Tempat Wisata

Curug Jodo Ciater, air terjun tersembunyi penuh mitos di Subang

Temukan keajaiban Curug Jodo Ciater di Subang, air terjun tersembunyi yang kaya akan mitos dan nilai sejarah yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp 40.000, Jam beroperasi: 08.00 – 21.00 WIB, Alamat: Nagrak, kabupaten. Ciater, Cab.Subang, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Di balik rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara pegunungan di Desa Ciater, terdapat keindahan alam yang mempesona: Curug Jodo. Destinasi wisata ini cukup terkenal dan menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Air terjun ini sangat berbeda dengan air terjun lain di Jawa Barat.

Terletak jauh dari hiruk pikuk kota, destinasi wisata air terjun ini menjadi pilihan tepat untuk bersantai dan mencari ketenangan. Tak hanya keindahan dan keunikan alamnya yang mempesona, namun juga memiliki kisah bersejarah di baliknya. Penasaran dengan keindahan dan keunikan wisata air terjun ini? Simak ulasan artikelnya dibawah ini.

Sejarah dan Mitos di Curug Jodo Ciater

Sejarah Air Terjun Jodo CiaterFoto: Google Maps/Fajar Saepul

Dibalik keindahan alam Wisata Air Terjun Jodo Ciater Subang terdapat sejarah dan mitos yang diyakini masyarakat setempat. Pada zaman dahulu kawasan ini ditumbuhi pohon Ater, kemudian pohon ini ditebang sehingga menyebabkan air panas alami tiba-tiba muncul dari batang pohon tersebut.

Masyarakat Subang percaya bahwa air ini memiliki khasiat tersendiri, termasuk menyembuhkan penyakit. Bahkan ada ilmuwan asal Belanda, Hack Bessel yang meneliti air terjun ini.

Pada tahun 1960, seorang pesulap Mandraguna bernama Mbah Ebos membuka sebuah desa di kawasan hutan tempat munculnya sumber air panas. Kemudian air terjun ini didirikan pada tahun 1968 dan dimanfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai potensi wisata alam.

Menurut beberapa cerita masyarakat setempat, air terjun ini kini menjadi tempat pemandian seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi. Ya, Anda pasti tahu nama ini.

Di air terjun ini, Dayang Sumbi dikisahkan bertemu dengan seorang lelaki tampan bernama Sangkuriang. Dari sinilah air terjun ini muncul, bermula dari Dayang Sumbi yang melamar Sangkuriang, padahal Dayang Sumbi sudah mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya yang hilang.

Oleh karena itu, Dayang Sumbi bingung menolak lamaran Sangkuriang. Hingga akhirnya ia meminta untuk membuatkan perahu dalam satu malam. Namun Sangkuriang tidak berhasil dan akhirnya menendang perahu yang dibuatnya hingga tertelungkup di tanah. Dan terbentuklah Gunung Tangkuban Perahu.

Berdasarkan cerita tersebut, masyarakat percaya bahwa mereka yang mandi di Curug Jodo akan segera bertemu jodohnya. Oleh karena itu air terjun ini dinamakan Curug Jodo Ciater.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Jodo Ciater

Daya tarik air terjun Jodo CiaterFoto: Google Maps/Ina Hidayati

Curug Jodo Ciater merupakan destinasi wisata air terjun yang berada di kawasan Sumber Air Panas Ciater. Perpaduan antara hijaunya pegunungan, langit biru dan air terjun yang jernih menciptakan pemandangan alam yang mempesona. Deretan pepohonan tinggi dan vegetasi hijau membingkai air terjun, menciptakan pemandangan yang mempesona sekaligus menenangkan.

Pemandian air terjun ini berbeda dan unik dari air terjun lainnya karena undakan batu dan aliran air yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Karena banyaknya wisatawan, air terjun ini dianggap sebagai sumber air panas terbesar di Jawa Barat.

