Tempat Wisata

Pahami risiko yang mungkin Anda hadapi saat bepergian

Traveling atau jalan-jalan ke berbagai destinasi kini sudah menjadi gaya hidup. Tua, muda, pekerja atau anak sekolah kini punya destinasi impiannya masing-masing.

Ada yang suka menikmati pegunungan, ada juga yang menyukai pantai atau ada pula yang memilih wisata kota dan belanja sebagai gaya perjalanannya.

Pada dasarnya ada begitu banyak pilihan untuk bepergian saat ini, yang terpenting hanyalah bagaimana kita dapat memutuskan tujuan mana yang sesuai dengan selera kita dan sarana yang kita miliki.

Biasanya sebelum memulai perjalanan, kita melakukan sedikit riset terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan.

Biasanya Google kemudian menjadi tempat pencarian yang mudah dan murah karena biasanya dipasang di ponsel. Mulai dari alat transportasi yang akan kita gunakan, hingga restoran halal dan yang tidak kalah pentingnya adalah tempat dimana kita akan menginap.

Tentu saja penelitian ini dilakukan untuk menghindari kesalahan perjalanan yang dapat berujung pada bencana.

Namun, terkadang kita perlu mengetahui semua kebutuhan perjalanan kita secara detail. Terkadang fakta di lapangan tidak sesuai dengan ekspektasi kita.

Hal itulah yang justru membuat traveling penuh risiko. Meski kita tidak pergi ke tempat berbahaya, kesalahan kecil bisa saja terjadi. Berikut lima risiko yang mungkin Anda temui saat bepergian

Penerbangan ketinggalan

Kesalahan fatal namun umum terjadi adalah tidak sampai ke bandara tepat waktu. Saat kita melakukan penerbangan pagi, terkadang kita tidak bisa bangun sesuai jadwal.

Kebiasaan tidak tepat waktu tentunya disebabkan oleh kegagalan kita dalam memperkirakan waktu dan memahami keadaan tubuh kita.

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa bangun pagi, biasakan untuk tidur cepat pada malam sebelum berangkat. Haram jika kita berkemas pada malam sebelum keberangkatan, apalagi jika harus pergi ke tempat tujuan yang jauh.

Usahakan untuk mencicil beberapa hari sebelumnya agar tidak perlu begadang hanya untuk berkemas.

Jadi apa yang bisa kita lakukan jika kita ketinggalan pesawat? Biasakan untuk tidak panik, lalu segera hubungi pihak maskapai dan tanyakan kemungkinan refund atau ikut penerbangan berikutnya.

Jika Anda menyewa agen perjalanan, mereka biasanya dapat membantu menyelesaikan masalah pengembalian dana Itu. Namun solusi terbaik untuk semua ini adalah datang lebih awal. Satu hal sederhana yang harus selalu Anda ingat adalah lebih baik datang lebih awal daripada terlambat dan terburu-buru.

Barang hilang/barang tertinggal di dalam pesawat

Pernahkah Anda kehilangan barang karena kelalaian maskapai penerbangan? Atau pernahkah Anda lalai meninggalkan sesuatu di pesawat? Mungkin Anda pernah merasa panik ketika sesuatu tiba-tiba hilang? Inilah salah satu risiko traveling yang perlu Anda waspadai.

Kita semua melakukan kesalahan, namun selalu tangani barang-barang Anda dengan hati-hati. Membawa terlalu banyak koper juga dapat meningkatkan risiko ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa barang bawaan dengan bijak saat bepergian.

Di bawah ini Anda akan menemukan kontak dua maskapai penerbangan yang dapat Anda hubungi jika Anda mengalami masalah:

Garuda Indonesia: (62-21) 23519999 atau 08041807807 atau [email protected]

AirAsia: 0212970999

Penyakit atau kecelakaan

Tidak ada yang bisa menghindari masalah ini jika terjadi saat bepergian. Kemungkinan apapun bisa terjadi, apalagi jika kita pergi ke negara yang mempunyai budaya dan adat istiadat yang berbeda.

Usahakan untuk selalu mengetahui apa yang kita makan, apakah makanan tersebut mengandung sesuatu yang dapat menyebabkan alergi atau pastikan kita mengetahui semua kebiasaan berkendara di tempat tujuan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Anda mungkin dapat mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan-kemungkinan ini, misalnya dengan mulai mendaftar asuransi.

Cari tahu tentang asuransi kesehatan yang dapat berlaku secara internasional jika, dalam skenario terburuk, Anda harus pergi ke rumah sakit. Biasakan untuk berpikir tidak hanya soal berbelanja, tapi juga memastikan keselamatan Anda tetap terjaga.

Dirampok di tempat ramai

Risiko lain yang paling umum adalah barang-barang kita hilang saat berada di tempat ramai. Karena terlalu sibuk melihat-lihat, kami lupa apa yang kami bawa.

Selalu pastikan tas Anda terlihat oleh mata. Jangan membawa uang terlalu banyak, bawalah secukupnya untuk seharian dan simpan sisanya di tempat yang aman.

Jangan lupa dokumen penting seperti paspor Anda. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda juga memiliki asuransi perjalanan yang dapat menanggung kerugian tersebut.

Saya tidak menemukan makanan halal

Jika Anda beragama Islam, jangan lupa bahwa tidak semua negara memiliki banyak restoran halal. Jangan lupa untuk melakukan riset sebanyak-banyaknya untuk mengetahui di mana mencari makanan halal.

Jika memang harus, Anda juga bisa membawa makanan sendiri dari Indonesia, namun pastikan Anda mengetahui apakah makanan tersebut bisa melewati imigrasi atau tidak.

Setiap perjalanan mempunyai risikonya masing-masing. Bepergian bukan hanya tentang bersenang-senang tetapi juga cara terbaik bagi kita untuk mendapatkan pengalaman baru dan pengalaman baru selalu diikuti oleh beberapa masalah sehingga semua pelancong sejati dan cerdas harus selalu melakukan segala sesuatunya dengan baik sebelum mempersiapkan keberangkatan.

Kita tidak bisa menghindari hambatan, tapi kita bisa mengurangi risikonya.

Selamat jalan!

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button