Tempat Wisata

Pulau Sapeken, sebuah pulau kecil yang dikelilingi pantai berpasir putih yang mempesona di Sumenep

Jelajahi Pulau Sapeken di Sumenep, permata tersembunyi dengan pantai berpasir putih berkilau dan keindahan alam eksotis di setiap sudutnya.

Biaya tur: Mulai dari Rp 10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kepulauan Kangean, Kab. Sapeken, Kab.Sumenep, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Pulau Sapeken mudah ditemukan di Sumenep, Madura. Banyak orang yang memilih berlibur ke pulau unik ini. Pemandangan yang sangat indah membuat takjub semua orang karena memberikan kesan yang tidak biasa.

Anda bisa datang ke Kota Sumenep untuk menjelajahi kawasan wisata ini. Keindahan pulau ini memang sulit untuk ditolak. Harga wisata yang terjangkau membuat Anda ingin datang lagi dan lagi ke pulau indah dan tak terlupakan ini.

Lihat penawaran hotel di Sumenep

Daya Tarik Pulau Sapeken

Daya Tarik Pulau SapekenFoto: Google Maps/Nurdin Mengga

1. Pesona alamnya tak tertandingi

Kawasan wisata Pulau Sapeken akan sangat ramai di awal musim liburan. Banyak pengunjung menghabiskan waktunya di pulau yang mempesona ini. Pasalnya, ada berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan sesampainya di pulau eksotis ini.

Salah satu daya tarik yang membuat kawasan pulau di Madura ini tak pernah sepi pengunjung adalah keindahannya yang tiada duanya.

Meski sudah sering mengunjungi kawasan pulau wisata lain di Indonesia, wisata bahari yang satu ini memberikan sensasi yang benar-benar berbeda.

Penduduk sekitar yang ramah juga menjadi nilai positif dari pulau wisata ini. Bisa dikatakan kawasan wisata ini terletak di Kepulauan Kangean di Provinsi Sumenep dan berada di ujung paling ujung Kepulauan Madura.

Jika Anda datang ke pulau unik ini, Anda akan benar-benar puas saat berwisata. Pesona alamnya yang masih sangat natural menunjukkan pesona tersendiri dan membuat semua orang jatuh hati.

Selain keindahan pemandangan daratan, keindahan bawah laut kawasan pulau wisata ini juga sangat memukau.

Karena air laut di Kepulauan Sumenep jernih, keindahan bawah lautnya bisa Anda saksikan meski dengan mata telanjang.

Wisata terumbu karang menjadi aktivitas paling menarik di sini. Anda juga dapat memilih untuk snorkeling, yang sangat menyenangkan. Menikmati keindahan bawah laut dengan peralatan yang memadai membuat aktivitas lebih aman dan nyaman.

Meski terletak di Pulau Madura, namun sebagian besar masyarakat di pulau unik ini menggunakan bahasa Sulawesi seperti Bajau, Mandar, dan Bugis.

Tak hanya bahasanya, budaya masyarakat di sini pun berbeda-beda dan berbau budaya Sulawesi.

Cek tiket Blockbuster Museum Surabaya

2. Dekat dengan banyak destinasi wisata

Jika Anda memutuskan untuk menghabiskan liburan Anda di pulau unik ini, Anda akan menemukan banyak destinasi wisata di kawasan tersebut. Sumenep bagian timur banyak terdapat pulau-pulau kecil.

Setelah puas menikmati keindahan pulau cantik bersama Pantai Pajo ini, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata yang ada di kawasan tersebut. Destinasi wisata tersebut antara lain mengunjungi Pantai Saur, Pantai Saebus, Pantai Sitabok, dan Pantai Karangkongko.

3. Cocok untuk tempat menginap

Mengunjungi kawasan wisata alam Pulau Sapeken yang sangat indah ini bisa dilakukan bersama dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, saudara, pasangan ataupun sahabat. Berbagai jenis kegiatan seru bisa dilakukan di sini yang bisa mempererat hubungan satu sama lain.

Bisa dibilang kawasan wisata menawan ini menjadi tempat menginap yang unik dan menarik. Anda bisa membawa persiapan dan perlengkapan untuk berbagai kesempatan bermain sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata alam ini.

