Tempat Wisata

Pemandian Gunung Pandan : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Aceh Tamiang terletak di Provinsi Aceh dan merupakan wilayah administratif baru yang terpisah dari Aceh Timur. Kabupaten Aceh Tamiang sendiri mempunyai beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk ditawarkan. Salah satunya adalah Pemandian Gunung Pandan yang saat ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Aceh Tamiang.

Berbeda dengan pemandian pada umumnya, Pemandian Gunung Pandan sendiri berada di luar ruangan yang artinya mata kita bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona sambil mandi atau berendam. Oleh karena itu, tidak jarang banyak wisatawan dari berbagai daerah atau luar kota yang datang jauh-jauh ke sini sekadar untuk menikmati indahnya suasana di sekitar Gunung Pandan.

Pemandian Gunung Pandan

Objek wisata Gunung Pandan Baden sendiri terletak di Kecamatan Tenggulun, Desa Selamat, Dusun Pandan, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata pantai ini, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 45 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dari ibu kota Kabupaten Aceh Tamiang yaitu Karang Baru.

Lokasi Kabupaten Aceh Tamiang sebenarnya lebih dekat dengan Sumatera Utara sehingga biaya transportasi dan akomodasi jauh lebih murah dibandingkan daerah lain di Aceh. Jarak Medan dan Aceh Tamiang hanya sekitar 130 kilometer dan waktu perjalanan sekitar 4 jam.

Sementara itu, wisatawan yang sudah berada di Kabupaten Aceh Tamiang tidak perlu lagi khawatir untuk menuju Pemandian Gunung Pandan, karena pemerintah menyediakan rambu atau petunjuk jalan di setiap perjalanan untuk memudahkan wisatawan menuju lokasi objek wisata.

Pesona Pemandian Gunung Pandan

Berkendara menuju kota wisata Gunung Pandan, wisatawan akan merasakan sejuknya udara di kawasan Gunung Pandan berpadu dengan pemandangan perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Aceh. Jalan yang sedikit terjal dan menyempit serta suasana hutan semakin terasa menandakan semakin dekat lokasi objek wisata Gunung Pandan.

Sesampainya di Desa Selamat di Kecamatan Tenggulun, wisatawan akan disambut dengan pemandangan yang indah dan mempesona serta aroma khas pedesaan yang masih sangat alami. Untuk menuju kota wisata Gunung Pandan sendiri, wisatawan dapat berjalan kaki sekitar 10 menit dari Desa Selamat. dengan medan yang sedikit terjal dan berbatu.

Pemandian Gunung Pandan

Air sungai yang deras dan jernih berhiaskan bebatuan pegunungan membuat keindahan objek wisata Pemandian Gunung Pandan seakan tak tergantikan. Alam yang asri dan pepohonan rindang di sekelilingnya membuat udara di sekitar Pemandian Gunung Pandan terasa sejuk dan sejuk.

Objek wisata Gunung Pandan sendiri baru dibuka pada tahun 2006. Meski objek wisata Gunung Pandan Baden tergolong baru, namun daya tarik Gunung Pandan tidak kalah dengan tempat wisata lain yang sudah ada sebelumnya di Kabupaten Aceh Tamiang. Terbukti banyak wisatawan dari berbagai daerah datang ke objek wisata pantai ini.

Pemandian Gunung Pandan tidak hanya menyuguhkan pemandangan dan suasana yang indah, namun juga beberapa tempat wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, seperti air terjun yang terletak sekitar 15 menit dari tempat pemandian dan air terjun besar yang terletak sekitar 20 menit. . yang bisa dikunjungi wisatawan setelah menempuh perjalanan 2 jam dengan mobil atau kereta api.

Fasilitas pemandian di Gunung Pandan

Dapat dikatakan fasilitas yang disediakan di objek wisata “Pemandian Gunung Pandan” untuk menunjang kegiatan wisata di Gunung Pandan sudah cukup memadai. Misalnya saja tempat parkir kendaraan yang luas dan aman. Toilet umum yang dipisahkan antara pria dan wanita, persewaan ban atau jaket pelampung bagi wisatawan yang tidak bisa berenang dan terakhir musala bagi wisatawan muslim.

Baca juga: Pulau Banyak, destinasi wisata berupa gugusan pulau di Aceh Singkil

Selain fasilitas di atas, wisatawan juga dapat dengan mudah menjumpai pedagang makanan yang menjual berbagai jenis makanan ringan dan berat di sekitar Pemandian Gunung Pandan. Di sekitar lokasi juga terdapat area yang cukup luas sehingga wisatawan dapat membawa perbekalan sendiri, tempat yang nyaman bagi wisatawan untuk bersantap bersama keluarga atau teman sambil menikmati pemandangan dan sejuknya suasana Pemandian Gunung Pandan.

Uji adrenalin Anda di Pemandian Gunung Pandan

Arung jeram merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di objek wisata Pemandian Gunung Pandan, selain mandi, berenang, dan berendam di pemandian. Penduduk setempat juga menawarkan permainan arung jeram untuk menguji adrenalin wisatawan yang menyukai aktivitas ekstrem. Untuk merasakan sensasi arung jeram, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena aktivitas arung jeram ini gratis dan tidak dipungut biaya.

Wisatawan yang tidak berminat atau takut dengan aktivitas arung jeram tidak perlu kecewa karena pemerintah kota setempat juga menyediakan penyewaan ban dan jaket pelampung seharga Rp 20.000, khusus untuk anak-anak atau wisatawan yang hanya ingin ke Pemandian Gunung Pandan untuk bersantai.

Perburuan Foto

Lagi pula, berburu foto menjadi kegiatan yang tidak kalah pentingnya, apalagi bagi wisatawan masa kini yang mayoritas didominasi oleh anak muda. Pasalnya Pemandian Gunung Pandan sangat cocok dijadikan sebagai tempat berburu foto atau sekedar mengabadikan momen bersama keluarga, mengingat pemandangan alam di Gunung Pandan sangat indah dan masih sangat alami. Bagi wisatawan yang mempunyai hobi fotografi, Gunung Pandan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Jam buka dan tarif masuk Pemandian Gunung Pandan

Untuk menikmati keindahan wisata Gunung Pandan anda bisa datang dari pagi hingga sore hari, jam bukanya adalah pukul 08.00 hingga 17.00. Sebelum memasuki kawasan pemandian, wisatawan terlebih dahulu dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk masuk ke Pemandian Gunung Pandan sendiri tidak dipungut biaya, namun tak jarang beberapa warga sekitar membebankan biaya masuk sebesar Rp 10.000 hingga 30.000 di pintu masuk untuk layanan pemeliharaan dan pembersihan sampah di sekitar lokasi wisata.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Pemandian Gunung Pandan

  • Persiapkan kondisi fisik sebelum menuju Pemandian Gunung Pandan, karena perjalanan yang jauh dan medan yang sedikit terjal akan menghabiskan banyak tenaga.
  • Ingatlah untuk membawa pakaian ganti saat Anda mengunjungi destinasi yang berhubungan dengan air.
  • Salah satu cara menjaga alam adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Terakhir, berdoalah agar perjalanan Anda selamat sampai tujuan.

Galeri foto berenang di Gunung Pandan

Potret Pemandian Gunung Pandan
Bersantai di River Rocks
Spot foto di bagian kecil batu

Berburu foto yang indah
Mencari foto wajah Judes
Mencari foto wajah cantik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button