Tempat Wisata

Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Eksotis dan Alami di Bantul Jogja

Curug Pulosari, tempat wisata air terjun yang eksotik dan alami di Bantul Jogja, memberikan kejutan kepada pengunjungnya dengan suasana alami dan asri yang sungguh memanjakan mata dan jiwa.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Jogja dikenal sebagai surganya wisatawan dari dalam dan luar negeri. Hal ini terbukti dengan banyaknya tawaran wisata, mulai dari wisata religi, museum, dan wisata kuliner hingga wisata alam. Soal wisata alam, Curug Pulosari dengan pesonanya yang mempesona menjadi tempat yang wajib dikunjungi untuk memperkaya liburan Anda.

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berkontribusi banyak terhadap wisata alam di Jogja. Di sinilah letak air terjun atau air terjun yang kita bicarakan kali ini. Lokasi tepatnya berada di bawah tebing terjal sehingga dibutuhkan keberanian dan kondisi fisik prima selama perjalanan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung karena penasaran dengan pesonanya.

Tempat wisata di Bantul ini menawarkan pemandangan alam yang serba natural dan terkesan eksotik. Tanaman hijau subur, kontur bebatuan, dan aliran air semakin menguatkan kesan damai pada setiap pengunjung. Apalagi lokasinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan, pasti asri namun masih alami.

Daya tarik air terjun Pulosari

Daya tarik air terjun PulosariFoto oleh Muhana Syafiquddary di Shutterstock

Disebut Curug Pulosari karena air terjun ini terletak di kawasan Pulosari, Bantul, Jogja. Karena tidak ada nama atau nama samaran lain yang dilampirkan, kecil kemungkinan Anda akan berakhir di tempat yang salah. Alasan kenapa kamu harus mengunjunginya tak lain adalah atraksi berikut ini!

Keindahan air terjun Pulosari

Indah dan mempesona, mungkin itulah yang terlintas di benak Anda saat sampai di tempat tersebut. Aliran air terjun terlihat jelas seperti tirai putih yang membentang menutupi bebatuan di belakangnya. Tingginya sekitar 5 hingga 7 meter, bisa dibilang tidak terlalu tinggi untuk air terjun di Jogja.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Meski begitu, dari segi kecantikan, tidak kalah dengan yang lain. Selain aliran air yang berfungsi sebagai tirai karena lebarnya, bebatuan di lokasi tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun dan sedikit di antara bebatuan tebing yang berfungsi sebagai jalur aliran air sehingga menambah kesan asri dan menyejukkan mata.

Kejernihan kolam

Aliran air Air Terjun Pulosari tidak langsung jatuh ke dalam kolam melainkan terlebih dahulu menyentuh bebatuan di bawahnya. Hal ini membuat suara gemericik air menjadi lebih jernih, seolah-olah sedang bernyanyi di alam. Kolamnya yang jernih dan berwarna hijau toska menjadi daya tarik wisatawan untuk segera terjun ke dalamnya.

Kejernihan airnya semakin indah dengan hadirnya bendungan yang terbuat dari batu-batuan di dalam cekungan sebelum akhirnya air mengalir ke tujuan selanjutnya. Di samping kolam terdapat sebuah batu besar yang biasanya menjadi titik utama untuk mengabadikan momen. Bebatuan ini pun menambah nilai eksotik air terjun cantik ini.

Suasana alami dan indah

Bagi yang mendambakan liburan nyaman dengan pemandangan indah, Curug Pulosari adalah pilihan yang tepat. Pasalnya di tempat wisata alam ini tidak terdapat bangunan apa pun. Toko hanya buka pada hari libur dan Minggu. Suasananya yang tenang menambah kesan asri dan nyaman terutama bagi wisatawan yang datang dari perkotaan.

Namun, masih akan ada kerumunan pengunjung lain di hari yang sama saat Anda mengunjungi tempat tersebut. Namun kehadirannya tidak mengurangi aktivitas yang ditawarkan maupun pesona alamnya. Aliran air dengan suaranya yang khas masih terdengar jelas. Demikian pula, pepohonan mempertahankan warna hijau alaminya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun PulosariFoto oleh Ifstwelv di Shutterstock

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Curug Pulosari setelah melihat objek wisata diatas, silahkan langsung menuju Jalan Krebet, Sendangsari, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 28 kilometer.

Dengan asumsi Anda saat ini berada di pusat Kota Jogja, silakan menuju Jalan KH. Pertama, Ahmad Dahlan. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jalan Wates dan melewati Ringroad Barat. Setelah beberapa menit berkendara, Anda akan sampai di Jalan Nasional III dan melewati Jalan Rindang.

Saat ini rute selanjutnya adalah Jalan Bibis Raya. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jalan Bangunjiwo, Jalan Gua Selarong dan Jalan Pandu Dewonto. Tempat wisatanya tidak jauh, silahkan gunakan rambu pinggir jalan. Jika masih bingung, sebaiknya gunakan panduan aplikasi Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan Curug Pulosari ternyata tidak harus mahal, cukup membayar tiket masuk sebesar 2.000 rupiah per orang. Harganya tentu saja sangat terjangkau dibandingkan liburan yang tak terlupakan. Biaya lain yang harus dibayar adalah parkir kendaraan yang tentunya juga sangat terjangkau.