Keberadaan pulau indah ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Madura. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi destinasi yang indah dan menarik.

Nyatanya, mengunjungi pulau cantik ini tetap bisa mendatangkan kegembiraan. Untuk mencapai lokasi juga tidak membutuhkan waktu lama.

Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan speedboat atau alat transportasi laut lainnya sebagai transportasi.

Tiket Terraland Galaxy Mall Surabaya

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau SapekenFoto: Google Maps/Nur Kholis Mansur

Untuk informasi lebih lanjut: Wisata Pulau Sapeken terletak di sebelah timur Pulau Paliat, Kepulauan Kangean, Sapeken, Sumenep, Jawa Timur. Rute terbaik yang dapat dijadikan model dapat dengan mudah ditemukan menggunakan Google Maps.

Moda transportasi yang memudahkan Anda untuk menuju pulau wisata ini adalah transportasi laut. Dari Sumenep perjalanan menuju Sapeken diperkirakan memakan waktu sekitar 30 menit.

Pilihan kendaraannya antara lain menggunakan perahu sendiri atau menyewa speedboat.

Jika memilih speedboat, biaya perjalanannya sekitar Rp 200.000. Faktanya, kawasan wisata pulau ini masih belum memiliki banyak fasilitas pendukung.

Biaya masuk wisata bahari

Saat memasuki kawasan Pulau Sapeken Sumenep, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Anda pasti tidak akan menyesal mengunjungi tempat wisata menakjubkan ini. Hanya dengan harga yang terjangkau, Anda bisa leluasa melakukan berbagai jenis aktivitas di kawasan wisata Kepulauan Sumenep.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau SapekenFoto: Instagram/Taretan Songennep

Snorkeling

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke kawasan wisata pulau ini adalah snorkeling. Kegiatan ini merupakan kegiatan menyelam untuk melihat keindahan terumbu karang di bawah air.

Berenang di pinggir Pulau Sapeken

Selain snorkeling, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang di Pulau Sapeken. Berkat arus yang ada di kawasan wisata ini yang mempesona, kegiatan ini dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Namun untuk menambah keselamatan, Anda bisa menggunakan ban atau jaket pelampung. Dengan begitu, keselamatan bisa lebih ditingkatkan ketika berkunjung ke kawasan wisata Pulau Sapeken.

Duduk dan bersantai di pantai

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah duduk bersantai di pinggir pantai. Aktivitas ini bisa dilakukan bagi Anda yang tidak ingin bermain air. Duduk, bersantai dan menikmati keindahan lingkungan sekitar menjadi salah satu alternatif terbaik.

Anda juga bisa memilih piknik dengan menyiapkan karpet dan beberapa makanan ringan untuk dinikmati bersama keluarga, pasangan, atau teman. Kegiatan ini akan memberikan kesan dan kedekatan satu sama lain.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pulau SapekenFoto: Instagram/Rs Terapung Ksatria Airlangga

Jika Anda memilih datang ke kawasan wisata di Sumenep Madura ini, Anda akan bisa menikmati keindahan yang luar biasa.

Bahkan tampilan yang ditampilkan pun sangat Instagrammable. Berbagai fasilitas tersedia bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Fasilitas tersebut antara lain Dermaga Cross Island dengan perahu atau speedboat. Selain itu juga terdapat villa resort dan restoran yang sangat cantik dan Instagrammable

Jika Anda berencana berwisata ke Pulau Sapeken, Sumenep atau Madura, nikmatilah tempat-tempat yang Instagrammable. Terdapat banyak warung makan, sehingga Anda tidak akan kelaparan saat mengunjungi pulau mempesona ini.

Di Pulau Sapeken juga terdapat toilet umum yang bisa digunakan wisatawan. Bisa dipastikan para wisatawan yang datang kesini akan mendapatkan perjalanan wisata yang tak terlupakan.

Keindahan yang ditawarkan pulau cantik ini sungguh luar biasa. Sayang sekali jika datang ke pulau terluar Madura tanpa snorkeling.

Kegiatan ini patut ditambah dengan program seru yang dilaksanakan di pulau cantik ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button