Tempat Wisata

8 Spot Diving Terbaik di Pulau Mandeh, Pantai Selatan yang Kaya akan Keajaiban Bawah Laut

Pulau Mandeh menonjol sebagai destinasi menyelam terbaik di pantai selatan dengan panorama bawah laut yang menakjubkan.

Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat telah menjadi destinasi wisata alam yang terkenal, khususnya karena keindahan bawah lautnya, dengan Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh menjadi daya tarik utamanya.

Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh dikenal sebagai tempat wisata pantai selatan yang sangat cocok untuk aktivitas olahraga air seperti snorkeling dan diving. Kedua aktivitas ini sangat populer dan dilakukan dengan menggunakan peralatan serupa seperti masker, pakaian selam, sarung tangan, dan sirip.

Namun scuba diving membutuhkan tangki oksigen untuk terjun ke kedalaman laut, sedangkan snorkeling dilakukan di permukaan laut dengan menggunakan alat bantu pernapasan yang disebut snorkel.

Pesona Wisata di Pulau Mandeh

8 Spot Diving Terbaik di Pulau Mandeh, Pantai Selatan yang Kaya akan Keajaiban Bawah LautFoto oleh Eva Mery di Google Maps

Kawasan ini juga merupakan surga bagi penggemar olahraga air dan penyelam serta menawarkan banyak tempat menarik untuk dijelajahi.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari Antara dan dirilis Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh terdiri dari sekitar 30 pulau kecil di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kepulauan ini luasnya sekitar 18.000 hektar, dimana 70 hektar diantaranya berada di bawah air. Selain itu, kawasan ini dikelilingi hutan bakau seluas 389 hektar dan pantai berpasir putih.

Salah satu lokasi penyelaman terbaik di Pulau Mandeh adalah kapal karam yang dikenal dengan nama Boeloegan Wreck Dive Site. Lokasi ini menawarkan pengalaman menyelam yang unik dan mengesankan di Kepulauan Mandeh.

Tempat menyelam terbaik di Pulau Mandeh

1. Bangkai kapal Boeloegan

Pulau Mandeh menawarkan kesempatan menyelam hingga kedalaman tertentu untuk melihat bangkai kapal perang yang tenggelam yang dikenal dengan nama Boeloegan Dive Wreck.

Penemuan bangkai kapal utuh sedalam 25 meter di Pulau Mandeh menarik perhatian luas.

Kapal ini dibangun pada tahun 1915 oleh pemerintah Belanda sebagai bagian dari upaya mereka menjajah dan menguasai perdagangan di Indonesia. Pada tahun 1942, kapal ini dibom dan ditenggelamkan oleh Jepang dalam pertempuran memperebutkan wilayah nusantara.

Bagi yang berminat menyelam dan mengunjungi kapal karam ini, diperlukan peralatan lengkap dan bantuan pemandu karena kondisi dasar laut yang berlumpur.

Beragam paket diving ditawarkan di Pulau Mandeh dengan harga mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp 700.000, menyediakan jasa fotografi, perlengkapan, makanan dan souvenir.

Ritual doa biasanya dilakukan sebelum menyelam untuk menjamin keamanan dan kelancaran arus selama aktivitas menyelam.

2. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak juga menawarkan pengalaman menyelam yang fantastis dengan pemandangan bawah laut yang mempesona. Bagi penggemar diving, menginap di pulau ini adalah pilihan ideal untuk menikmati sepenuhnya keindahan yang ditawarkan.

Spot menyelam di Pulau Cubadak beragam, mulai dari perairan dangkal hingga perairan dalam. Menjelajahi berbagai lokasi penyelaman di pulau ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga pengalaman menginap Anda di sini semakin seru.

Bayangkan menghabiskan sepanjang hari menyelam dan kemudian bersantai di pantai saat senja sambil menikmati hidangan lezat.

Untuk akomodasi, Pulau Cubadak menawarkan cottage dengan nuansa alami sehingga membuat Anda serasa berada di pulau terpencil.

3. Pulau Pagang

Pulau Pagang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, pantai berpasir putih dan aroma khas masakan Sumatera Barat. Salah satu aktivitas yang paling populer di tempat ini adalah menyelam dan snorkeling.

