Tempat Wisata

Air Terjun Geluguran: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Objek wisata alam Air Terjun Geluguran menjadi salah satu tempat wisata yang banyak digemari masyarakat sekitar karena air terjun ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Keindahan di sekitar air terjun ini masih sangat alami dan asri. Pengunjung disuguhi udara sejuk yang berasal dari pepohonan rindang yang mengelilingi air terjun ini. Hijaunya pepohonan berpadu dengan jernihnya air menciptakan keindahan yang tiada duanya. Kicauan burung berpadu dengan suara air terjun membuat melodi alam begitu indah dan menyenangkan. Tempat ini akan terlihat ramai terutama pada akhir pekan atau hari libur. Dimana pengunjung yang datang tidak hanya warga Bengkulu sendiri namun juga pengunjung dari luar kota.

Pengunjung tempat ini tidak hanya disuguhi kesejukan udaranya namun juga keindahan alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Pengunjung justru bisa menikmati pemandangan deretan perbukitan. Tak hanya itu, berbagai jenis flora dan fauna juga terdapat di sekitar air terjun ini, mulai dari berbagai jenis hewan seperti monyet yang bergelantungan di pohon besar hingga berbagai jenis tumbuhan. Di kawasan ini pengunjung yang beruntung juga bisa mengagumi keindahan bunga Rafflesia, karena di kawasan ini juga terdapat habitat dari bunga Rafflesia itu sendiri.

Salah satu daya tarik pengunjung yang berkunjung ke tempat ini adalah Air Terjun Gelugiran yang memiliki tujuh tingkat. Pengunjung dapat melihat keindahan air terjun ini dari dekat karena tepat di bawah air terjun ini pengunjung dapat berenang bebas menikmati kesegaran dan kejernihan airnya. Pengunjung juga tidak perlu khawatir karena tempat mandi atau berenang di bawah air terjun ini tidak terlalu dalam, hanya sekitar 2 meter. Namun pengunjung harus berhati-hati saat mandi atau berenang di lokasi ini.

Baca juga: Danau Dendam Tak Jadi, panorama keindahan alam yang tersembunyi di Bengkulu

Tempat wisata Air Terjun Geluguran ini sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat liburan suasana alam yang masih asri dan alami. Tempat ini juga cocok bagi Anda untuk memanjakan diri, bersantai dan melepaskan segala tekanan mental yang menumpuk akibat kesibukan dan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Bagi Anda yang masih ragu dalam memilih tempat liburan, tidak ada salahnya menambahkan Air Terjun Geluguran ke dalam daftar destinasi liburan Anda. Namun pengunjung harus berhati-hati karena fasilitas pendukung di kawasan ini masih cukup buruk. Untuk itu pengunjung disarankan membawa perlengkapan liburan terutama makanan dan minuman.

Lokasi Air Terjun Geluguran

Air Terjun Geluguran terletak di Desa Pino, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Air terjun ini sendiri juga terletak tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Manna dengan Pagar Alam Besemah.

Akses menuju Air Terjun Geluguran

Akses menuju tempat wisata alam ini juga tidak terlalu sulit. Dari kota Ulu Manna, pengunjung bisa sampai ke sana dalam waktu sekitar 45 menit melalui jalur beraspal. Lokasi air terjun ini juga mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua atau empat karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat wisata ini terletak di jalan lintas yang menghubungkan Kota Manna, ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Jam buka Air Terjun Geluguran dan tarif masuknya

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa datang kapan saja untuk menikmati momen terindah. Anda bisa mengunjunginya mulai pagi hari. Saat ini belum ada informasi pasti mengenai HTM atau tarif masuk Air Terjun Geluguran.

Tips Liburan Air Terjun Geluguran

  • Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan memiliki stamina yang cukup

  • Bawa saja perlengkapan liburan secukupnya dan jangan lupa membawa baju atau baju ganti

  • Bawalah bekal makanan dan minuman karena masih ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman di tempat ini

  • Bawalah kamera untuk menunjang perjalanan Anda dan mengabadikan momen indah bersama teman atau keluarga

  • Selalu melestarikan alam sekitar dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

  • Anda yang membawa anak kecil usahakan untuk selalu memperhatikan anak anda agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Galeri Foto Air Terjun Geluguran

Air Terjun Geluguran
Jembatan gantung menuju air terjun

Berburu foto di air terjun
Potret pengunjung
Mandi di bawah air terjun
Spot foto di atas air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button