Tempat Wisata

Air Terjun Jaran Goyang, air terjun mempesona dengan berbagai pesona di Probolinggo

Di Air Terjun Jaran Goyang, wisatawan bisa menemukan berbagai atraksi yang akan membuat betah dan tidak menyesal mengunjungi air terjun tersebut.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Goyangan No. Timur, Krajan, Guyangan, Kec. Krucil, Cab.Probolinggo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Saat anda berkunjung ke Probolinggo, anda bisa mengunjungi tempat wisata air bernama Air Terjun Jaran Goyang ini. Tempat ini menawarkan banyak destinasi wisata dan salah satu yang paling terkenal adalah air terjun ini. Bahkan, destinasi ini mendapat penghargaan sebagai Tempat Wisata Terbaik dalam Satu Desa Satu Destinasi (OVOD).

Penghargaan ini berarti semakin banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan alam yang beragam. Air terjun ini memiliki ketinggian 70-80 meter dan memiliki bangunan pendukung yang cukup lengkap. Pasalnya, ada pihak pengelola yang menjadikan tempat wisata ini semakin indah.

Di sana wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai, berenang, hingga berfoto di lokasi yang menarik dan tentunya Instagrammable. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai wisata alam di Air Terjun Jaran Goyang, yuk simak ulasannya berikut ini.

Perjalanan snorkeling ke Gili Ketapang

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Jaran Goyang

Daya tarik Air Terjun Jaran GoyangFoto: Google Maps/Firnanda Eka Prasetya

Destinasi ini merupakan destinasi wisata baru yang baru diresmikan pada tahun 2017 lalu. Di air terjun cantik ini wisatawan akan menemukan banyak atraksi yang akan membuat betah dan tidak menyesal mengunjungi tempat ini. Daya tarik tempat wisata di Probolinggo ini adalah sebagai berikut:

✦ Ada banyak tempat menarik

Menariknya, Air Terjun Jaran Goyang konon dikelola dengan baik sehingga banyak wisatawan yang menemukan tempat menarik di tempat ini. Di dalamnya terdapat kolam ikan, kolam renang, dan paviliun yang paling populer di kalangan wisatawan untuk relaksasi. Ada juga spot foto yang bikin hasilnya makin cantik.

Foto ini cocok untuk dibagikan ke media sosial nantinya. Banyaknya tempat menarik ini memberikan kebebasan kepada pengunjung untuk memilih dan menjelajahi setiap sudut air terjun untuk mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan.

✦ Air terjun yang indah

Ketinggian air terjun ini mencapai 70-80 meter dengan kemewahannya yang menarik. Dari ketinggian tersebut keindahan air terjun ini semakin indah dan terlihat mempesona. Ketinggian air terjun membuat percikan air dari atas ke sungai tampak berkilau.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

Kemudian udara dihembuskan dari cipratan air terjun ini hingga menghantam jembatan. Keindahan alam ini membuat tampilan semakin menarik sehingga bisa dijadikan tempat berfoto yang indah.

✦ Dapat bersantai dan menikmati pemandangan

Daya tarik terakhir yang membuat banyak wisatawan datang ke tempat ini adalah mereka bisa dengan mudah bersantai disana dan menikmati pemandangan derasnya air terjun. Di tempat ini terdapat gazebo sehingga tidak sulit menikmati keindahan alam yang menenangkan.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Jaran GoyangFoto: Google Maps/Air Terjun Jaran Goyang

Perjalanan menuju Air Terjun Jaran Goyang bisa dilakukan menuju Jl Goyangan, Guyangan, Krucil Probolinggo, Jawa Timur. Akses jalan yang mudah untuk berbagai jenis kendaraan, sehingga tidak perlu khawatir jika Anda menuju Probolinggo dengan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang datang dari pusat kota Probolinggo memerlukan jarak 35 km untuk mencapai tujuan.

Dari kota Kraksaan, objek wisata alam ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Aksesnya mudah lewat pertigaan Pajarakan. Lalu melajukan kendaraan menuju Gading lalu menuju Tiris. Sesampainya di sana, kamu bisa langsung menuju Krucil hingga Guyangan.

