Tempat Wisata

Harga Tiket Masuk GUNUNG GEDE PANGRANGO TN dan Kegiatan Agustus 2023

Harga Tiket Masuk GUNUNG GEDE PANGRANGO TN dan Kegiatan Agustus 2023

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Biaya masuk: Rp 17.500 – Rp 470.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: 0811 9155 815 . Alamat/Lokasi: Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Indonesia memiliki banyak gunung, baik gunung api yang aktif maupun yang sudah punah. Bagi para pendaki gunung-gunung di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi. Tidak ada pengecualian Gunung Gede Pangrango.

Gunung ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Pangrango. Salah satu taman nasional Indonesia sejak tahun 1980. Sampai sekarang Taman Nasional Gunung Gede Panrango (TNGGP)masih menjadi favorit para pendaki.

Biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Biaya masuk TNGGP sangat murah. Padahal, ada objek wisata lain di dalamnya yang bisa dikunjungi.

Biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Tiket masuk regular student day untuk pendakian 17.500 Rp
Tiket masuk panjat tebing di akhir pekan untuk pelajar 20.500 Rp
Tiket masuk WNA (weekdays) 320.000 Rp
Tiket masuk untuk orang asing (hari libur) 470.000 Rp
Tiket masuk WNI (weekdays) 29.000 Rp
Tiket Masuk WNI (Hari Libur) 34.000 Rp

Baca: Tiket Masuk Mandalawangi Cibodas dan 5 Kegiatan Wisata Alam

Informasi penting sebelum Anda mengunjungi TNGGP:

  • Harga tiket sudah termasuk asuransi untuk pendakian 2 hari 1 malam.
  • Untuk pemesanan tiket online anda bisa mengunjungi website resmi booking.gedepangrango.org
  • Kegiatan wisata alam, berkemah, dan mendaki kembali dilanjutkan.

Jam buka Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kegiatan pendakian di Gunung Gede Pangrango akan ditutup mulai tanggal 13 hingga 18 Agustus 2023.

Tidak ada batasan waktu untuk memasuki objek wisata TNGGP. Pendaki biasanya berangkat pada malam hari atau sore hari. Hal ini dilakukan untuk mencapai puncak saat matahari terbit.

Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede PangrangoTaman Nasional Gunung Gede Pangrango. Foto: Gmap/Abhi Supryandi

Gunung Gede Pangrango adalah sebuah gunung di Jawa Barat. Ukuran gunung ini mencakup hingga tiga rentang. Yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Sedangkan ketinggian Gunung Gede mencapai 1.000 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut. Dan masih bagian dari Taman Nasional Pangrango. Selain itu, untuk menuju kawasan wisata ini, Anda bisa melewati beberapa tempat, antara lain Mandalawangi dan Cibodas.

Ada daerah pegunungan, udara sejuk dan dingin menemani anda. Suhu rata-rata adalah 18 derajat pada siang hari dan 5 derajat pada malam hari. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata ini.

Baca: Tiket Masuk Gunung Padang Cianjur dan 5 Tempat Wisata

1. Menikmati keindahan Telaga Biru

Telaga biru di Gunung GedeDanau Biru Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Foto: Google Maps/Edwin Djaja

Mendaki gunung ini bisa dilakukan kapan saja. Jika ingin mengabadikan matahari terbit, Anda bisa mendaki pada sore atau malam hari. Namun, jika ingin berkemah, Anda bisa memulai pendakian di pagi hari.

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi keindahan alam dan pemandangan hutan tropis. Terkait dengan keberadaan Telaga Biru. Yaitu sebuah danau kecil dengan luas 5 hektar di ketinggian 1.575 m dpl.

Saat terkena sinar matahari, warna air danau tampak biru jernih. Warna biru ini disebabkan adanya ganggang biru-hijau di danau. Itulah yang membuatnya begitu menggemaskan.

2. Curug Cibeureum dengan lumut merah yang khas

Curug CibeureumCurug Cibeureum. Foto: Gmap/Syibli Abu Rasyid

Sekitar 2,8 km dari pintu gerbang jalur Cibodas terdapat Curug Cibeureum. Air terjun setinggi 50 meter ini memiliki air yang jernih dan dingin. Pengunjung juga bisa berenang, mandi atau sekedar bermain di bawah air terjun.

Kesegaran air terjun dapat menghilangkan rasa lelah selama pendakian yang panjang. Dan tentunya berfoto sambil bersantai di bawah air terjun menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, keunikan Curug Cibeureum adalah sejenis lumut berwarna merah. Lumut ini hanya tumbuh di sekitar air terjun. Itu sebabnya lumut merah ini istimewa, karena merupakan tanaman endemik di sini.

3. Bersantai dengan air panas Gunung Gede Pangrango

sumber airPemandian air panas Gunung Gede Pangrango. Foto: Gmap/Aditya Nugroho

Selain curug Cibeureum, disini juga terdapat sumber air panas alami. Pemandian air panas ini berjarak sekitar 5,3 km dari pintu masuk jalur Cibodas. Pendakian memakan waktu 2 jam berjalan kaki.

Air panas ini berasal dari mata air alami. Lokasinya tepat berada di tengah jalan setapak. Itu sebabnya ada tali yang bisa dipegang pendaki.

Karena berada di tengah gang, sebaiknya Anda tidak mandi berlama-lama di sini. Jika ingin bersenang-senang, pengunjung bisa membasuh muka atau sekadar membasuh kaki dan tangan.

4. Berkemah di kandang batu dan kandang badak

Berkemah di gunung besarCamping di TNGGP bisa dilakukan di beberapa lokasi. Foto: Google Maps/Mahard Sam

Jika ingin berkemah, ada juga lokasi tenda bernama Kandang Batu dan Kandang Badak. Selain berkemah, tempat ini juga menjadi tempat pengamatan flora dan fauna. Situs ini berada di ketinggian 2.220 mdpl dan berjarak 7,8 km. Dengan berjalan kaki bisa memakan waktu hingga 3,5 jam.

5. Keindahan panorama di kawah Gunung Gede Pangrango

Di puncak Gunung Gede terdapat panorama yang sangat indah. Matahari terbit dan terbenam sangat bagus untuk dilihat dari sini. Ditambah dengan pemandangan kota Cianjur, Bogor dan Sukabumi yang jelas.

Selain itu, terdapat tiga kawah Gunung Gede di puncak ini. Diantaranya adalah Kawah Lanang, Kawah Ratu dan Kawah Wadon. Semuanya berada di ketinggian 2.958 m dpl. dan berjarak 9,7 km dari Cibodas.

Baca: Tiket Masuk Panoramic Tour Pabangbon dan 5 Spot Foto Cantik

6. Alun-alun Suryakencana yang Misterius

Di ketinggian 2.750 mdpl, terdapat sebuah kawasan luas yang disebut Lapangan Suryakencana. Dataran seluas kurang lebih 50 hektar ini ditumbuhi bunga edelweiss yang cantik.

Namun, keindahan ini begitu misterius karena menurut saksi mata, terkadang terdengar suara misterius. Yakni, suara misterius berupa tapak kuda yang sedang berlari.

Lokasi dan Kontak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Obyek wisata ini terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi (0263) 519415 atau email [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button