Tempat Wisata

Air Terjun Cikaso: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Curug Cikaso merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di kawasan Sukabumi. Tepatnya berlokasi di Desa Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Air terjun atau Curug Cikaso ini sebenarnya bernama Curug Luhur. Namun sebagian besar masyarakat lebih mengenal Curug Cikaso karena air yang mengalir berasal dari Sungai Cikaso.

Keistimewaan dari Curug Cikaso adalah memiliki tiga titik air terjun yang bersebelahan dan terdapat semacam kolam dengan warna hijau kebiruan di bagian bawahnya. Ketiga titik air terjun ini mempunyai nama masing-masing yaitu Curug Asepan, Curug Meong dan Curug Aki.

Pesona Curug Cikaso

Dengan tinggi sekitar 80 meter dan lebar 100 meter, ketiga air terjun ini menawarkan keindahan alam yang sangat memanjakan mata. Letaknya yang berada di tengah-tengah dan diantara pepohonan hijau subur serta suara gemericik air menciptakan musik alam yang berpadu sangat serasi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, banyaknya air terjun yang mengalir ke cekungan dan menampilkan warna biru kehijauan yang cukup jernih. Keindahan air terjun ini akan membuat kita betah dan berlama-lama berada di tempat ini.

Air terjun ini terlihat indah jika saluran keluar airnya cukup besar karena aliran air yang keluar lebih deras dan suara gemuruhnya lebih kencang. Pengunjung yang tidak bisa menahan godaan air di kolam dan tergoda untuk berenang harus tetap berhati-hati karena kedalaman kolam cukup dalam. Kedalaman kolam sekitar 15 meter dan terdapat pusaran yang cukup kuat di bawah air. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada petugas air terjun tempat mana saja yang aman untuk berenang.

Jika Anda ingin mengunjungi Air Terjun Cikaso, sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Pasalnya, pemandangan menjadi semakin indah dengan aksi cahaya matahari terbit yang menciptakan butiran-butiran halus air terjun atau air terjun ini. Panorama alam yang sangat indah inilah yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata di Ujung Genteng yang paling populer. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda yang menyukai fotografi. Bayangkan foto-fotonya terlihat indah berbarengan dengan panorama alam dan latar belakang tiga air terjun.

Fasilitas di Air Terjun Cikaso

Saat Anda berkunjung ke curug ini, Anda tidak perlu khawatir perut buncit atau lapar karena di Curug Cikaso terdapat beberapa warung makan yang akan memanjakan lidah dan perut Anda. Selain itu, di tempat ini juga terdapat kios yang menjual berbagai oleh-oleh cantik khas tempat ini. Yang tentunya juga bisa anda beli sebagai oleh-oleh. Toilet umum juga tersedia di lokasi ini.

Namun ada satu hal yang cukup disayangkan: di tempat seindah ini tidak ada tempat sampah. Sehingga banyak sekali sampah yang dihasilkan baik oleh pengunjung itu sendiri maupun oleh stand-stand yang ada di sekitar lokasi. Membiarkannya terus berkembang akan merusak keindahan tempat wisata alam tersebut.

Baca juga: Air Terjun Ciherang, panorama air terjun dan rumah pohon yang mempesona

Peta lokasi dan akses menuju Air Terjun Cikaso

Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 8 km dari Surade, 15 km dari Jampang Kulon, 32 km dari Tip Genteng, 70 km dari Palabuhanratu dan sekitar 110 km dari Kota Sukabumi. Jika ingin mengunjungi tempat ini dari Sukabumi, arah jalannya searah dengan jalur menuju pantai Ujung Genteng. Dari Sukabumi menuju Jumpang Kulon, lalu dilanjutkan menuju Surade.

Namun sebelum sampai ke Surade, belok di pertigaan dan masuk ke Jalan Cikaso, di pertigaan ketiga menuju Curug. Kondisi jalan menuju lokasi air terjun cukup ekstrim. Oleh karena itu, persiapkan kendaraan Anda dalam kondisi baik sebelum keberangkatan.

Dari pertigaan ketiganya terdapat pintu masuk dan tempat parkir wisatawan. Untuk biaya masuknya sendiri, pemerintah kabupaten Sukabumi mengenakan biaya sebesar Rp 3.000 per orang. Untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 27.000/mobil, biaya parkir sekitar Rp 6.000/mobil dan juga akan dikenakan biaya kebersihan sebesar Rp 2.000/orang.

Selanjutnya, Anda memiliki dua pilihan untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun. Pada pilihan pertama, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km menuju lokasi, melewati persawahan dan ladang rakyat. Pilihan kedua adalah menyewa kano untuk berlayar menyusuri Sungai Cikaso. Fasilitas kano ini banyak terdapat di sekitar Jembatan Cikaso. Biaya sewa sampan sekitar Rp 70.000 per sampan berkapasitas 10 hingga 12 penumpang. Setelah sampai di air terjun yang berada di dekat daratan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 100 m untuk mencapai air terjun. Anda juga bisa menyewa pemandu dengan biaya antara Rp50.000 hingga Rp70.000

Jam buka dan tarif masuk Curug Cikaso

Mengenai jam bukanya, Anda bisa datang dari pagi hingga sore hari. Sedangkan HTM atau harga tiket masuk yang perlu Anda siapkan adalah 5.000 per orang.

Tips berlibur di curug Cikaso

  • Persiapkan diri Anda dalam kondisi fisik prima
  • Siapkan juga kendaraan yang akan Anda gunakan dalam kondisi baik
  • Berhati-hatilah jika ingin mengunjungi tempat ini saat musim hujan. Pasalnya, jalur menuju tempat ini cukup ekstrim dan sebaiknya tidak berenang demi alasan keamanan
  • Bawalah smartphone dan kamera untuk menunjang liburan Anda

Galeri Foto Air Terjun Cikaso

Potret Air Terjun Cikaso di Sukabumi
Keindahan Curug Cikaso
Perburuan Foto
Potret air terjun dari atas
Sunset di Curug Cikaso

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button