Tempat Wisata

Lima’s Cut House: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Rumah adat ini termasuk dalam kategori rumah adat yang berasal dari sana. Lokasi objek wisata ini adalah Kampung Teluk, Desa Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Batam.

Untuk kepentingannya sendiri, tempat ini didedikasikan sebagai peninggalan sejarah dan budaya masyarakat Melayu itu sendiri. Tingginya nilai sejarah peninggalan budaya ini menjadikannya sebagai tempat bersejarah dan warisan budaya khususnya bagi kota Batam. Selain fungsi sejarah, wisata ini juga memiliki fungsi edukasi bagi generasi muda.

Fungsi lainnya Rumah Potong Lima Selain itu juga mempunyai fungsi pariwisata bagi pengunjung, baik pengunjung lokal dari Batam sendiri maupun pengunjung dari luar kota Batam, antara lain dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan pulau-pulau lainnya.

Pesona Rumah Potong Limas

Rumah ini berbentuk panggung dengan tinggi kurang lebih 1,5 m, material rumah limas ini hanya kayu yang berbentuk papan. Pembangunan rumah pun berbeda-beda tergantung ketrampilan pemiliknya dalam membangun rumah besar atau kecil sesuai keinginan pemiliknya.

Keunikan dari rumah ini adalah merupakan rumah adat milik masyarakat melayu yang bertahan terhadap perubahan zaman di kawasan perkotaan Batam. Keunikan namanya Rumah Potong Lima berasal dari atap yang dipotong berbentuk limas.

Pemandangan alam di sekitar rumah sangat menarik karena suasana pedesaannya yang khas mampu menyegarkan kembali badan dan pikiran yang penat akibat aktivitas sehari-hari yang berat.

Fasilitas Limas Chop House

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini antara lain masjid dan warung makan. Jadi bagi anda yang ingin sholat tidak perlu meninggalkan waktu sholat. Anda bisa berdoa kapan saja di area rumah limas ini.

Namun jika ternyata Anda merasa lapar dan haus di siang hari, Anda bisa langsung membeli makanan dan minuman di warung sekitar Rumah Limas.

Sejarah Rumah Potong Limas

Rumah Limas milik masyarakat Melayu di Kota Batam ini telah berdiri sejak bulan November 1959. Dilihat dari tahun berdirinya, rumah adat ini sudah cukup tua dan sangat cocok dijadikan sebagai peninggalan sejarah bagi masyarakat Malaysia. Rumah ini dibangun oleh Haji Abdul Karim.

Namun fungsinya sebagai objek wisata rupanya baru diresmikan baru-baru ini, sekitar bulan November 2011. Masih tergolong baru untuk sebuah resor wisata, sehingga masih banyak pengunjung yang datang.

Baca Juga: Liburan keluarga tak akan terlupakan di Queen Garden Waterboom

Berburu foto di Rumah Limas Cut

berburu foto Rumah Potong Lima sangat pas karena anda akan mengabadikan rumah-rumah adat yang masih bertahan di kota batam. Karena keberadaannya sangat membutuhkan perawatan sehingga rumah ini masih bisa dianggap sebagai warisan Indonesia untuk anak cucu.

Saat memasuki rumah, Anda akan menemukan foto-foto bersejarah di ruang utama yang mampu membawa kembali kenangan masa lalu. Sekalipun kita tidak hidup di zaman bersejarah, semangatnya akan terasa dalam pikiran kita. Berfoto di setiap sudut rumah nantinya akan memberikan kesan tersendiri bagi pemirsa foto.

Tips Menuju Rumah Limas Cut

Salah satu cara agar objek wisata Rumah Limas tetap lestari dan terawat adalah dengan diwajibkan memberikan sumbangan sebagai biaya masuk dan tidak bertindak berlebihan saat mengambil foto misalnya. Dan jangan merusak alam sekitar dengan membuang sampah sembarangan.

Menikmati keindahan Rumah Potong Limas

Keindahan Rumah Piramida bisa Anda nikmati dari segi arsitektur bangunannya. Namun jika melihat pemandangan alam di sekitar Anda, Anda akan menemukan keindahan deretan pohon kelapa yang tumbuh rapi di belakang rumah limas ini.

Peta lokasi Rumah Limas Panggang

Jam buka dan biaya masuk Limas Cut

Adapun jam bukanya, objek wisata ini buka pada hari Senin hingga Minggu. Jadi Anda bisa datang kapan saja karena buka setiap hari. Jam buka kurang lebih pukul 08.00 hingga tutup pada pukul 17.00. Sangat cocok bila Anda sedang berkunjung bersama keluarga tercinta.

Namun, untuk biaya masuknya, Anda tidak perlu membayar apa pun untuk masuk karena tiket masuknya gratis. Sebagai biaya pemeliharaan agar tempat wisata ini bisa berkembang lebih baik, ada baiknya jika kita memberikan donasi walaupun tidak dipungut biaya masuk.

Demikian informasi mengenai Rumah Potong Lima Ini bisa menjadi referensi untuk Anda kunjungi ketika Anda memiliki waktu luang dan ingin mengunjungi tempat wisata yang tidak biasa dan mengingat sejarahnya. Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi pelajar yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah rumah adat di Kota Batam.

Galeri Foto Rumah Cincang di Lima

Selamat datang di Rumah Potong Limas

Potret Rumah Potong Limas
Kedai kopi
Keindahan rumah panggung kayu
Berburu foto di Rumah Limas Cut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button