Untuk menikmati kegiatan ini, caranya cukup sederhana. Anda bisa menyewa perahu atau mengunjungi pusat persewaan di pinggiran kota yang akan membawa Anda keluar ke perairan terbuka.

Untuk mengunjungi Pulau Pagang, siapkan budget minimal sekitar Rp 400.000 yang sudah termasuk biaya sewa perahu, tiket masuk, dan sewa alat selam.

Pulau Pagang, salah satu spot diving di Mandeh, juga menawarkan akomodasi nyaman dimana Anda bisa menikmati pemandangan pantai dari segala sudut. Pulau ini menawarkan udara bersih, langit indah, dan flora yang mempesona.

4. Pulau Kecil Sironjong

Snorkeling di Pulau MandehFoto oleh Vino Riri di Google Maps

Pulau Sironjong Kecil merupakan bagian dari rangkaian pulau indah di Koto

Jika Anda tertarik untuk menyelam dan snorkeling, Anda akan menemukan berbagai jenis hewan laut yang langka dan tidak biasa ditemukan di tempat lain.

Peralatan menyelam dapat disewa di pusat pemantauan dengan harga sewa sekitar Rp 100.000 hingga 150.000 per orang, sedangkan biaya masuknya berbeda-beda untuk setiap objek wisata atau tempat wisata di pulau tersebut.

5. Pulau Seronjong Besar

Pulau Seronjong Besar memiliki wilayah yang lebih luas dan memungkinkan berbagai aktivitas seperti berayun, tamasya, menyelam, dan snorkeling.

Menyelam merupakan kegiatan yang sangat populer di pulau ini karena harga yang terjangkau dan ketersediaan peralatan sewa yang luas. Perlengkapan menyelam yang tersedia di Pulau Seronjong Besar sangat lengkap, termasuk layanan fotografi saat menyelam.

Paket menyelam tersedia mulai dari Rp 300.000 dan sudah termasuk layanan fotografi, peralatan menyelam lengkap, instruksi dan beberapa souvenir menyelam untuk dibawa pulang.

Selain itu, Anda juga memiliki pilihan untuk menyewa perahu untuk menjelajahi area menyelam di sekitar Pulau Seronjong Besar di Mandeh. Harga sewanya sekitar Rp 200.000 untuk kuota tertentu.

6. Pulau Marak

Pulau Marak memiliki luas sekitar 500 hektar, bercirikan pasir putih bersih dan tidak berpenghuni. Pulau ini menawarkan sederet petualangan seru yang bisa Anda nikmati meski tidak berpenghuni.

Di Pulau Marak Anda bisa menikmati keindahan alam yang mempesona, termasuk lautnya yang jernih dan mempesona. Ada kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam bawah laut.

Anda akan disuguhi pemandangan ikan-ikan kecil yang berenang di antara karang-karang yang masih alami dan utuh karena pulau ini masih menjaga keasliannya dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Keunikan Pulau Marak adalah Anda tidak hanya bisa menyelam, tapi juga menikmatinya dari permukaan laut berkat jernihnya air laut di kawasan ini, cocok bagi penggila snorkeling.

7. Pulau Sikuai

Hanya seluas 44 hektar, Pulau Sikuai dikelilingi oleh pantai berpasir putih, hutan tropis yang rimbun, dan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Bagi pecinta diving atau ingin menikmati keindahan alam bawah laut, Pulau Sikuai adalah destinasi yang tepat.

Pulau ini menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat menarik sehingga menjadikannya salah satu destinasi diving paling terkenal di Pulau Mandeh yang sering dikaitkan dengan julukan “Raja Ampat” Sumatera Barat.

Di sini Anda bisa mengamati berbagai ikan hias yang berenang lincah di antara terumbu karang, memberikan pengalaman visual yang menarik ditambah lagi dengan luasnya air laut biru jernih sejauh mata memandang.

Inilah spot-spot diving terbaik di Pulau Mandeh yang menarik untuk Anda jelajahi. Dengan perairannya yang sangat jernih dan terumbu karang yang beragam, Pulau Mandeh menawarkan pengalaman menyelam yang tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button