Tempat Wisata

Pulau Tambelan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apa itu Pulau Tambelan?

Pulau Tambelan merupakan salah satu destinasi wisata di Kepri yang tak kalah indah dan menariknya dengan destinasi wisata lainnya. Jika dilihat di peta, pulau ini hanya terlihat sebagai titik kecil di Laut Cina Selatan. Pulau yang merupakan bagian dari Kepulauan Riau ini terletak di dekat Kalimantan Barat.

Sebelumnya pada tahun 1623, pulau ini lebih dikenal dengan nama Pulau Sabda, nama yang diberikan oleh Sultan Johor VII yaitu Sultan Abdullah Muayat Syah. Ketika pecah Perang Riau antara tahun 1782 hingga 1784, nama Pulau Sabda diubah menjadi Pulau Tambelan.

Fasilitas Pulau Tambelan

Pulau ini menawarkan beragam pelayanan yang memuaskan mulai dari restoran, akomodasi, transportasi, keindahan alam dan masih banyak lagi. Bahkan, beberapa wisatawan yang mampu merebut hati penduduk setempat biasanya diperbolehkan menginap di rumahnya tanpa harus membayar.

Namun jika ingin menetap dalam jangka waktu lama, ada juga warga yang sengaja mengenakan biaya sekitar Rp 250.000,00 per bulan untuk menginap di rumahnya. Harga tersebut sudah termasuk biaya makan yang tentunya sangat murah karena sudah termasuk dalam satu paket.

Selain itu, ada juga kapal yang bisa digunakan wisatawan untuk bertamasya Pulau Tambelan. Jika diperhatikan, sebenarnya ada lumba-lumba yang siap bermain bersama Anda selama perjalanan di tengah laut.

Pesona Pulau Tambelan

Sekarang saatnya menjelaskan mengapa Anda harus memikirkannya Pulau Tambelan sebagai tempat yang tepat untuk bersantai selama liburan anda. Jika Anda tidak bisa berenang atau takut menyelam namun ingin melihat keindahan alam bawah laut, pulau ini adalah pilihan yang tepat.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang tanpa harus naik perahu atau bahkan menyelam ke dasar laut seperti yang biasa dilakukan wisatawan lainnya. Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa ratus meter dan karena permukaan lautnya jernih, Anda akan melihat terumbu karang yang indah.

Agrowisata di Pulau Tambelan

Faktanya, tidak ada agrowisata khusus di pulau ini. Namun bagi pecinta keindahan alam, wisata bawah laut memang tak tertahankan. Pembahasan ini dijelaskan lebih rinci pada subbab selanjutnya.

Wisata kuliner

Seperti yang telah dijelaskan pada subbab sebelumnya, apabila bermalam di rumah warga, harga sewa sudah termasuk dalam biaya makan. Makanan yang umumnya disajikan oleh pemilik rumah adalah ikan kakap merah dengan rasa pedas dan asam, sup bawal dan berbagai masakan berbahan dasar ikan yang lezat dan kaya rasa lainnya.

Baca juga: Pulau Penyusuk Favorit Wisatawan Dunia

Jika Anda ingin makan di luar seperti di kios konsesi, Anda tidak punya banyak pilihan. Biasanya hanya ada mie instan atau ayam penyet di menunya, yang pastinya lebih mahal dari ikan. Jika kurang puas, Anda bisa mengunjungi restoran terdekat yang juga menawarkan beragam menu makanan laut khas Riau.

Berburu foto di tur ini

Bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen di pulau cantik ini, laut bisa menjadi pilihan latar belakang foto yang cocok. Kejernihan air laut serta keindahan pemandangan alam yang disaksikan menjadikan sebuah gambar yang indah untuk dijadikan oleh-oleh.

Tips berwisata ke Pulau Tambelan

Selama menikmati keindahan laut, wisatawan dilarang keras menyentuh terumbu karang untuk memastikan proses pertumbuhan ekosistem tidak terganggu. Pasalnya, terumbu karang ini baru tumbuh kembali pasca peristiwa bom ikan yang juga berdampak pada benda lain di laut, termasuk terumbu karang, karena racunnya yang sangat kuat.

Menikmati keindahan Pulau Tambelan

kecantikan Pulau Tambelan berpusat di laut. Bisa dipastikan Anda tidak akan bisa menahan diri untuk tidak terjun langsung ke laut dan berenang menikmati alam. Anda yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir tidak bisa menikmati keindahan utama pulau ini.

Saat air tinggi kedalamannya minimal 80 sentimeter, bahkan 50 sentimeter di air laut normal. Bahkan, Anda hanya perlu berjalan kaki untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan berenang lewat. Tak jarang bintang laut biru tampil dan tampil cantik.

Biaya masuk ke Pulau Tambelan

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan dikenakan tiket masuk dengan harga mulai dari Rp 100.000,00 ditambah biaya akomodasi, makan atau layanan lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung? Pulau Tambelan? Persiapkan tubuh yang bugar dan buatlah daftar tujuan liburan yang perlu Anda tuju.

Jam buka Pulau Tambelan

Peta lokasi Pulau Tambelan

Galeri foto Pulau Tambelan

Potret Pulau Tambelan
Keindahan air laut di perairan Pulau Tambelan
Potret kapal besar di Pulau Tambelan
Potret rumah terapung di pesisir pantai
Sunrise di Pulau Tambelan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button