Tempat Wisata

Lihatlah pesona Air Terjun Seganing, air terjun eksotis di Perbukitan Tandus Nusa Penida

Air Terjun Seganing merupakan air terjun eksotis yang tersembunyi di perbukitan tandus Nusa Penida, menawarkan panorama alam yang mempesona dan petualangan yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Bunga mekar, distrik. Nusa Penida, Kab.Klungkung, Bali; Map: Periksa lokasinya

Salah satu tempat wisata alam di Bali yang mampu menantang adrenalin wisatawan adalah Air Terjun Seganing. Hal ini dikarenakan air terjun ini memiliki bentuk yang unik dan lebih menantang dibandingkan air terjun lainnya.

Bagi sebagian besar orang, nama tempat wisata di Klungkung ini masih terkesan asing dan asing. Meski air terjun ini kurang dikenal, namun keindahan alam yang disembunyikannya tak kalah mengesankan dibandingkan air terjun terkenal lainnya.

Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Air Terjun Seganing masih sangat indah. Oleh karena itu, jika ingin berkunjung ke tempat ini pengunjung harus memiliki fisik yang kuat dan tenaga yang banyak.

Daya tarik air terjun Seganing

Daya Tarik Air Terjun SeganingFoto oleh Yan Aryana di Google Maps

Air Terjun Seganing Nusa Penida menyimpan banyak rahasia tersembunyi yang menunggu untuk dijelajahi oleh pecinta alam dan wisatawan petualang. Di objek wisata alam ini terdapat banyak objek wisata yang jarang ditemukan di tempat lain.

Terletak di Perbukitan Tandus

Daya tarik utama dari air terjun cantik ini adalah lokasi wisatanya yang cukup unik dan jarang ditemukan. Pasalnya, tempat wisata ini terletak di kawasan perbukitan yang kering dan tandus, sehingga keberadaan air terjun ini bak sebuah anomali.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Umumnya air terjun terdapat di hutan yang dipenuhi pepohonan hijau, lebat dan rindang.

Hal ini menjadikan Air Terjun Seganing semakin unik dan khas karena pengunjung dapat menikmati kesegaran air di tengah perbukitan tandus sambil memandang ke laut.

Sumber air Tirta

Air terjun mempesona ini diperkaya dengan mata air yang muncul di balik tebing. Air ini sangat jernih dan transparan kemudian mengalir lembut menuju laut.

Oleh masyarakat Bali, sumber air di Air Terjun Seganing Nusa Penida dianggap sebagai air suci dan suci.

Oleh karena itu, umat Buddha sering menggunakan sumber air ini ketika melakukan upacara keagamaan tertentu.

Keindahan panorama bebatuan karang

Daya tarik Air Terjun Seganing Nusa Penida lainnya adalah bebatuan karang yang menghiasi aliran air terjun di tempat wisata ini. Karang tersebut memiliki satu warna dominan yaitu kuning kehijauan yang indah.

Selain itu, bebatuan juga mengelilingi kolam alami yang ada di air terjun tersebut. Semua perpaduan tersebut menciptakan sebuah pemandangan yang begitu menakjubkan dan indah bagi para wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun SeganingFoto oleh Alexis E. di Google Maps

Wisatawan yang tertarik dengan wisata air terjun ini pasti mengetahui jalur yang menuju ke objek wisata alam ini. Kendaraan yang digunakan untuk mengunjungi tempat wisata ini hanyalah perahu.

Pengunjung dapat memulai perjalanan di Dermaga Pantai Sanur Bali dan kemudian menaiki perahu menuju Nusa Penida.

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 40 menit. Pengunjung selanjutnya bisa menuju Dusun Sebuluh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk ke objek wisata Air Terjun Seganing Nusa Penida tidak terlalu mahal, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan.

Dengan harga hanya Rp 10.000 pengunjung sudah bisa menikmati kesempatan berenang di air terjun yang menyegarkan.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati aktivitas dan keindahan yang ditampilkan di sini tanpa biaya tambahan.

Namun tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu apabila kondisi dan kebijakan pihak pengelola berubah.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Air Terjun SeganingFoto oleh Yevhenii Redchyts (Dagon) di Google Maps

Dengan air laut dan air terjun yang memanjakan tubuh, semua orang akan betah bermain di tempat wisata ini. Di wisata air terjun ini wisatawan tidak hanya bisa berenang namun juga melakukan berbagai aktivitas menarik.

penangkapan ikan

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan pengunjung Air Terjun Seganing Nusa Penida adalah memancing. Hal ini dikarenakan air terjun ini kaya akan ikan sehingga ikannya mudah ditangkap.

Area pemancingan ikan di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang pernah berkunjung ke tempat ini. Sembari memancing, pengunjung juga bisa menikmati kenyamanan suasana tenang dan pemandangan dari laut.

Berfoto di sekitar Air Terjun Seganing

Berada di air terjun ini, kurang lengkap rasanya jika tidak berfoto. Aktivitas ini menjadi alternatif yang paling direkomendasikan terutama bagi pengunjung yang tidak suka berenang namun ingin menikmati pemandangan di sekitar air terjun.

Banyak pengunjung yang duduk santai di atas tebing sambil berpose agar foto yang dihasilkan terlihat bagus. Selain duduk, pengunjung juga bisa berdiri di tempat lain, mengambil posisi terbaik untuk mengambil foto dengan latar belakang air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun SeganingFoto oleh Marco di Google Maps

Dibandingkan wisata air terjun lainnya, Air Terjun Seganing mempunyai fasilitas yang tidak bisa dikatakan lengkap. Kendati demikian, terdapat beberapa fasilitas utama yang dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

Salah satunya adalah akses jalan yang mudah dicapai karena melalui tangga. Tangga tersebut dibangun untuk memudahkan pengunjung mengakses air terjun yang berada di bawah tebing.

Wisata Air Terjun Seganing mempunyai segudang keindahan dan keunikan yang menjadikannya semakin populer di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Bali, air terjun ini masuk dalam daftar tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button