastoba.

Fasilitas dan akomodasi di Danau Kastoba

Anda juga perlu mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang ditawarkan objek wisata alam ini. Bagi wisatawan yang bepergian dengan kendaraan pribadi, di sini tersedia tempat parkir kendaraan roda dua atau empat. Datas Bukit juga memiliki tempat istirahat bagi pengunjung. Untuk mencapai objek wisata alam ini terkenal sulit karena letak danau ini berada di atas bukit. Karena airnya yang jernih, berenang menjadi salah satu aktivitas yang tepat dilakukan saat datang ke sini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, jika mandi di telaga ini maka tubuh akan menjadi lebih awet muda.

Namun berenang di Danau Kastoba dilarang keras bagi wanita yang sedang menstruasi karena membahayakan dirinya. Meski hanya sekedar kepercayaan warga setempat, namun tetap perlu dihormati. Selain berenang, Anda juga bisa memancing di pulau ini. Danau ini juga cocok dijadikan tempat untuk berfoto seru bersama teman atau keluarga.

Berburu foto di Danau Kastoba

Tentu saja banyak pengunjung yang mengabadikan momennya bersama teman dan keluarga di Danau Kastoba. ada banyak Pekerjaan Ambil foto keren dengan latar belakang danau dan pemandangan alam yang indah. Dan salah satunya ada di foto ini!

Di sini Anda bisa mencoba berfoto bersama teman atau keluarga Anda. Tapi karena Pekerjaan Karena ini berada di atas danau, disarankan untuk berhati-hati. Karena kalau terjatuh, fotonya gratis. Kalau tidak, Anda tidak dapat mengambil foto di sana Pekerjaan yang lain karena pakaian yang Anda kenakan basah.

Baca juga: Danau Kaco, Indahnya Gemerlap Cahaya di Tengah Hutan Belantara

Akses jalan menuju objek wisata Danau Kastoba

Akses jalan menuju objek wisata alam ini cukup mudah. Jika Anda berada di luar Pulau Bawean, Anda bisa menggunakan cara berikut ini kecepatan perahu untuk menuju ke Pelabuhan Bawean. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Danau Kastoba dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Anda belum sampai ke danau, tahu? Karena letak danau ini berada di atas bukit, maka diperlukan usaha yang lebih besar untuk mencapai objek wisata alam ini. Anda harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer dan pendakian menuju puncak bukit memakan waktu sekitar 30 menit. Ada ratusan anak tangga dan semak-semak yang harus Anda lewati. Namun semua itu akan terbayar ketika sudah sampai di tepi danau. Oleh karena itu, didirikanlah rest area agar pengunjung dapat beristirahat setelah berjalan jauh.

Biaya masuk ke Danau Kastoba

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Danau Kastoba

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 6 sore

Tips berkunjung ke objek wisata Danau Kastoba

Jika Anda sudah sepakat untuk mengunjungi objek wisata alam ini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Yang pertama adalah jangan membuang sampah sembarangan demi menjaga kelestarian keindahan Danau Kastoba. Jika Anda menginap di Pulau Bawean lebih dari sehari, jangan lupa untuk memesan kamar hotel atau akomodasi yang paling dekat dengan objek wisata tersebut. Anda juga perlu bersikap sopan dan menghormati legenda Danau Kastoba karena danau ini terkenal dengan ilmu mistisnya. Dan yang paling penting adalah jangan berdoa dan memohon keselamatan saat berkunjung ke objek wisata ini.

Ini adalah ulasan singkat tentang Danau Kastoba, danau di atas bukit dan di tengah Pulau Bawean. Dijamin kamu akan betah berlama-lama disini. Jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips yang ada di atas. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda dan selamat berlibur!

Galeri foto Danau Kastoba

Selamat datang di Danau Kastoba
Potret Danau Kastoba
penangkapan ikan
Berenang di tepi danau
Perburuan Foto
Keindahan Danau Kastoba

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button