Tempat Wisata

Kantor Istana: Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Istana Perkantoran juga terletak di sebuah pulau yang kaya akan situs peninggalan sejarah, yang sedang dikembangkan oleh pemerintah untuk menarik wisatawan dengan mengandalkan wisata sejarah dan religi di pulau tersebut. Istana kantor merupakan istana milik Yang Dipertuan Muda Riau VIII Raja ALI pada tahun 1844 hingga 1857. Banyak orang mengenal kantor keraton dengan sebutan Kantor Mahrum. Dengan luas 1 hektar, bangunan ini merupakan kompleks istana yang berfungsi sebagai bangunan tempat tinggal dan perkantoran.

Tempat tinggal ini merupakan impian Raja Ali dan kerabatnya. Selain itu, istana ini juga berfungsi sebagai tempat tinggal para bangsawan. Sementara itu, istana ini juga difungsikan sebagai kantor Raja Ali pada tahun 1844.

Beberapa bangunan ada yang hancur, ada pula yang masih tersisa berupa bangunan dan puing-puing yang menunjukkan kekuatannya. Gerbang keraton masih berdiri kokoh dengan pagar tembok yang mengelilingi kantor keraton dan menara pandang. Bangunan utama merupakan bangunan dua lantai dan terdapat kantor.

Bangunan yang berdiri kokoh ini merupakan bangunan induk, bangunan utama berlantai dua tempat kantor Raja Ali bermula. Keseluruhan bangunan hanya dibatasi oleh tembok keliling dengan tiga pintu masuk dari arah barat, timur dan utara. Gerbang tersebut sekaligus berfungsi sebagai gerbang penjagaan dan pengawasan.

Tiga pintu masuk membawa Anda ke lokasi yang berbeda. Gerbang utara membawa Anda langsung ke pemandian, sedangkan gerbang timur adalah pintu biasa.

Fasilitas kantor istana

Tidak ada ruginya jika berkunjung Istana kantor untuk menambah wawasan anda mengenai sejarah Istana Perkantoran itu sendiri. Meski sudah lama berdiri dan beberapa bangunan rusak serta reruntuhan, namun masih ada bangunan yang berdiri kokoh. Bangunan ini adalah cara untuk belajar tentang sejarah.

Bangunan utama istana perkantoran masih berdiri dan menawarkan sekilas sejarah bangunan tersebut. Dengan dua tingkat yang berfungsi sebagai kediaman dan kantor Raja Ali. Selain itu, setiap gerbang yang ada membawa Anda ke lokasi berbeda.

Sejarah Kantor Istana

Istana kantornya terletak di Pulau Penyengat, pulau kebanggaan yang menjadi bagian Kepulauan Riau di Tanjungpinang. Pulau ini kaya akan peninggalan sejarah Kerajaan Riau. Oleh karena itu, pemerintah mengembangkan potensi pulau tersebut untuk menarik wisatawan mengenal kantor keraton.

Pada tahun 1719, pulau ini menjadi tempat pertahanan Raja Kecil, dimana ia berhasil menghalau serangan Tengku Sulaiman dari Hulu Riau. Sementara itu, ia membangun benteng pada tahun 1782 hingga 1784 untuk menahan serangan Belanda.

Dari tahun 1844 hingga 1857, kantor istana berfungsi sebagai tempat tinggal Raja Ali dan kerabat serta keluarganya sebagai Marhum Kantor. Bangunan kokoh ini merupakan bangunan induk dua lantai yang berfungsi sebagai kantor Raja Ali.

Berburu foto di tur ini

Sebagian bangunan kantor istana rusak dan sebagian bangunan utama masih tersisa. Bagian utama bangunan merupakan tempat yang selalu digunakan untuk fotografi. Anda tinggal berdiri disana dan mengambil foto dengan latar belakang bangunan utama atau mengambil foto dari bangunan utama.

Selain bangunan induk yang selalu menjadi daya tarik untuk diabadikan wisatawan, momen juga bisa diabadikan saat memasuki gerbang kompleks Istana Perkantoran.

Tak hanya di depan gedung dan gerbang kantor keraton saja, Anda juga bisa berfoto dengan berpose di dalam benteng yang terletak di sisi kanan dan kiri bangunan tersebut. Atau Anda juga bisa mengambil foto dari tiga pintu masuk berbeda yang dimiliki Istana Istana.

Baca juga: Hutan Mangrove Sungai Dompak, wisata alam di Kepulauan Riau

Tips menuju istana kantor

Istana kantor merupakan peninggalan sejarah yang wajib dilestarikan agar generasi mendatang dapat menikmati dan mempelajari sejarah Istana Perkantoran. Meski bangunan yang tersisa hanyalah bangunan induk, namun akan lebih baik lagi jika kita merawatnya.

Saat berkunjung ke Istana Perkantoran, Anda harus berhati-hati dan tidak merusak peninggalan sejarah ini dengan tulisan di atasnya. Peninggalan sejarah sangat berharga bagi kita, sehingga kita dapat mengambil pelajaran darinya kelak.

Jika ingin membuat kunjungan Anda tak terlupakan, sebaiknya ambil foto dengan latar belakang istana kantor dan jangan merusaknya serta mengambil barang yang bukan milik Anda.

Denah lokasi kantor istana

Jam buka dan biaya masuk istana kantor

Istana kantor menjadi destinasi wisata yang mampu menarik wisatawan. Oleh karena itu, tidak ada waktu khusus bagi Anda untuk memasuki area Istana Perkantoran. Untuk masuknya juga tidak ada tiket khusus, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya masuk. Menjadi tempat wisata yang kaya akan sejarah memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah tersebut.

Galeri Foto Istana Kantor

Selamat datang di Istana Kantor

Gerbang istana kantor
Potret Istana Resmi
Berburu foto di depan kantor istana
Potret udara istana kantor

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button