Terakhir, pergi ke Jalan Goyang. Wisatawan dapat mencapai tempat ini menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan angkutan umum, bersiaplah untuk perjalanan yang berbeda karena tempat wisata tidak dapat dijangkau dengan angkutan tersebut.

Hotel murah di Probolinggo

Biaya masuk wisata alam

Air Terjun Jaran Goyang merupakan salah satu objek wisata air yang banyak dikunjungi pengunjung. Wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke tempat ini setiap hari. Waktu kedatangan bisa hari apa saja dan jam operasional mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Pembayaran tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja.

Dari segi harga tiket, tur ini tidak akan menguras isi dompet Anda, sehingga Anda bisa dengan mudah berkunjung kapan pun Anda mau dan bisa membawa keluarga besar karena harga tiketnya cukup murah.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun Jaran GoyangFoto: Google Maps/Maulana Ghulam Hanifa

Jika Anda berencana berwisata ke sana, sebaiknya cari tahu dulu aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan di air terjun ini. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Aktivitas menarik yang ada di Air Terjun Jaran Goyang adalah sebagai berikut:

1. Anda bisa berkemah dalam kemewahan

Salah satu aktivitas menarik yang disukai pecinta alam adalah glamping di kawasan tersebut. Glamping merupakan kepanjangan dari glamorous camping, yaitu berkemah dengan cara yang mewah. Area glamping ini terletak satu lokasi dengan area parkir wisata Air Terjun Jaran Goyang.

Glamping di air terjun ini tentu berbeda dengan camping biasa. Wisatawan bisa berkemah di luar ruangan dan hampir seperti tinggal di tenda. Namun bedanya, fasilitas di dalamnya lebih lengkap. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu repot menyiapkannya sendiri. Didalamnya terdapat dua kasur, teko dan minuman.

2. Bermain di sungai

Aktivitas yang menarik adalah bermain air bersama teman atau keluarga. Hal ini tentu akan menyegarkan karena sumber air terjun cantik ini masih tergolong bersih dan jernih. Hal ini membuat sungai ini cocok untuk berenang dan berbagai olahraga air.

Jika Anda bermain bersama teman atau keluarga, tersedia juga ban, perahu atau perahu yang disewakan, dan berbagai perlengkapan lainnya yang cocok untuk bermain bersama rombongan. Dengan begitu keseruan tempat wisata ini tentunya akan semakin meningkat.

3. Bersantai di gazebo

Dan bila sudah muak bermain air, wisatawan bisa bersantai di pendopo yang telah disiapkan. Paviliun ini terletak di dekat kolam pemancingan sehingga wisatawan bisa lebih menikmati pemandangan. Suasana damai ditemani ikan mas membuat wisatawan betah berlama-lama berada di tempat ini.

Di dekat pendopo juga terdapat warung yang bisa dijadikan pilihan wisata kuliner keluarga dimana Anda bisa menikmati makanan rumahan dan minuman non-alkohol yang pastinya ramah budget. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berlibur bersama keluarga. Kunjungan ke Air Terjun Jaran Goyan merupakan pilihan yang direkomendasikan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun Jaran GoyangFoto: Google Maps/Firnanda Eka Prasetya

Berbeda dengan air terjun yang umumnya minim fasilitas, Air Terjun Jaran Goyang menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap sehingga semakin maksimal untuk melakukan wisata di tempat ini. Terdapat berbagai fasilitas seperti : B. Penyewaan perlengkapan bermain air, kolam pemancingan, pendopo, warung makan, tempat parkir yang luas bahkan toilet umum.

Selain itu, konektivitas jalan juga sudah baik bagi wisatawan sehingga mudah dijangkau. Anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Gayungan seperti sayur mayur dan buah durian untuk dibawa pulang.

Air Terjun Jaran Goyang merupakan salah satu objek wisata yang menarik dan populer di Probolinggo, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan apalagi jika Anda sedang berada di kawasan ini. Berbagai fasilitas dan aktivitas menyenangkan tersedia disana sehingga Anda tidak akan bosan disana karena banyak sekali atraksi yang bisa dijelajahi di tempat wisata ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button