Salah satu daya tarik pemandian air panas ini adalah airnya yang mengandung belerang, sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke objek wisata alam ini untuk menyembuhkan penyakit kulit. Di sekitar air terjun Jodo Ciater Subnag juga terdapat beberapa pancuran air kecil yang bisa digunakan wisatawan untuk memandikan badan.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Jodo CiaterFoto: Google Maps/Zuhair Qutafa

Wisata Air Terjun Jodo Ciater berlangsung di kawasan Sumber Air Panas Ciater tepatnya di Jl. Raya Ciater Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Untuk menuju air terjun ini hanya membutuhkan waktu 45 menit berkendara dari Bandung. Selanjutnya Anda akan menempuh jarak 32 km melalui Subang – Ledeng – Ciater.

Hanya berjarak 10 km dari Tangkuban Perahu menuju air terjun ini. Bagi Anda yang datang dari Jakarta, waktu tempuh menuju objek wisata pemandian air panas ini adalah 3 hingga 5 jam dan jarak tempuh sekitar 146 km.

Jika berwisata ke Jawa Barat, kawasan Lembang biasanya sangat ramai dikunjungi saat akhir pekan. Untuk menghindari kemacetan, Anda bisa mengambil jalur Tol Cipali menuju Tol Cikampek.

Biaya masuk wisata alam

Biaya masuk Air Terjun Jodo Ciater Subang Rp 40.000, Paket Taman Rp 50.000, dan Paket Pool Rp 75.000. Jam buka air terjun adalah Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 21.00 dan Sabtu hingga Minggu mulai pukul 06.00 hingga tengah malam.

Karena objek wisata alam ini terletak di kawasan Sumber Air Panas Ciater, maka tarif masuknya pun disesuaikan.

Paket tiketnya ada dua, yakni tiket taman dengan pilihan berenang di objek wisata air terjun ini, sungai alami dengan sumber air panas, tujuh air mancur, dan area waterpark. Dan pool card dengan fasilitas hampir sama, yang membedakan hanyalah ada kamar mandi pribadi.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun Jodo CiaterFoto: Google Maps/Muh 03

1. Rendam dalam air panas

Salah satu aktivitas utama di Curug Jodo Ciater adalah mandi air panasnya yang jernih. Air panas di air terjun cantik ini dinilai bermanfaat bagi kesehatan dan dapat membantu menghilangkan stres. Biasanya wisatawan mandi di air panas tersebut untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit kulit.

2. Bermain Flying Fox di kawasan Air Terjun Jodo Ciater

Jika tak sekadar ingin menikmati air panas, Anda juga bisa menjajal Flying Fox. Dari atas Flying Fox ini Anda bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Jodo Ciater dari ketinggian.

3. Berenang di Area Sumber Air Panas

Usai bermain permainan Flying Fox, pengunjung bisa berenang di area pemandian air panas di sekitar air terjun. Setelah menguji adrenalin, Anda bisa bersantai dengan berenang. Airnya yang hangat dan menyenangkan akan membuat Anda segar kembali setelah menjelajahi keindahan alam di sekitar air terjun.

4. Bermain di taman air

Untuk keluarga atau kelompok Wisatawan Jika ingin menikmati liburan atau akhir pekan, wisatawan dapat menggunakan fasilitas waterpark yang ada di Curug Jodo Ciater Subang. Berbagai fasilitas seperti wahana air yang seru dan aman memastikan hiburan sempurna bagi seluruh anggota keluarga.

5. Nikmati permainan anak-anak

Tak hanya keindahan alam dan khasiat air panasnya saja, ada juga beberapa wahana yang bisa dinikmati pengunjung bersama anak-anak. Agar si kecil tidak bosan menunggu orang tuanya berendam di air panas, tersedia wahana yang aman dan menghibur untuk anak.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas di Air Terjun Jodo CiaterFoto: Google Maps/Kawi Boedisetio

Karena destinasi wisata ini termasuk properti yang cukup terkenal, maka fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap. Diantaranya adalah kamar mandi, toilet, tempat ganti baju, warung makan, musala, akomodasi dan beberapa spot foto.

Nah itulah ulasan mengenai Destinasi Wisata Air Terjun Jodo Ciater di Subang Jawa Barat. Dengan banyaknya keindahan alam, daya tarik dan aktivitas seru, destinasi wisata alam ini cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga atau teman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button