Jika membawa mobil, biaya parkirnya hanya sebesar 5.000 rupiah, sedangkan pengunjung yang membawa sepeda motor dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah per unit. Air terjun cantik di Bantul ini buka 24 jam setiap hari. Disarankan datang saat musim hujan atau setelah hujan karena pada musim kemarau aliran airnya tidak terlalu deras sehingga keindahannya kurang maksimal.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik di Air Terjun PulosariFoto oleh Zeedane Ferdian di Shutterstock

Hanya karena hanya air terjun bukan berarti tidak ada aktivitas menarik. Sebaliknya, Curug Pulosari menawarkan berbagai aktivitas seru yang membuat liburan semakin berkesan dan berkesan. Di bawah ini adalah ikhtisar lengkap aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan secara lokal!

1. Pelacakan lokasi

Ternyata tiket masuk yang murah harus tergantikan dengan jalur sulit menuju air terjun. Kendaraan hanya bisa mengantar sampai ke tempat parkir, lalu harus berjalan kaki. Perjalanan diawali dengan kita berkendara menyusuri jalan setapak yang kondisinya buruk dan licin.

Karena letaknya di bawah jurang, setiap langkah memerlukan jalan yang terjal. Setelahnya terdapat jembatan yang terbuat dari bilah bambu sebagai akses penyeberangan sungai. Perjalanan yang Anda tempuh tidak langsung sampai ke kaki Curug Pulosari, melainkan di atasnya.

Untuk turun harus mengikuti jalan dengan tanjakan yang cukup curam. Kondisi jalan licin dan terdapat bebatuan di jalan. Bagi yang menyukai tantangan, kegiatan ini tidak menjadi kendala namun membuat liburan semakin seru. Meski terbilang berat, namun pemandangan sekitar membuat perjalanan tak terlupakan.

2. Berenang sambil menikmati kesegaran air kolam

Sesampainya di bagian utama Curug Pulosari, tidak ada salahnya untuk terjun ke dalam kolam dan merasakan segarnya air yang jernih. Kegiatan ini semakin seru karena kolamnya tidak terlalu dalam dan cukup aman bagi yang ingin berenang. Meski begitu, disarankan untuk berhati-hati dan menjaga keselamatan.

3. Bermain air di pinggir kolam

Selain berenang, bermain air menjadi aktivitas seru yang mungkin cocok untuk Anda. Kelihatannya tidak terlalu menarik, tetapi kesegaran airnya mengubah pendapat tersebut. Berdiri di atas bebatuan yang mengelilingi kolam akan membuat bermain air Curug Pulosari semakin seru, apalagi jika Anda datang ke sini bersama keluarga.

4. Menikmati keindahan alam

Keindahan alamnya memang mempesona dan menarik perhatian setiap wisatawan. Bersantai dan menikmati panorama alam sangat cocok jika Anda sedang tidak ingin melakukan aktivitas apa pun. Pesona aliran air terjun yang membentang bagaikan tirai memang tak bisa dilupakan. Pepohonan rindang di sekitar lokasi pun semakin menyejukkan dan memanjakan mata.

Apalagi jika melihat bebatuan yang tersebar di beberapa tempat, kesan eksotik dan mempesona akan tersaji. Air kolam yang biru menciptakan suasana yang lebih damai dan dikatakan dapat menghilangkan rasa lelah dan stres mental. Aktivitas menikmati keindahan alam memang terkesan pasif, namun percayalah, hal ini bisa menghilangkan stres dan membuat pikiran lebih segar.

5. Carilah spot foto di Air Terjun Pulosari

Aktivitas yang menarik dan wajib dilakukan saat berwisata alam adalah mencari spot foto. Air Terjun Pulosari menawarkan keindahan yang berbeda dibandingkan air terjun di tempat lain karena memiliki ciri khas tersendiri. Jangan lupa untuk mengambil foto terbaik untuk diabadikan atau diposting di media sosial.

Umumnya pengunjung memanfaatkan bebatuan yang mengelilingi kolam dengan latar belakang air terjun utama. Anda bisa mengeluarkan kreativitas Anda dan misalnya mengambil foto sambil melakukan aktivitas menarik seperti berenang atau bermain air. Intinya, sajian alam yang ditawarkan terlalu sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Menuju Air Terjun PulosariFoto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

Fasilitas yang tersedia di Curug Pulosari dibangun secara swadaya oleh warga sekitar. Namun perlengkapannya bisa dikatakan cukup lengkap. Silakan gunakan tempat parkir dengan tarif di atas. Terdapat beberapa warung makan di sekitar lokasi, meski tidak banyak yang menunya sederhana.

Fasilitas lainnya berupa toilet dan ruang ganti yang tentunya berguna setelah berenang atau bermain air. Jika ingin bersantai dan menikmati pemandangan alam, sebaiknya gunakan pendopo dan beberapa tempat duduk. Tempat wisata alam ini juga menyediakan tempat penyewaan ban bagi anda yang ingin bersantai di kolam air terjun.

Ulasan Curug Pulosari di atas cukup menarik mulai dari atraksi, aktivitas hingga fasilitas yang ditawarkan. Jika Anda tertarik dan ingin berkunjung, jangan lupa membawa baju ganti dan memakai sepatu yang nyaman. Usahakan juga datang saat musim hujan saat aliran air cukup deras agar tirai putih terlihat jelas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button