Tempat Wisata

Pantai Ujong Kareung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Ujong Kareung di Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat, Provinsi Aceh merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati pengunjung. Baik pengunjung lokal maupun mancanegara. Tempat ini umumnya ramai pengunjung pada akhir pekan dan hari libur. Pantai ini juga terletak sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota Meulaboh dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai tempat wisata ini.

Pantai ini memang cocok dijadikan tujuan wisata karena keindahan alamnya mampu menghilangkan penat dan penat akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari. Suasana liburan akan tetap sempurna meski Anda habiskan bersama orang tercinta.

Nama Ujong Kareung sendiri berasal dari bahasa Aceh yang berarti “tepi karang”. Nama tersebut sesuai dengan letak pantainya yang berada di ujung kota Meulaboh dan dipenuhi bebatuan karang.

Pantai ini pun tak luput dari sejarah karena pernah dijadikan benteng pertahanan oleh penjajah. Cerita tersebut juga didukung dengan keberadaan bangunan benteng Jepang yang masih berdiri kokoh di tepi pantai. Sebelum bencana tsunami tahun 2004, kawasan ini merupakan kompleks perumahan TNI/Polri.

Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004, pantai ini menjadi saksi bisu dahsyatnya gelombang tsunami yang melanda Aceh. Saat ini pengunjung dapat melihat sisa-sisa bangunan tsunami seperti gedung Makoren 012/Teuku Umar dan mercusuar. Menurut warga sekitar, korban bencana tsunami juga dimakamkan secara massal di kuburan massal di pinggir pantai.

Keindahan Pantai Ujong Kareung yang mempesona

Pengunjung yang berkunjung ke tempat ini disuguhi keindahan alam yang luar biasa. Luasnya air laut yang biru dan pepohonan palem di pinggir pantai menciptakan suasana sejuk. Semilir angin laut menambah suasana santai dan menjadikan tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

Sambil bersantai menikmati pemandangan ditemani semilir angin sepoi-sepoi, pengunjung menjadi terpesona dan melupakan segala permasalahan hidup yang sedang dihadapi. Pemandangan semakin indah jika Anda tiba saat matahari terbenam. Ibarat lukisan alam yang memancarkan keindahan tersendiri sedangkan langit kuning kemerahan terpantul di air laut. Banyak pengunjung yang menantikan momen tersebut, sebagian besar akan mengabadikan keindahan momen tersebut dengan memotret matahari terbenam.

Selain itu keindahan bawah laut pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya. Keindahan terumbu karang dan biota laut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin snorkeling. Keindahan yang terlihat langsung dan keindahan bawah lautnya menjadikan satu paket wisata yang lengkap.

Fasilitas di Pantai Ujong Kareung

Di tempat ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan alam saja. Namun pengunjung juga bisa menikmati aktivitas lain di pantai ini, termasuk memancing. Ya, di tempat ini pengunjung bisa menekuni hobi memancing. Jangan khawatir, di sini juga terdapat persewaan alat pancing. Bagi pengunjung yang hobi memancing, tidak ada salahnya mencoba memancing di kawasan pantai ini sambil menikmati indahnya keindahan pantai.

Selain itu, tidak perlu khawatir jika pengunjung lupa membawa makanan. Karena di tempat ini juga terdapat berbagai tempat makan atau kafe yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman yang cukup menggugah selera. Menunya antara lain mie kuah dengan bumbu khas Aceh, aneka seafood, salad buah dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati hasil tangkapan ikan sambil memancing dengan cara memanggangnya di pinggir pantai. Anda pasti tidak akan pernah melupakan suasana yang begitu indah dan mengasyikkan.

Lokasi Pantai Ujong Kareung sangat direkomendasikan bagi anda yang masih ragu dalam memilih tempat liburan. Dan jika anda sedang berkunjung atau berencana mengunjungi kota Aceh, tidak ada salahnya untuk datang ke Pantai Ujong Kareung untuk melihat sendiri keindahan panorama alamnya.

Baca juga: Pantai Lampuuk, sepotong surga dari beranda Provinsi Mekkah

Peta lokasi Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung termasuk dalam kawasan Gampong Suak Indrapuri di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh dan terletak di ujung selatan Kota Meulaboh.

Jam buka dan biaya masuk Pantai Ujong Kareung

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan dan menjadi salah satu pilihan Pantai Ujong Kareung, Anda bisa berkunjung kapan saja karena buka 24 jam sehari. Maka Anda harus bersiap dengan HTM atau harga tiket masuk 10.000 per orang.

Tips berlibur di Pantai Ujong Kareung

  • Jika Anda berencana pergi berlibur, persiapkan diri Anda dalam kondisi fisik dan kesehatan yang baik
  • Sebaiknya mengunjungi tempat ini saat cuaca cerah, terutama pada sore hari. Di sini Anda bisa menikmati panorama matahari terbenam.
  • Jangan lupa membawa baju ganti
  • Bawalah hanya perlengkapan dan perlengkapan liburan yang diperlukan
  • Selalu menjaga alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri Foto Pantai Ujong Kareung

Potret pantai Ujong Kareung
Sebuah gubuk di pinggir pantai untuk tempat beristirahat
Berlayar di perairan pantai
Tempat foto terbaik
Matahari terbenam di Pantai Ujong Kureung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button