Tempat Wisata

Benteng Anoi Itam : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Benteng Anoi Itam atau benteng Jepang Inilah destinasi wisata yang penuh sejarah. Benteng Jepang ini dibangun antara tahun 1942 dan 1945. Dimana benteng ini dulunya berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis senjata armada Jepang. Jika dilihat dari benteng ini, bagian serambinya tertimbun tanah atau tanah dan pada bagian atasnya berbentuk seperti tapal kuda. Dari posisinya, bangunan ini difungsikan sebagai benteng pertahanan untuk mengawasi musuh pada masa Perang Dunia II.

Terdapat banyak benteng di kawasan ini, dihubungkan oleh sebuah terowongan. Namun, terowongan tersebut saat ini telah ditutup oleh pemerintah kota untuk melindungi warga. Jadi jika anda menuju ke tempat ini anda akan melihat mulut terowongan yang dilapisi dengan kayu. Benteng ini hampir mengelilingi pantai Sabang. Oleh karena itu, Pulau Sabang juga disebut sebagai kota seribu benteng.

Benteng ini terletak di sebelah Pantai Anoi Itam, itulah sebabnya benteng ini diberi nama Benteng Anoi Itam. Benteng kecil di kaki bukit yang dikelilingi tangga membuat pengunjung ingin segera menaiki tangga tersebut.

Panorama keindahan Benteng Anoi Itam

Tak hanya bangunan atau bentuk benteng ini yang unik, pengunjung juga akan disuguhi keindahan alam berupa pemandangan perbukitan yang dihiasi anak tangga, pepohonan hijau rindang, serta rerumputan yang menutupi perbukitan. Keindahan air laut yang memancarkan warna kebiruan menambah panorama dan pesona keindahan tersendiri.

Saat pengunjung menyusuri gang-gang di dekat bukit, pengunjung akan menemukan benteng-benteng kecil berukuran kurang lebih 1,5 x 1,5 meter yang tertanam di dalam tanah. Kemudian, saat Anda melanjutkan perjalanan, Anda juga akan melihat bahwa di ujung lorong dan di puncak bukit terdapat sebuah benteng yang berlatar belakang menghadap ke lautan luas Selat Malaka. Terdapat juga beberapa sisa bekas benteng yang membentang hampir 100 meter di sepanjang laut dan dihubungkan dengan jalan yang hampir menyerupai jalan setapak dan lebarnya sekitar satu meter. Jalan ini juga masih terlihat kokoh meski usianya sudah hampir setengah abad.

Berdiri di atas benteng yang terletak di atas bukit, Anda dapat menikmati pemandangan laut lepas yang luas. Perahu dan perahu nelayan akan terlihat menghiasi pemandangan yang menakjubkan. Deburan ombak laut yang menghantam bebatuan menimbulkan suara alam dan suasana yang begitu menakjubkan. Bagi pengunjung, pemandangan seperti itu bisa menghilangkan penat dari pekerjaan sehari-hari. Pemandangannya begitu indah dan terlihat jelas hingga garis pantai dan pepohonan palem yang ditata rapi membuat pengunjung terkagum-kagum saat mengagumi keindahan yang tampak dari atas sini.

Di puncak bukit terlihat hamparan rumput hijau bagai karpet ditambah dengan sejuknya angin laut membuat nikmatnya bersantai di bukit ini. Tempat ini benar-benar luar biasa. Sebuah lukisan karya sang pencipta yang tiada duanya. Kawasan ini juga patut diacungi jempol dalam hal kebersihan. Pasalnya kawasan ini terlihat sangat bersih dan bebas sampah, baik sampah pengunjung maupun sampah dedaunan kering.

Di bagian belakang benteng, lebih tepatnya di dekat Pemandian Batu Gajah, juga terdapat tempat untuk bersantai menikmati makanan Rujak yang menjadi ciri khas kawasan wisata sejarah ini. Selain itu, di tempat ini juga terdapat berbagai tempat indah untuk berfoto selfie. Spot fotonya banyak sekali, salah satunya di antara bebatuan karang. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati indahnya keindahan matahari terbenam atau matahari terbit di tempat ini. Sekarang untuk penggemar atau pemburu kecantikan matahari terbenam Dan matahari terbit Oleh karena itu, tempat ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Baca juga: Pemandian Air Panas Jaboi, salah satu tempat wisata di Sabang yang paling populer

Peta lokasi Benteng Anoi Itam

Benteng kaya sejarah ini terletak di Gampong Anoi Itam dan merupakan bagian dari kawasan Sukajaya di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Jam buka dan biaya masuk Benteng Anoi Itam

Anda yang ingin berkunjung ke Benteng Anoi Itam bisa datang kapan saja karena buka 24 jam. Kemudian untuk tiket masuknya sendiri bisa disiapkan sebesar 10.000 per orang.

Tips berlibur di Benteng Anoi Itam

  • Persiapkan kondisi fisik dan kesehatan yang baik
  • Akan lebih baik jika mengunjungi tempat ini saat cuaca cerah
  • Untuk menunjang liburan anda, bawalah kamera karena tempat ini memiliki banyak tempat yang indah untuk berfoto, terutama saat matahari terbenam atau terbit.
  • Membawa perlengkapan dan perbekalan secukupnya seperti makanan dan minuman
  • Pastikan selalu kelestarian peninggalan sejarah ini dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri foto Benteng Anoi Itam

Benteng Anoi Itam, benteng di pinggir pantai

Informasi tentang benteng
Meriam di benteng

Akses jalan menuju Benteng Anoi Itam
Spot foto di bawah benteng
Ambil spot foto di bawah benteng
Potret meriam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button